Contoh Kerjasama Multilateral

Posted on

Kerjasama Multilateral Adalah – Pada umumnya sebuah negara memang tidak akan bisa berdiri sendiri tanpa menjalin hubungan dengan negara. Ada beberapa bentuk kerjasama antar negara dan terdiri dari berbagai bidang.



Semua bentuk kerjasama antar negara memiliki tujuan untuk mempererat persahabatan, perdamaian dan ketertiban antar negara. Disamping itu, tujuan penting lainnya adalah untuk memajukan segala aspek dalam negeri seperti perekonomian, pendidikan, dan lain sebagainya.

Kerjasama antar negara ini dapat digolongkan sebagai : kerjasama bilateral, kerjasama multiteral, dan kerjasama unilateral. Namun pada pembahasan kali ini kita akan hanya akan membahas tentang kerjasama multilateral.

kerjasama multilateral adalah

Baca juga: Teori Perdagangan Internasional

Apa Itu Kerjasama Multilateral

Kerjasama multilateral adalah sebuah kerjasama yang memiliki anggota lebih dari dua negara. Istilah multilateral dalam hubungan Internasional dapat diartikan sebagai kerjasama yang dilakukan oleh beberapa negara.

Anggota yang paling utama dalam kerjasama multilaetral ini adalah beberapa negara dengan kekuatan menengah seperti Kanada.  Sebagai contoh dari organisasi dunia yang tergolong dalam kerjasama multilateral ialah WTO dan PBB.

Negara-negara kecil sebenaranya memiliki peran yang juga sangat terbatas atau memiliki kekuatan yang sedikit dalam urusan Internasional. Akan tetapi, negara-negara tersebut dapat berpartisipasi aktif di seperti  dalam memberikan hak suara dan juga mengonsolidasikan dengan negara lain pada jajak pendapat yang dilakukan PBB.



Selain terdiri dari beberapa macam bentuk lembaga kerjasama, kerjasama multilateral ini juga mempunyai aturan untuk anggotanya. Pada umumnya kerjasama multilateral akan melibatkan beberapa lembaga untuk mengusung satu tujuan yang  dapat memberikan keuntungan bagi semua anggotanya.

kerjasama antar negara

Adapun beberapa contoh kerjasama multilateral adalah sebagai berikut :

Contoh Kerjasama Multilateral

  1. Bank Dunia

Bank Dunia atau World Bank merupakan sebuah lembaga keuangan dunia guna untuk membantu pembagunan dari suatu negara untuk dapat memperbaiki kehidupan mereka. Lembaga keuangan ini dibentuk pada tanggal 27 Desember 1945 berdasarkan konferensi Bretton Woods.

Akan tetapi, lembaga keuangan ini baru resmi beroperasi pada tanggal 25 Juni 1946. Lembaga ini mempunyai tugas untuk dapat membantu pembangunan negara-negara yang telah rusak akibat dari terjadinya perang dalam bentuk pendanaan dan kebijakan.

Disamping itu, tujuan didirikannya Bank Dunia atau World Bank  yaitu untuk dapat membantu pembangunan dan pendanaan negara anggota, memperkenalkan investasi asing, memperkenalkan pinjaman dalam jangka panjang dan juga menyortir program-program yang berhubungan dengan investasi asing.



Dalam melaksanakan tugasnya, Bank Dunia atau World Bank mempunyai beberapa lembaga keuangan dibawah naungannya, yaitu :

  • IFC

IFC atau International Financial Corporation adalah sebuah lembaga dunia di bidang keungan yang memberikan bantuan dalam bentuk modal kepada pihak swasta. Lembaga ini dibentuk pada tahun 1956 yang memiliki tujuan untuk dapat membantu pembangunan ekonomi negara-negara berkembang.

IFC memberikan bantuan yang berupa modal untuk mendorong pertumbuhan sektor swasta di sebuah negara. Lembaga yang satu ini juga akan membantu sektor swasta untuk dapat mengalokasikan dana mereka di pasar dunia dan menyediakan bantuan statistik dan teknis bagi pemerintah dan sektor wisata.

  • IBRD

IBRD atau International Bank For Reconstruction adan Development merupakan sebuah lembaga dunia dibawah naungan Bank Dunia atau World Bank yang bergerak dalam bidang perbankan untuk kemajuan dan pembangunan di negara-negara berkembang.

Lembaga perbankan yang satu ini dibentuk pada tanggal 27 Desember 1945 dan mulai resmi beroperasi pada tanggal 6 Juni 1946. IBRD dibentuk dengan tujuan untuk dapat memberikan bantuan jangka pendek dan jangka panjang kepada negara-negara yang sedang berkembang atau membangun.

Lembaga perbankan ini juga akan memberikan bantuan teknis secara cuma-cuma dan membantu mengembangkan perdagangan Internasional.

  • ICSID

ICSID adalah kependekan dari International Centre for Settlement of Investment Disputes, yakni asosiasi internasional yang memiliki tugas untuk menyelesaikan perselisihan investasi internasional. Lembaga ini didirikan pada tahun 1966. ICSID memiliki tugas utama untuk dapat mengatasi penanamam atau perselisihan modal yang dilakukan oleh pemerintah dengan pihak asing.

  • IDA

IDA atau International Development Association merupakan suatu asosiasi di bawah Bank Dunia untuk mengatasi persoalan pembangunan yang didirikan pada tanggal 15 September 1960. Tujuan utama dibentuknya lembaga yang satu ini adalah untuk dapat meningkatkan produktivitas, mendorong pembangunan ekonomi dan juga menaikkan taraf hidup negara-negara berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *