Contoh Kerjasama Multilateral

Posted on

Kerjasama Multilateral Adalah – Pada umumnya sebuah negara memang tidak akan bisa berdiri sendiri tanpa menjalin hubungan dengan negara. Ada beberapa bentuk kerjasama antar negara dan terdiri dari berbagai bidang.

Semua bentuk kerjasama antar negara memiliki tujuan untuk mempererat persahabatan, perdamaian dan ketertiban antar negara. Disamping itu, tujuan penting lainnya adalah untuk memajukan segala aspek dalam negeri seperti perekonomian, pendidikan, dan lain sebagainya.

Kerjasama antar negara ini dapat digolongkan sebagai : kerjasama bilateral, kerjasama multiteral, dan kerjasama unilateral. Namun pada pembahasan kali ini kita akan hanya akan membahas tentang kerjasama multilateral.



kerjasama multilateral adalah

Baca juga: Teori Perdagangan Internasional

Apa Itu Kerjasama Multilateral

Kerjasama multilateral adalah sebuah kerjasama yang memiliki anggota lebih dari dua negara. Istilah multilateral dalam hubungan Internasional dapat diartikan sebagai kerjasama yang dilakukan oleh beberapa negara.

Anggota yang paling utama dalam kerjasama multilaetral ini adalah beberapa negara dengan kekuatan menengah seperti Kanada.  Sebagai contoh dari organisasi dunia yang tergolong dalam kerjasama multilateral ialah WTO dan PBB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *