Contoh Lembar Jawaban Pilihan Ganda Dan Essay SD

Posted on

Contoh Lembar Jawaban Pilihan Ganda Dan Essay SD –  Sebelum melaksanakan ujian semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 pada awal bulan Desember mendatang, lembar jawaban ujian semester sudah pasti akan dibutuhkan sebagai sarana bagi siswa untuk mengakomodir jawaban-jawabannya baik itu dari soal pilihan ganda maupun essay, sehingga capaian kompetensi setiap siswa bisa didapatkan oleh bapak/ibu gurunya.



Lembar jawaban ujian sekolah ini sudah lama digunakan di berbagai macam ujian yang pada umumnya di adakan di sekolah, mulai dari UAS (Ujian Akhir Sekolah), US (Ujian Semester), UTS (Ujian Tengah Semester), dan bahkan juga biasa digunakan untuk ulangan harian.

Maka dari itu, pada akhir artikel nantinya kami akan bagikan contoh lembar jawaban pilihan ganda dan essay SD bagi Anda yang mungkin sedang membutuhkannya dalam format excel (*.xls).  Namun sebelum itu kami akan membahas secara lebih detail lagi mengenai lembar jawaban. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Membuat Lembar Kerja Siswa (LKS)

Penggunaan Lembar Jawaban Komputer

Lembar jawaban komputer merupakan sebuah formulir isian berupa kertas yang diolah menggunakan perangkat komputer atau PC dengan pemindai. Di Indonesia lembar jawaban ini basa disebut dengan LJK yang dimana biasa digunakan dalam ujian dalam bentuk pilihan ganda dan essay.

Namun meski demikian banyak juga yang menyebut LJK sebagai lembar kerja komputer. Penyebutan ini sebenarnya salah karena sebagian orang mungkin akan berpikir bahwa lembar kerja komputer ini nantinya akan dikerjakan dalam komputer. Padahal maksud dari lembar jawaban komputer dalam hal ini adalah diperiksan dengan menggunakan alat bantu atau perangkat lunak yang ada pada komputer.



Ragam Jenis Lembar Jawaban Komputer

Form lembar jawaban komputer sangat beragam, ada yang dalam bentuk form OMR, form DMR, atau form bebas tipe dengan menggunakan teknologi terbaru yang berbasis SMR. Penggunaan lembar jawaban komputer yang merupakan pengganti entri data secara manual sudah pasti akan semakin mempercepat pengolahan data.

Proses pengolahan data ini pada umumnya akan ditentukan oleh kecepatan perangkat lunak yang akan digunakan. Form lembar jawaban ini nantinya bisa diisi dengan menggunakan pensil 2b sehingga bisa terbaca di dalam komputer.

Mengisi Lembar Jawaban Komputer

Pengisian form lembar jawaban komputer harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Sebab, jika Anda salah dalam melakukan pengisian maka dapat dipastikan jawaban Anda nantinya tidak akan bisa terbaca pada aplikasi komputer.

Oleh sebab itu, kini banyak sekali sekolah yang melatih siswa siswinya untuk menggunakan lembar jawaban komputer saat melaksanakan ujian. Hal ini bertujuan supaya ketika melaksanakan ujian nasional nantinya siswa siswi sudah terbisa untuk mengisi lembar jawaban tersebut.

Bagi penyelenggara kegiatan (peneliti), lembar jawaban komputer ini dianggap lebih optimal dan efisien jika dibandingkan dengan beberapa sistem yang lainnya. Seperti misalnya sistem pengisian ujian, registrasi, pendataan dengan menggunakan sistem online dengan ratusan sampai dengan jutaan peserta.



Jika lebih memilih untuk menggunakan sistem lembar jawaban komputer, maka penyelenggara kegiatan bisa lebih optimal dan bisa lebih menghemat kebutuhan penyediaan armada komputer.  Dalam sistem ini, penyelenggara kegiatan biasanya akan membutuhkan 1 lembar form isian jawaban komputer khusus untuk satu responden atau peserta kegiatan.

Namun jika menggunakan sistem online, maka harus tersedia satu buah komputer untuk satu peserta ujian atau responden. Hal ini tentunya akan membutuhkan biaya yang lebih mahal lagi.

Keuntungan Menggunakan Lembar Jawaban

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa sekarang ini sudah banyak sekolah yang menggunakan lembar jawab untuk melaksanakan ujian. Berikut ini adalah beberapa keuntungan lainnya yang bisa didapatkan jika menggunakan lembar jawab:

  1. Memudahkan untuk melakukan koreksi terutama pilihan ganda. Biasanya guru akan menggunakan mica cover transparan sebagai penanda kunci jawaban. Namun ada pula yang menggunakan lembar jawab yang dilbuangi baik itu menggunakan cutter ataupun obat nyamuk bakar. Untuk mika transparan sangat disarankan untuk menggunakan spidol permanent dengan tujuan agar tidak mudah terhapus ataupun mengotori tangan.
  2. Beban bawaan akan terasa lebih ringan. Hal ini karena setiap siswa hanya memiliki 1 lembar, beda halnya jika jawaban ditulis pada lembaran soal pastinya akan berlembar-lembar. Guru bahkan bisa lembur di rumah hanya untuk melakukan koreksi.
  3. Lembaran soal selalu bersih tanpa adanya coretan. Lembaran soal umumnya juga digunakan untuk berbagai latihan pada tahun pelajaran yang selanjutnya.
  4. Apabila guru sudah mencatat nilai pada buku nilai maka lembar jawaban bisa langsung dibagikan ke siswa. Kemudian guru akan meminta tanda tangan langsung dari orang tua untuk lembar jawaban yang telah diberikan hasil nilaianya.

Fitur Lembar Jawaban Ujian

Berikut ini fitur lembar jawaban yang sering digunakan:

  1. Dibuat dengan menggunakan Microsoft Excel, karena jauh lebih mudah. Bisa dibuat kotak-kota kecil seperti halnya pada buku strimin. Jika sudah maka tinggal mainkan untuk bordernya saja.
  2. Menggunakan gaya border yang tipis dengan tujuan untuk melatih siswa agar bisa menulis rapi. Disamping itu, juga dapat mempercepat proses cetak dan lebih menghemat tinta.
  3. Menggunakan kertas dengan ukuran F4. Apabila Anda menggunakan printer tita canon maka bisa langsung dicetak dengan mudah. Hal ini karean setingan file ini legal dengan batas margin bawah 3,5 cm. Namun jika Anda menggunakan printer tinta yang biasa maka jangan sampai langsung di print dalam jumlah banyak seperti misalnya per lima puluh lembar, sebab jika langsung di print banyak maka katrid akan lebih cepat rusak. Jika misalnya tinta dirasa sudah hampir habis maka bisa langsung diisi. Faktor utama yang bisa merusak katrid adalah kehabisan tinta namun masih tetap dipaksa untuk ngeprint. Untuk printer laser HP bisa dicetak secara langsung, atau ingin mengatur agar terlihat lebih presisi dengan ukuran kertas F4.

Download Contoh Lembar Jawaban Ujian

Pada pembahasan selanjutnya kami akan bagikan contoh lembar jawaban K13 yang dapat digunakan untuk penilaian tengah semester (PTS), penilaian akhir semester (PAS), dan penilaian akhir tahun (PAT) terutama untuk jenjang pendidikan sekolah dasar (SD).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *