Contoh Lembar Jawaban Pilihan Ganda Dan Essay SD

Posted on

Contoh Lembar Jawaban Pilihan Ganda Dan Essay SD –  Sebelum melaksanakan ujian semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 pada awal bulan Desember mendatang, lembar jawaban ujian semester sudah pasti akan dibutuhkan sebagai sarana bagi siswa untuk mengakomodir jawaban-jawabannya baik itu dari soal pilihan ganda maupun essay, sehingga capaian kompetensi setiap siswa bisa didapatkan oleh bapak/ibu gurunya.



Lembar jawaban ujian sekolah ini sudah lama digunakan di berbagai macam ujian yang pada umumnya di adakan di sekolah, mulai dari UAS (Ujian Akhir Sekolah), US (Ujian Semester), UTS (Ujian Tengah Semester), dan bahkan juga biasa digunakan untuk ulangan harian.

Maka dari itu, pada akhir artikel nantinya kami akan bagikan contoh lembar jawaban pilihan ganda dan essay SD bagi Anda yang mungkin sedang membutuhkannya dalam format excel (*.xls).  Namun sebelum itu kami akan membahas secara lebih detail lagi mengenai lembar jawaban. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Membuat Lembar Kerja Siswa (LKS)

Penggunaan Lembar Jawaban Komputer

Lembar jawaban komputer merupakan sebuah formulir isian berupa kertas yang diolah menggunakan perangkat komputer atau PC dengan pemindai. Di Indonesia lembar jawaban ini basa disebut dengan LJK yang dimana biasa digunakan dalam ujian dalam bentuk pilihan ganda dan essay.

Namun meski demikian banyak juga yang menyebut LJK sebagai lembar kerja komputer. Penyebutan ini sebenarnya salah karena sebagian orang mungkin akan berpikir bahwa lembar kerja komputer ini nantinya akan dikerjakan dalam komputer. Padahal maksud dari lembar jawaban komputer dalam hal ini adalah diperiksan dengan menggunakan alat bantu atau perangkat lunak yang ada pada komputer.



Ragam Jenis Lembar Jawaban Komputer

Form lembar jawaban komputer sangat beragam, ada yang dalam bentuk form OMR, form DMR, atau form bebas tipe dengan menggunakan teknologi terbaru yang berbasis SMR. Penggunaan lembar jawaban komputer yang merupakan pengganti entri data secara manual sudah pasti akan semakin mempercepat pengolahan data.

Proses pengolahan data ini pada umumnya akan ditentukan oleh kecepatan perangkat lunak yang akan digunakan. Form lembar jawaban ini nantinya bisa diisi dengan menggunakan pensil 2b sehingga bisa terbaca di dalam komputer.

Mengisi Lembar Jawaban Komputer

Pengisian form lembar jawaban komputer harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Sebab, jika Anda salah dalam melakukan pengisian maka dapat dipastikan jawaban Anda nantinya tidak akan bisa terbaca pada aplikasi komputer.

Oleh sebab itu, kini banyak sekali sekolah yang melatih siswa siswinya untuk menggunakan lembar jawaban komputer saat melaksanakan ujian. Hal ini bertujuan supaya ketika melaksanakan ujian nasional nantinya siswa siswi sudah terbisa untuk mengisi lembar jawaban tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.