Contoh Mad Tamkin Dan Penjelasannya

Posted on

Contoh Mad Tamkin Dan Penjelasannya – Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi tentang apa yang dimaksud dengan mad tamkim dan juga menyebutkan contoh – contohnya.



Terdapat aturan – aturan yang perlu diperhatikan dalam membaca ayat suci Al Qur’an. Seperti memperhatikan tempat keluarnya huruf atau cara pelafalan huruf dan juga sifat – sifat yang dimiliki oleh huruf tersebut.

Baca juga: Arti Innalhamdalillah Nahmaduhu Dan Tulisan Arab

Baca juga: Lailahaillallah Muhammadarrasulullah Artinya Dan Tulisan Arab

Kalian pasti sudah banyak yang mengenal ilmu tajwid. Ilmu untuk mempelajari  bagaimana cara untuk mngucapkan atau membunyikan huruf – huruf yang terdapat di dalam kitab suci Al – Qur’an maupun bukan disebut disebut dengan Ilmu Tajwid.

Di dalam tajwid ada banyak sekali hukum bacaan yang harus diterapkan ketika kita membaca Al – Qur’an, salah satu hukum bacaanya adalah bacaan Mad.



Di dalam tajwid hukum bacaan Mad merupakan salah satu hukum bacaan yang mana memiliki arti diperpanjang atau menambahkan .

Di dalam hukum bacaan mad ini pun terdiri dari berbagai macam hukum bacaan mad, seperti mad thobi’i, mad jaiz munfashil, mad tamkin, mad silah qasirah, mad silah thawilah, dan masih banyak lagi.

Pada artikel kali ini, sesuai dengan judul yang tertera kami akan fokus dalam membahas mad tamkin.

Apa yang dimaksud dengan Mad Tamkin? Simak penjelasannya berikut ini.

Penjelasan Mad Tamkin

Secara bahasa mad memiliki arti kata panjang sedangkan tamkin memiliki arti kata menempatkan. Mad Tamkin sendiri marupakan cabang dari Mad far’i yang berlaku untuk huruf wau sukun bertemu dengan wau berharakat dan ya’ sukun bertemu dengan ya’ berharakat.

Hukum bacaan mad tamkin adalah sebagai berikut :



1.Apabila ada huruf hijaiyah yang berharakat Kasrah [ ـــــِـــ ] ketemu dengan huruf hijaiyah Ya Sukun ( يْ ), dan huruf hijaiyah sesudahnya adalah huruf hijaiyah Ya yang Berharakat [ يَ , يِ , يُ ]

2.Apabila ada huruf hijaiyah yang berharakat Dhammah ( ـــــــُــــــ ) ketemu dengan huruf hijaiyah Waw sukun ( وْ ), dan sesudahnya yaitu huruf hijaiyah Waw Berharakat ( وَ, وِ, وُ )

Baca juga: Contoh Bacaan Mad Silah Tawilah

Baca juga: Contoh Bacaan Mad Silah Qasirah, Ayat Dan Suratnya

Contoh Bacaan Mad Tamkin

وَإِذْ أَخَذْنَا مِنَ النَّبِيِّينَ مِيثَاقَهُمْ , pada Surat Al Ahzab ayat 7

عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ , pada Surat Maryam ayat 58

عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ , pada Surat Annisa ayat 69

Leave a Reply

Your email address will not be published.