Contoh Makalah Yang Sederhana

Contoh Makalah Karya Ilmiah Sederhana – Banyak sekali orang yang mengalami kesulitan dalam menulis makalah. Hal ini dikarenakan sulit dalam memahami cara menulis makalah dengan baik. Jika anda berpikir bahwa dalam menulis makalah itu dilakukan dengan cara langsung memulai menulis inti atau isi dari makalah. Maka akan membuat anda cepat bosan dan bahkan berhenti di tengah jalan. Itu akan menjadi sulit, karena anda harus menulis berlembar-lembar halaman.

Namun jika anda menulis makalah dengan cara copy paste, tentu akan lebih cepat. Tetapi tidak akan anda membuat puas dengan pekerjaan tersebut. Kenapa anda tidak mulai bekerja secara teratur. Ini merupakan bagian dari belajar, yang akan membuat anda mempunyai kemampuan menulis yang baik dan benar. Hal ini akan berfungsi kelak di dunia kerja.

Sebenarnya sudah banyak sekali artikel yang membahas tentang cara membuat makalah yang baik dan benar. Akan tetapi, kebanyakan artikel hanya mengulas tentang cara dan urutan. Semoga pembahasan yang kami sampaikan ini dapat menuntut anda membuat makalah lebih jelas dan mendalam. Artikel ini akan menjelaskan tentang cara membuat dan contoh makalah sederhana.

Baca juga : Cara Membuat Daftar Isi Makalah

Apakah Makalah Itu ?

Dikutip dari KBBI Online makalah merupakan sebuah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. Makalah juga bisa diartikan sebagai karya tulis ilmiah yang membahas tentang suatu pokok permasalahan tertentu.

Makalah merupakan sebuah tulisan yang biasa ditulis oleh pelajar atau mahasiswa, dalam bentuk karya tulis yang menyajikan topik pembahasan tertulis.  Makalah harus ditulis dengan pedoman-pedoman penyusunan makalah.

Tulisan ini disebut dengan karya tulis ilmiah. Ini dikarenakan makalah dibuat secara sistematis dan didalamnya terdapat hasil analisis dari penulis makalah tersebut. Untuk dapat memperjelas definisi dari makalah, berikut ini adalah beberapa definisi makalah menurut para ahli.

Makalah Menurut Para Ahli

1. Menurut Panuti Sudjiman
Makalah merupakan karangan prosa, bukan karangan, bukan cerita rekaan yang membicarakan pokok tertentu.

2. W.J.S Poearwadarminta
Makalah ialah uraian tertulis yang membahas suatu masalah tertentu dikemukakan untuk mendapat pembahasan lebih lanjut.

3. Tanjung Dan Ardial
Makalah ialah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.

4. Surakmad
Makalah ialah segala jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku maupun sebagai hasil karangan tentang sesuatu pokok persoalan.

5. E. Zaenal Arifin
Makalah ialah karya tulis ilmuah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif.

Dari pengertian beberapa ahli tersebut, maka ada 3 kata kunci yang dapat mendefinisikan makalah, yakni :

  • Karya Tulis (dalam bentuk tulisan)
  • Pembahasan
  • Sistematis

Sedangkan pemakalah adalah seseorang yang menyajikan atau menyampaikan sebuah makalah.

Manfaat Menulis Makalah

Meskipun makalah merupakan tugas, dan biasanya seseorang menyusun makalah hanya untuk menyelesaikan tugas. Tetapi ternyata makalah mempunyai banyak manfaat.

Adapun manfaat dari makalah adalah sebagai berikut :

  • Dengan menyusun makalah akan menjadi ajang belajar untuk dapat memahami isi dari makalah tersebut
  • Dengan menyusun makalah maka akan membuka fikiran anda untuk memahami masalah-masalah yang ada di lingkungan
  • Dengan menyusun makalah maka akan meningkatan kemampuan anda dalam menulis
  • Menyusun makalah dapat membantu anda untuk belajar menganalisis masalah dan menemukan solusinya

Jenis-Jenis Makalah

Berdasarkan sifatnya, makalah dapat dibedakan menjadi 3 macam,  yaitu :

1.Makalah deduktif

Makalah deduktif merupakan sebuah makalah yang disusun berdasarkan kajian teoritis yang relevan dengan masalah pada karya tulis tersebut. Makalah deduktif mempunyai pembahasan yang didapatkan dari kajian teoritis dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, artikel ilmiah, dan lainnya.

2.Makalah induktif

Makalah induktif adalah sebuah makalah yang berisi data-data dari lapangan. Pembahasan dan analisis merupakan hasil dari data yang didapatkan di lapangan.

3. Makalah Campuran

Makalah campuran adalah sebuah makalah yang disusun dari hasil kajian teoritis dan data-data empiris yang didapatkan dari lapangan. Maksudnya adalah data didapatkan dari dua cara yakni kajian teori dan data lapangan. Makalah teoritis juga biasa disebut dengan gabungan antara makalah deduktif dan makalah induktif.

Cara Membuat Makalah Penelitian

A. Persiapan Menulis Makalah

  1. Riset Topik

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan riset atau pencarian topik. Pencarian topik bisa anda dapatkan melalui referensi online, pergi ke perpustakaan, bertanya kepada teman, atau bisa juga membaca koran dan lain sebagainya.

Sebagai penulis tentu anda harus mencari topik-topik yang sesuai dengan tugas yang diberikan oleh guru atau dosen anda. Namun yang pasti topik yang harus anda pilih adalah topik yang bisa diterima oleh guru atau dosen anda. Ketika anda sedang mencari topik-topik yang sesuai dengan tugas yang diberikan, catatlah setiap topik yang sesuai. Jangan sampai terlewat dan anda harus kembali untuk mencarinya lagi.

  1. Analisis data-data hasil pencarian (Riset Topik) yang sudah dilakukan

Mungkin ada pendapat dari beberapa ahlis yang cocok dengan penulis, tetapi terkadang ada juga yang tidak sesuai dengan pendapat penulis makalah. Maka anda bisa lakukan analisis data tersebut.

Lihatlah pendapat siapa, logika berfikirnya seperti apa? Data pendukungnya apa, sehingga sebagai penulis makalah anda bisa mengetahui apakah pendapat tersebut layak digunakan atau tidak.

  1. Buat Ide Penulis Sendiri

Dalam menyusun makalah tentu penulis akan membutuhkan pendapat-pendapat dari para ahli. Selain itu, penulis juga harus membuat pendapat tersebut menjadi pendapat penulis sendiri dengan cara mengembangkannya.

Penulis bisa melakukan mind mapping, jadi menjabarkan pendapat dari para ahli tersebut. Sehingga ide-ide para ahli yang penulis kutip akan dipaparkan secara luas dan mendalam. Selanjutnya tuliskan pendapat yang sudah dikembangkan tadi pada sebuah catatan khusus, sehingga penulis akan mempunyai data atau referensi pribadi anda.

  1. Buat Kerangka Makalah

Hasil dari kegiatan nomer 1 sampai 3 selanjutnya diringkas dalam bentuk kerangka. Dalam menyusun kerangka persoalan atau topik permasalah maka penulis harus menyusun dengan teliti dan mendalam. Sehingga akan dibutuhkan kerangka yang menerangkan BAB dan Sub BAB.

B.Menuliskan Makalah

Setelah persiapan menyusun makalah sudah selesai dikerjakan. Maka penulis harus melanjutkan dengan membuat makalah. Dalam membuat makalah ini penulis harus mengetahui struktur sususan dari makalah.

Secara umum, struktur makalah terdiri dari 8 bagian, diantaranya ;

  1. Cover (Sampul Makalah)
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
  4. Bab 1 Pendahuluan
  5. Bab II Pembahasan
  6. Bab III Penutup
  7. Daftar Pustaka
  8. Dan lampiran

1. Cover atau Sampul Makalah

Dalam membuat cover atau sampul makalah, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, yaitu :

  • Judul Makalah
  • Logo Kampus atau Sekolah
  • Identitas Penulis Makalah
  • Identitas Sekolah, Jurusan, Fakultas dan Kota
  • Tahun

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh cover makalah dibawah ini.

2. Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan awalan dalam sebuah karya tulis yang berisi salam, pujian, gambaran umum makalah, ucapan terimakasih dan permohonan maaf. Kata pengantar disusun oleh penulis untuk dapat memberikan informasi kepada pembaca mengenai penyusunan makalah tersebut.

Adapun unsur yang terdapat pada kata pengantar adalah sebagai berikut :

  • Ucapa Salam
  • Pujian Kepada Tuhan
  • Gambaran Umum Makalah
  • Ucapan Terimakasih Kepada Pihak-pihak yang sudah membantu
  • Permohonan Maaf atas ketidak Sempurnaan

Nah, untuk lebih mempermudah anda dalam memahami kata pengantar, kami akan memberika contoh kata pengantar

Perhatikan Contoh Kata Pengantar Di Bawah ini

3. Daftar Isi

Daftar isi adalah sebuah lembar halaman yang menjadi petunjuk pokok isi buku serta lembar halaman. Daftar isi membantu pembaca untuk mudah mencari pokok pembahasan yang ingin diketahuinya dengan mudah.

Dalam membuat daftar isi, sering ditemukan seseorang yang membuatnya tidak rapi. Padahal dengan Ms. Word pembuatan daftar isi bisa dilakukan dengan rapi. Bahkan otomatis.

4. BAB 1 Pendahuluan
Pada Pendahuluan atau BAB 1, penulis menerangkan latar belakang yang melandasi penulis untuk membuat makalah tersebut, dilanjutkan dengan perumusan masalah, tujuan dan akhirnya pada manfaat dari penulisan makalah.

Sehingga secara umum, unsur yang terdapat pada BAB 1 Pendahuluan yaitu:

  • Latar Belakang = Latar belakang adalah alasan yang melandasi ditulisnya makalah tentang topik tertentu. Pada latar belakang penulis harus mampu mengungkapkan alasannya secara sistematis. yaitu, adanya masalah dan keinginan untuk menyelesaikan masalah tersebut.
  • Rumusan Masalah = Adalah sebuah pertanyaan yang membutuhkan jawaban. Bentuk dari rumusan masalah adalah kalimat tanya. Pertanyaan dalam rumusan masalah adalah pertanyaan yang dicarikan jawabannya dalam penulisan makalah tersebut.
  • Tujuan = Adalah sebuah kalimat yang menunjukan atau mengidentifikasi kearah mana penelitian akan dilakukan.
  • Manfaat = Merupakan uraian manfaat yang diperoleh dari dilaksanakannya pembuatan makalah.

5. BAB 2 Pembahasan
BAB 2 atau Pembahasan berisikan pembahasan dari apa yang kamu tanyakan atau sebagai tujuan kamu yang telah di tulis pada BAB 1.
Namun secara umum ada beberapa unsur yang harus diperhatikan pada BAB 2 yaitu:

  • Definisi atau landasan teori
  • Ulasan materi
  • Penyelesaian suatu masalah
  • Hasil penelitian dan solusi
  • Kontribusi terhadap suatu permasalahan yang sedang dibahas
6. BAB 3 Penutup
Pada bagian penutup penulis makalah harus menuliskan kesimpulan dan saran.
  • Kesimpulan penelitian merupakan bagian dimana penulis menyimpulkan seluruh hasil dari makalah dengan singkat, padat dan mudah dipahami.
  • Saran merupakan harapan penulis yang membaca makalah kepada pihak-pihak yang berkenan dengan topik pembahasan makalah tersebut.
Contoh Penutup

7. Daftar Pustaka
Daftar pustaka ialaha= catatan yang ditulis diakhir sebuah makalah atau karya ilmiah lainnya. Daftar pustaka melampirkan nama pengarang, tahun terbit, judul, nama kota produksi, dan nama penerbit.
Jadi unsur daftar pustaka yaitu:
  • Nama Pengarang
  • TahunTerbit Buku
  • Judul Buku
  • Kota Penerbit
  • Nama Penerbit
8. Lampiran
Lampiran adalah dokumen tambahan yang dilampirkan pada dokumen utama. Pada makalah lampiran dapat berupa foto, dokumen angket, contoh soal, dokumen KTP, peta, dan lain sebagainya.
Demikian penulisan ini konten artikel tentang panduan lengkap membuat makalah. Semoga dapat membantu pembaca dalam menyusun makalah dengan lebih baik lagi.

Leave a Comment