Contoh Makalah Yang Sederhana

Posted on

Contoh Makalah Karya Ilmiah Sederhana – Banyak sekali orang yang mengalami kesulitan dalam menulis makalah. Hal ini dikarenakan sulit dalam memahami cara menulis makalah dengan baik. Jika anda berpikir bahwa dalam menulis makalah itu dilakukan dengan cara langsung memulai menulis inti atau isi dari makalah. Maka akan membuat anda cepat bosan dan bahkan berhenti di tengah jalan. Itu akan menjadi sulit, karena anda harus menulis berlembar-lembar halaman.



Namun jika anda menulis makalah dengan cara copy paste, tentu akan lebih cepat. Tetapi tidak akan anda membuat puas dengan pekerjaan tersebut. Kenapa anda tidak mulai bekerja secara teratur. Ini merupakan bagian dari belajar, yang akan membuat anda mempunyai kemampuan menulis yang baik dan benar. Hal ini akan berfungsi kelak di dunia kerja.

Sebenarnya sudah banyak sekali artikel yang membahas tentang cara membuat makalah yang baik dan benar. Akan tetapi, kebanyakan artikel hanya mengulas tentang cara dan urutan. Semoga pembahasan yang kami sampaikan ini dapat menuntut anda membuat makalah lebih jelas dan mendalam. Artikel ini akan menjelaskan tentang cara membuat dan contoh makalah sederhana.

Baca juga : Cara Membuat Daftar Isi Makalah

Apakah Makalah Itu ?

Dikutip dari KBBI Online makalah merupakan sebuah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. Makalah juga bisa diartikan sebagai karya tulis ilmiah yang membahas tentang suatu pokok permasalahan tertentu.

Makalah merupakan sebuah tulisan yang biasa ditulis oleh pelajar atau mahasiswa, dalam bentuk karya tulis yang menyajikan topik pembahasan tertulis.  Makalah harus ditulis dengan pedoman-pedoman penyusunan makalah.

Tulisan ini disebut dengan karya tulis ilmiah. Ini dikarenakan makalah dibuat secara sistematis dan didalamnya terdapat hasil analisis dari penulis makalah tersebut. Untuk dapat memperjelas definisi dari makalah, berikut ini adalah beberapa definisi makalah menurut para ahli.



Makalah Menurut Para Ahli

1. Menurut Panuti Sudjiman
Makalah merupakan karangan prosa, bukan karangan, bukan cerita rekaan yang membicarakan pokok tertentu.

2. W.J.S Poearwadarminta
Makalah ialah uraian tertulis yang membahas suatu masalah tertentu dikemukakan untuk mendapat pembahasan lebih lanjut.

3. Tanjung Dan Ardial
Makalah ialah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.

4. Surakmad
Makalah ialah segala jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku maupun sebagai hasil karangan tentang sesuatu pokok persoalan.

5. E. Zaenal Arifin
Makalah ialah karya tulis ilmuah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif.

Dari pengertian beberapa ahli tersebut, maka ada 3 kata kunci yang dapat mendefinisikan makalah, yakni :



  • Karya Tulis (dalam bentuk tulisan)
  • Pembahasan
  • Sistematis

Sedangkan pemakalah adalah seseorang yang menyajikan atau menyampaikan sebuah makalah.

Manfaat Menulis Makalah

Meskipun makalah merupakan tugas, dan biasanya seseorang menyusun makalah hanya untuk menyelesaikan tugas. Tetapi ternyata makalah mempunyai banyak manfaat.

Adapun manfaat dari makalah adalah sebagai berikut :

  • Dengan menyusun makalah akan menjadi ajang belajar untuk dapat memahami isi dari makalah tersebut
  • Dengan menyusun makalah maka akan membuka fikiran anda untuk memahami masalah-masalah yang ada di lingkungan
  • Dengan menyusun makalah maka akan meningkatan kemampuan anda dalam menulis
  • Menyusun makalah dapat membantu anda untuk belajar menganalisis masalah dan menemukan solusinya

Jenis-Jenis Makalah

Berdasarkan sifatnya, makalah dapat dibedakan menjadi 3 macam,  yaitu :

1.Makalah deduktif

Makalah deduktif merupakan sebuah makalah yang disusun berdasarkan kajian teoritis yang relevan dengan masalah pada karya tulis tersebut. Makalah deduktif mempunyai pembahasan yang didapatkan dari kajian teoritis dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, artikel ilmiah, dan lainnya.

2.Makalah induktif

Makalah induktif adalah sebuah makalah yang berisi data-data dari lapangan. Pembahasan dan analisis merupakan hasil dari data yang didapatkan di lapangan.

3. Makalah Campuran

Makalah campuran adalah sebuah makalah yang disusun dari hasil kajian teoritis dan data-data empiris yang didapatkan dari lapangan. Maksudnya adalah data didapatkan dari dua cara yakni kajian teori dan data lapangan. Makalah teoritis juga biasa disebut dengan gabungan antara makalah deduktif dan makalah induktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *