Contoh Mou Sekolah Dengan Dunia Usaha

Posted on

Contoh MOU Sekolah Dengan Dunia Usaha – Sebelum melihat tentang contoh – contoh dari MOU sekolah dengan dunia usaha, ada baiknya kita mempelajari tentang apakah MOU itu sendiri.



Pengertian MOU

MOU merupakan kependekan dari Memorandum Of Understanding, yang mana MOU biasanya juga dikenal sebagai nota kesepahaman atau kesepakatan dalam sebuah bisnis.

MOU kerapkali digunakan sebagai media kesepakatan dalam sebuah bisnis antara kedua belah pihak. Nota kesepahaman atau kesepakatan dipakai dalam sebuah kontrak bisnis untuk membuat sebuah perjanjian guna mempermudah adanya perundingan perihal planning atau janji di kemudian  hari.

Perlu diketahui, meskipun MOU biasanya dipakai untuk membuat kontrak, namun MOU sendiri memiliki sifat yang tidak terikat. MOU juga disebut sebagai bukti tertulis yang mengutarakan keinginan dari kedua belah pihak dan dituangkan menjadi sebuah perjanjian atau kesepakatan.

Baca juga: Contoh Mou Sekolah Dengan Puskesmas

Perbedaan MOU dengan Kontrak

Yang membuat MOU berbeda dengan kontrak adalah, MOU biasanya dibuat sebelum kedua belah pihak menandatangani kontrak yang telah dibuat. Dikarenakan biasanya dalam sebuah perjanjian atau kontrak bisnis mungkin ada beberapa hal yang belum terpenuhi sebelum melakukan penandatanganan kontrak bisnis.



Saat ini sudah marak sekolah yang menjalin kerjasama atau kemitraan dengan berbagai dunia usaha. Sekolah setaraf SMK menjadi perkara wajib atau kebutuhan yang mutlak untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas peserta didik di dunia usaha dengan melakukan program kerjasama atau kemitraan dengan berbagai dunia usaha maupun dunia industri.

Adanya MOU sangat mempermudah bagi pihak SMK guna melakukan kemitraan atau kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri.

PKL Salah Satu Program Kemitraan SMK

Siswa SMK biasanya mengenal program tersebut dengan istilah Program Kerja Lapangan atau PKL. Program Kerja Lapangan merupakan salah satu program wajib bagi sekolah kejuruan. Yang mana siswa – siswi SMK akan diterjunkan langsung di lingkungan kerja menjadi karyawan baru untuk mengikuti serta melakukan kegiatan sesuai dengan bidang usaha yang diikuti.

Dengan adanya PKL, diharapkan para siswa SMK akan lebih siap lagi jika di kemudian hari bersinggungan atau terjun langsung di dunia kerja.

Baca juga: Contoh Administrasi Sekolah SD, SMP, SMA

Manfaat dari Program Kerja Lapangan atau PKL adalah:



  1. Mengenalkan Siswa dengan Dunia Kerja

Sebagai sekolah kejuruan memang sudah merupakan kewajiban mutlak untuk melakukan kemitraan dengan dunia usaha/ dunia industri. Dengan adanya PKL ini para siswa memiliki modal dan akan lebih siap dan tidak kaget saat masuk di dunia kerja nantinya.

  1. Menambah Ketrampilan

Dengan adanya Program Kerja Lapangan (PKL) ini diharapkan siswa bias meningkatkan keterampilan dengan bekal yang telah diberikan oleh sekolah sebelumya. PKL juga akan lebih mengasah keterampilan yang dimiliki oleh siswa.

  1. Membentuk Pola Pikir

Dengan mengikuti PKL, para siswa akan mendapatkan pengalaman kerja baik di dunia industri atau dunia usaha. Dengan pengalaman yang didapat akan membentuk pola piker siswa yang lebih tersusun dan lebih siap terjun di dunia kerja.

  1. Menjalin Kerjasama

Bukan hanya memberikan manfaat bagi para siswa, namun juga memberi manfaat bagi sekolah. Dengan adanya PKL sekolah bisa menjalin kerjasama dengan pihak industri atau usaha.

  1. Menghasilkan Sumber Daya Manusia

Manfaat PKL selanjutnya adalah untuk menghasilkan sumber daya manusia. Para siswa SMK dianggap lebih siap masuk di dunia kerja karena sebelumnya telah melakukan praktek kerja lapangan dengan pihak industri atau usaha.

  1. Keuntungan Bagi Pihak Sekolah

Sekolah juga mendapatkan keuntungan tersendiri karena ilmu – ilmu yang belum diajarkan atau didapat di sekolah bias didapat di tempat PKL.

  1. Sebagai Bentuk Penghargaan

PKL juga digunakan sebagai bentuk penghargaan bagi para siswa, yang mana mengikuti praktek kerja lapangan akan menjadi pengakuan dan menjadi modal agar lebih siap jika terjun ke dunia pekerjaan.

Baca juga: Contoh Slip Gaji Guru Honorer, Paud, TK, Dll

Contoh MOU Sekolah Dengan Dunia Usaha

Berikut salah satu contoh bentuk form MOU atau surat kerjasama dari SMK Negeri Lamongan dengan Mtro TV Jawa Timur pada pelaksanaan Program Kerja Lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *