Contoh Mou Sekolah Dengan Telkom Indihome

Posted on

Contoh MOU Sekolah Dengan Internet – Dalam masa pandemi seperti sekarang ini, pendidikan di Indonesia mengharuskan sekolah – sekolah untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dengan cara virtual atau pembelajara jarak jauh.



Sebagian sekolah melakukan kemitraan dengan industri paket data agar lebih mempermudah proses belajar mengajar dengan cara virtual atau pembelajaran jarak jauh.

Pengertian dari Kemitraan atau MOU

Kemitraan atau nota kesepahaman / MOU merupakan suatu hubungan yang memiliki kesepakatan atau persetujuan dari dua belah pihak secara kooperatif, yang mana saling bertanggung jawab dan memiliki tujuan yang sama.

Baca juga: Contoh Mou Sekolah Dengan Puskesmas

Mengenal Internet Telkom Indihome

Indihome merupakan salah bentuk layanan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yakni berupa paket data dan layanan komunikasi.

Indihome menawarkan berbagai pilihan paket data yang bisa digunakan untuk menunjang sarana dan prasarana dalam melakukan pembelajaran daring.



  1. Indihome Learning from Home

Indihome Learning from Home ini memiliki layanan Triple Play yaitu (Internet, TV Interaktif, dan telepon rumah)

Kebanyakan orang atau sekolah memilih Indihome sebagai provider atau Telkomsel sebagai paket data karena Telkom mengklaim bahwa produk mereka memiliki jaringan internet yang stabil, sehingga bisa mendukung kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan dari jarak jauh (daring/ virtual)

  1. Indihome Paket Khusus Guru

Pada paket Indihome Paket Khusus Guru ini dirancang dengan internet yang stabil dan dapat dijangkau di seluruh Indonesia. Sehingga Guru SD, MI, SMP, maupun SMA dapat dengan lancar mengajar tanpa terkendala dengan internet yang tidak stabil

Baca juga: Contoh Mou Sekolah Dengan Dunia Usaha

Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan

Perkembangan internet menjadi salah satu aspek yang sangat penting guna mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. Manfaat internet bagi dunia pendidikan itu sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai sarana pertukaran Informasi

Dalam masa pandemi  seperti sekarang ini, pertukaran informasi atau ilmu yang bisa dilaukan secara langsung atau tatap muka sekarang harus dilakukan secara virtual atau jarak jauh. Oleh karena itu, menjadi solusi yang tepat jika sekolah bias bermitra dengan provider yang memiliki internet stabil.



  1. Proses mengajar menjadi lebih kreatif

Proses pembelajaran secara virtual atau jarak jauh memberi catatan tersendiri untuk para guru agar tetap bisa menyampaikan materi dengan cara yang menyenangkan. Dengan memanfaatkan jaringan internet, para guru bisa memberikan materi persentasi yang lebih kreatif dan menarik.

  1. Sebagai sarana untuk mendapatkan beasiswa

Dengan jaringan internet tentunya kita bisa dengan mudah membuka website atau informasi tentang beasiswa. Apalagi banyak program beasiswa yang membuka pendaftaran secara online.

Banyak sekali program beasiswa yang kini bisa kita akses dengan menggunakan internet, sehingga meski dalam masa pandemi peserta didik tetap bisa mendapatkan informasi tentang beasiswa.

Baca juga: Contoh Administrasi Sekolah SD, SMP, SMA

MOU Sekolah dengan Internet Telkom

Karena internet menjadi salah satu penunjang penting bagi sekolah untuk melakukan kegiatan belajar mengajar maka kebanyakan sekolah – sekolah memilih Indihome Telkomsel sebagai pilihan provider internet penunjang pembelajaran jarak jauh yang digunakan di sekolahan.

Sekolah melakukan penandatanganan MOU atau nota kesepahaman sebagai kesepakatan bentuk kerjasama yang dilakukan oleh sekolah dengan pihak Telkom.

Pihak Telkom akan memberikan paket data yang lebih terjangkau dan memberikan pilihan – pilihan paket data yang disesuaikan dengan dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh.

Dengan adanya MOU sekolah dengan pihak provider Internet Telkom indihome ini pihak sekolah akan sangat terbantu. Begitu juga dari pihak Telkom juga bisa lebih memperlebar eksistensinya dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran jarak jauh.

Oleh karena itu banyak dari instansi pendidikan yang menjalin kemitraan dengan pihak Telkom Indihome, karena sangat menguntungkan kedua belah pihak.

Baca juga: Cara Verval PTK Kemdikbud

Contoh MOU Sekolah dengan Internet Telkom

Dalam surat nota kesepahaman atau MOU memuat kesepakatan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak yang bersangkutan, yakni pihak sekolah dengan pihak provider Telkom.

Untuk memahami lebih jelas bentuk dari nota kesepahaman atau MOU sekolah dengan Telkom, teman – teman bisa mendownload melalui link di bawah ini:

Baca juga: Download Aplikasi EDS SMP Terbaru

Demikian artikel tentang contoh MOU sekolah dengan provider internet Telkom. Diharapkan dengan adanya kerjasama artara sekolah dengan internet menjadi upaya yang baik dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan saat ini.  Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menjadi salah satu referensi bagi teman – teman semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *