Contoh Penelitian Tindakan Kelas SD Kelas 1-6

Posted on

Contoh Penelitian Tindakan Kelas SD Kelas 1- 6 – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang contoh penelitian tindakan kelas pada sekolah dasar secara lengkap.



Apa itu PTK? Mungkin sudah banyak dari kalian yang mengetahui apa itu PTK. Mari simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian PTK

PTK merupakan singkatan dari Penilaian Tindakan Kelas, adalah sebuah penelitian untuk meningkatkan kualitas dari proses belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas yang bertujuan untuk memperoleh hasil belajar yang lebih baik dari hasil belajar sebelumnya.

Baca juga: Menyusun Langkah-Langkah Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013

Baca juga: Ketuntasan Belajar Menurut Permendikbud

Dalam penelitian ini guru lebih mengenali apa saja yang permasalahan – permasalahan atau kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran.

Dalam melakukan penelitian tindakan kelas memakan waktu yang cukup lama, hal ini dikarenakan butuh waktu untuk mengimplementasikan tindakan atau instrumen dan variabel yang telah dipersiapkan sebelumnya agar mencapai hasil yang ditargetkan.

Nantinya hasil dari penelitian tindakan kelas atau PTK ini akan dipublikasikan dalam penulisan jurnal ilmiah untuk PKB atau pengembangan keprofesian berkelanjutan.



Baca juga: Pengertian Hasil Belajar

Tujuan PTK

Penelitian tindakan kelas olrh guru ini memiliki tujuan tertentu, antara lain :

  1. Untuk memperbaiki pola guru dalam melakukan proses pembelajaran
  2. Untuk membantu memperbaiki perilaku peserta didik
  3. Untuk meningkatkan praktik dalam proses pembelajaran
  4. Untuk meningkatkan profesionalisme seorang guru dalam mengajar dengan cara mengubah kerangka kerja guru dalam proses pembelajaran menjadi lebih baik

Selain memiliki tujuan seperti yang sudah kami sebutkan di atas, penilitan tindakan kelas juga memiliki manfaat – manfaat tertentu

Baca juga: Ketuntasan Belajar Menurut Kurikulum 2013

Manfaat PTK

Manfaat penelitian tindakan kelas ini dirasakan oleh banyak pihak. Tidak hanya bagi guru, namun untuk pembelajaran speserta didik serta untuk lembaga sekolah.

Berikut kami uraikan manfaat – manfaat yang dapat dirasakan oleh berbagai pihak antara lain sebagai berikut :



(1) Manfaat PTK Untuk Guru

Penelitian tindakan kelas memiliki manfaat untuk guru selaku yang melakukan penelitian tindakan kelas, antara lain :

  1. Memperbaiki Pola Pembelajaran

Tujuan akhir dalam melakukan penelitian tindakan kelas adalah adalah perbaikan mutu dan juga kualitas dari proses pembelajaran itu sendiri . Perubahan mutu dan kualitas pembelajaran yang baik tentunya menjadi hal yang sangat diharapkan oleh setiap guru yang melakukan penelitian tindakan kelas.

Apabila penelitian tindakan kelas berhasil dengan berhasilnya tindakan atau variabel yang telah diberikan, maka guru akan menyebar luaskan kepada guru – guru yang lain untuk mencoba hasil dan melakukan perbaikan pada pembelajaran di kelas masing – masing.

  1. Mengembangkan Profesionalitas Guru

Kemampuan serta kualitas seorang guru akan terus diasah melalui penilaian tindakan kelas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.