Contoh Perusahaan Modal Ventura


Perusahaan modal ventura adalah – sebuah lembaga yang memiliki peran dalam bidang keuangan tetapi tidak termasuk kedalam jenis bank yang sanggup untuk melakukan investasi yang beresiko. Ada beberapa perusahaan perseorangan yang termasuk dalam mendirikan perusahaan modal ventura.

Perusahaan ini biasanya di dirikan karena memiliki tujuan dan maksud yang tertentu sesuai dengan beberapa pertimbangan yang bersangkutan dengan lembaga yang beresiko berdasarkan atas penanaman modal.

Contoh Perusahaan Modal Ventura

 

Walaupun perusahaan modal ventura akan menanggung resiko yang sangat tinggi saat melaksanakan penanaman modal dan berinvestasi, tetapi pihak perusahaan pastinya sudah mempertimbangkan dan berharap memperoleh keuntungan yang tinggi dari berbagai penanaman dan penyertaan dari modal yang sudah mereka sediakan yaitu berupa deviden dan capital gain. Investee company dan PPU atau perusahaan pasangan usaha adalah jenis perusahaan yang sumber keuangan perusahaannya berasal dari modal perusahaan ventura.

Jenis dari aktivitas yang dijalankan oleh bank dan perusahaan modal ventura menjadi pembeda antara keduanya. Perusahaan modal ventura adalah suatu badan usaha yang memberikan pendanaan ataupun modal untuk perusahaan lain dan selalu ikut campur serta mempunyai peranan dalam perikonomian perusahaan yang di berikan modal atau yang di biayainya. Sementara bank hanya akan memberikan pembiayaan yang berupa pinjaman modal dan tidak akan ikut campur dalam berbagai proses dan juga kegiatan yang di lakukan di perusahaan yang di berikan modal atau yang dibiayai.

Contoh Perusahaan Modal Ventura

Inilah yang membuat perusahaan modal ventura mempunyai bebagai karakteristik dan ciri khas yang sangat berbeda dengan berbagai jenis badan usaha dan lembaga keuangan selain bank. Adapun karakteristik dan ciri-ciri dari perusahaan modal ventura adalah sebagai berikut :

  • Kegiatan yang di ikut sertakan oleh modal ventura mempunyai sifat yang akan memberikan dampak secara langsung pada perusahaan
  • Bisnis yang di biayai dan di masuki merupakan suatu bisnis besar yang memiliki resiko tinggi
  • Umumnya waktu yang di pakai yaitu 3 tahun keatas apabila permodalan perusahaan bersifat pembiayaan jangka panjang
  • Kegiatan modal ventura umumnya berpusat pada pengembangan suatu usaha dan dalam membentuk suatu usaha yang baru
  • Keuntungan perusahaan ventura umumnya akan di dapat dari bagi hasil, capital gain dan deviden yang hasilnya diperoleh dari penanaman modal yang di perlukan

Baca juga: Perusahaan Multinasional Di Indonesia

Dasar Hukum Perusahaan Modal Ventura

Dasar Hukum Perusahaan Modal Ventura

Perusahaan modal ventura sudah pasti memiliki dasar hukum yang jelas dan legal. Modal ventura sendiri sudah dibahas dalam KEPRES NO.61 Tahun 1998 tentang Lembaga Pembiayaan, dan juga tentang Ketentuan dan Prosedur pelaksanaan Lembaga Pembiayaan.

Kedua ketentuan ini merupakan awal mula terciptanya dasar hukum modal ventura yang ada di Indonesia. Disamping itu, modal ventura juga sudah dibahas dalam peraturan perundang-undangan yang bersifat perdata ataupun publik.

Tujuan Penyertaan Modal Ventura

Pembiayaan modal ventura selain memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah tinggi dengan resiko yang tinggi, juga memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:

Tujuan Penyertaan Modal Ventura

  1. Pengembangan Proyek

Seperti misalnya pengembangan proyek penelitian. Hasil yang diinginkan tidak hanya keuntungan saja, tetapi juga berupa ilmu pengetahuan.

  1. Pengembangan Teknologi Baru

Pembiayaan usaha teknologi yang baru ini sudah pasti menghasilkan keuntungan dalam jangka waktu menengah dan panjang.

  1. Pengambilalihan Perusahaan

Memiliki tujuan untuk mengambil alih kepemiliki perusahaan lain sehingga bisa diarahkan untuk mendapatkan keuntungan lebih.

  1. Kemitraan

Kemitraan dalam hal ini dijalankan untuk membantu mengatasi kemiskinan, yakni dengan cara membantu para wirausahawan yang memiliki modal kurang dan tidak mempunyai jaminan material sehingga akan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dari bank.

Dengan menyertakan modal dari modal ventura bisa membantu  untuk  mengatasi kesulitan keuangan dalam pendirian sebuah usaha.

  1. Ahli Teknologi

Dengan penyertaan modal dari modal ventura, perusahaan yang dulunya masih menggunakan teknologi lama bisa mengubahnya menggunakan teknologi baru sehingga dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.

  1. Membantu Likuiditas

Perusahaan yang sedang kekurangan likuiditas maka tidak bisa berkembang, namun akan terbantu dengan adanya modal venturan dan tidak perlu membayar beban bunga ataupun angsuran hutang. Keberadaan penambahan modal maka likuiditas perusahaan akan berkembang dan semakin meningkat.

  1. Mendirikan Perusahaan

Pelaku bisnis yang ingin mendirikan perusahaan baru tetapi mempunyai tingkat resiko yang tinggi membutuhkan modal dari investor sehingga dalam hal ini keberadaan dari perusahaan modal ventura akan sangat dibutuhkan.

Manfaat Modal Ventura

Manfaat Modal Ventura

  1. Meningkatkan Potensi Usaha

Perusahaan modal ventura yang meminjamkan dana kepada pelaku usaha tidak hanya berperan sebagai investor, tetapi juga berperan sebagai rekan bisnis. Investor modal ventura akan berperan sebagai rekan bisnis dalam masalah pengembangan ide, pengembangan produk, atau berbagai hal lain yang bisa membuat bisnis semakin berkembang. Maka dari itu, keterlibatan investorini akan membuat kegiatan serta potensi usaha semakin meningkat.

  1. Pemasaran Produk Secara Efisien

UMKM atau perusahaan kecil umumnya memiliki pemasaran yang masih belum maksimal karena keterbatasan dana.  Keberadaan investor akan membuat kredibilitas perusahaan semakin meningkat sehingga akan memberikan dampak kepada pemasaran produk secara lebih maksimal.

  1. Kepercayaan dari Bank

Sebuah perusahaan yang baru berdiri atau merintis akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari pihak bank dikarenakan manajemen perusahaan yang masih belum stabil. Bank nantinya tidak akan mengambil resiko jika perusahaan tidak mampu untuk membayar cicilan hutang.

Dengan adanya bantuan dari modal ventura, perusahaan ini bisa meningkatkan kredibilitasnya sehingga bank akan memberi kepercaay sepenuhnya pada perusahaan sebagai pihak yang memberikan modal.

  1. Rentabilitas Membaik

Selain membantu masalah dana, perusahaan modal ventura juga akan membantu dari sisi manajemen perusahaan. Dengan demikian maka perusahaan bisa menimalisir berbagai biaya sehingga mampu meningkatkan rentabilitas perusahaan.

Jenis Pembiayaan Modal Ventura

Jenis Pembiayaan Modal Ventura

  1. Equity Financing

Equity financing adalah jenis pembiayaan secara langsung dimana perusahaan modal ventura melakukan investasi pada perusahaan pasangan usaha serta mengambil sedikit saham yang dimiliki oleh perusahaan.

  1. Semi Equity Financing

Semi equity financing adalah jenis pembiayaan dengan cara membeli obligasi konversi yang dikeluarkan oleh perusahaan pasangan usaha.

  1. Membangun Bisnis Baru

Perusahaan modal ventura umumnya akan menjalin kerjasama dengan perusahaan pasangan usaha untuk mendirikan binis baru.

  1. Bagi Hasil

Bagi hasil adalah jenis pembiayaan yang membagi rata hasil keuntungan bisnis. Umumnya pembiayan ini berlaku untuk usaha kecil yang tidak mempunyai badan hukum.

Kelebihan Modal Ventura

Kelebihan Modal Ventura

Modal ventura memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

  • Jauh lebih mudah karena merupakan pembiayaan jangka waktu menengah dan pendek.
  • Sistem reypayment yang sangat fleksibel.
  • Solusi yang tepat bagi perusahaan yang baru berdiri atau merintis untuk memperoleh sumber pendanaan.
  • Mudah dalam memberikan bantuan kepada perusahaan pasangan bisnis dengan tujuan untuk bersama-sama dalam mengembangkan perusahaan.
  • Bisa memberikan ide, saran, dan masukan agar perusahaan semakin berkembang dan mengalami kemajuan.
  • Dapat menaikkan citra dan reputasi perusahaan pasangan binis.
  • Dapat membantu untuk memberikan partner baru untuk semakin memperluas jaringan usaha.
  • Dapat melindungi serta mengembangkan usaha kecil (UMKM).

Kekurangan Modal Ventura

Kelebihan Modal Ventura

Selain memberikan keuntungan, ternyata modal ventura juga tak luput dari kekurangan. Adapun kekurangan modal ventura adalah sebagai berikut:

  • Perusahaan modal ventura sangat selektif sehingga untuk mendapatkan modal sangat sulit sekali.
  • Sistem bagi hasil tentu nantinya akan membuat keuntungan perusahaan pasangan usaha menjadi berkurang. Maka dari itu, pembiayaan modal ventura dinilai sangat mahal.
  • Sistem manajemen yang dikendalikan oleh investor akan membuat usaha tidak bisa terkendali dan pemilik usaha hilang kepemilikan atas perusahaan.

Jenis-Jenis Perusahaan Modal Ventura

Selain membantu dalam kesiapan keuangan atau modal, perusahaan modal ventura juga mencangkup dalam perihal bantuan manajemen perusahaan. Inilah yang menjadi perbedaan dasar dengan beberapa lembaga keuangan lainnya yang akan memfasilitasi masalah jaminan pinjaman modal tanpa harus terlibat secara langsung dengan cara dan pengelolaan modal tersebut.

Mekanisme dari perusahaan ventura dibagi menjadi dua apabila di tinjau dari sisi cara pemberian modal atau bantuan keuangan tersebut, yakni :

Jenis-Jenis Perusahaan Modal Ventura

  • Single Tier Approach

Jenis perusahaan ventura ini berperan sebagai management company atau pengelola dana dan fund company atau penyedia dana. Dana yang akan mereka kelola adalah himpunan dari perusahaan dan individu yang termasuk bagian dari investor. Kemudian dana yang sudah terkumpul nantinya akan di tanamkan kepada suatu perusahaan yang memerlukannya sebagai modal pinjaman.

Pada umumnya perusahaan yang akan dipinjami dana oleh perusahaan ventura adalah perusahaan yang inovatif dan berkembang. Modal akan di tarik lagi oleh perusahaan modal ventura apabila perusahaan yang dipinjami dana tersebut sudah mandiri dan berkembang.

  • Two Tier Approach

Jenis perusahaan modal ventura Two Tier Approach ini terdiri dari 2 lembaga yang terpisah yakni management company atau pihak pengelola dan dan fund approach atau penyedia dana. Dalam perusahaan ventura jenis ini umumnya di mulai dengan pihak pengelola dana yang akan memberikan dana kepada perusahaan yang memerlukan.

Selanjutnya pihak dari perusahaan pengelola atau management company akan turut membantu untuk mengelola investasi dana yang sudah di berikan sebelumnya.

Sementara pembagian dari perusahaan modal ventura berdasarkan cara pendapatan modal dibagi menjadi dua jenis, yakni sebagai berikut :

  • Laverge Venture Capital

Ini adalah jenis perusahaan yang sumber modalnya berasal dari pinjaman. Modal atau dana biasanya berasal dari hutang ataupun pinjaman dari bank, perusahaan asuransi, investor perorangan dan juga dana pensiun.

  • Equity Venture Capital

Adalah perusahaan modal firma yang memperoleh sumber dana atau modal dari perusahaan itu sendiri. Pada umumnya sumber modal tersebut akan berasal dari lab yang tak di bagi, cadangan dan modal saham.

Sementara cara membayarkan penanaman modal atau modal perusahaan ventura dapat dilakukan dengan berbagai cara, yakni sebagai berikut :

  • Mengambil saham secara langsung yang di hasilkan oleh perusahaan yang merupakan mitra usaha atau yang telah dipinjami modal usaha.
  • Dengan adanya pembelian dari obligasi konversi yang umumnya akan di ubah menjadi penyertaan modal atau saham perserorang dalam jangka waktu yang sudah disepakati secara bersama.

Sementara pola bagi hasil yang umumnya di gunakan oleh perusahaan modal ventura adalah sebagai berikut :

  • Secara Revenue Sharing atau berdasarkan bagi hasil yang di dasarkan atas perolehan pendapatan.
  • Secara Net Profit atau berdasarkan sistem bagi hasil yang didasarkan atas berbagai keuntungan bersih.
  • Bagi hasil dari sistem bagi hasil yang berdasarkan atas perjanjian bersama.

Baca juga: Contoh Perusahaan Merger

Sementara untuk contoh beberapa perusahaan modal ventura yang aktif di negara Indonesia adalah sebagai berikut :

Jenis-Jenis Perusahaan Modal Ventura

  • CyberAgent Venture : Adalah suatu perusahaan modal ventura yang berasal dari negara Jepang dan sudah mulai berkembang serta melakukan investasi di Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta. CyberAgent Venture berasama dengan east ventures menjadi perusahaan modal ventura yang ikut berkontribusi terhadap tokopedia.
  • 500 Startups : Adalah jenis perusahaan modal ventura yang memiliki banyak prestasi yang telah di akui di dunia. Perusahaan modal ventura ini sudah sangat terkenal dan umumnya sering di gunakan karena pendirinya adalah orang-orang ternama seperti staff facebook, paypal dan google. 500 startups ini sudah didirikan dan berkembang di Indonesia pada tahun 2013 dan menjadi investor di Bukalapak.
  • East Ventures : Jenis perusahaan modal ventura ini berdiri pada tahuan 2010. Ini adalah perusahaan modal ventura pertama yang berada di Indonesia. Dibandingkan dengan beberapa perusahaan-perusahaan multinasional di Indonesia yang masih ragu untuk melakukan investasi di Indonesia.
  • IMJ : Salah satu perusahaan modal ventura yang biasanya memberikan beberapa produk yang berupa bantuan kepada startup ialah IMJ. Perusahaan modal ventura yang satu ini juga memberikan bantuan dalam bidang jasa akses internet, relasi pengembangan usaha dan pengembangan produk.
  • Fenox Venture Capital : Ini merupakan jenis perusahaan modal ventura yang sangat terkenal di kalangannya. Jika anda menjadi calon partner mereka maka anda akan terhubung dengan perusahaan yang berada di Jepang dan silicon valley. Ini tentunya akan sangat membantu pertumbuhan dari perusahaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *