Contoh Perusahaan Modal Ventura

Posted on

Perusahaan modal ventura adalah – sebuah lembaga yang memiliki peran dalam bidang keuangan tetapi tidak termasuk kedalam jenis bank yang sanggup untuk melakukan investasi yang beresiko. Ada beberapa perusahaan perseorangan yang termasuk dalam mendirikan perusahaan modal ventura.



Perusahaan ini biasanya di dirikan karena memiliki tujuan dan maksud yang tertentu sesuai dengan beberapa pertimbangan yang bersangkutan dengan lembaga yang beresiko berdasarkan atas penanaman modal.

Contoh Perusahaan Modal Ventura

 

Walaupun perusahaan modal ventura akan menanggung resiko yang sangat tinggi saat melaksanakan penanaman modal dan berinvestasi, tetapi pihak perusahaan pastinya sudah mempertimbangkan dan berharap memperoleh keuntungan yang tinggi dari berbagai penanaman dan penyertaan dari modal yang sudah mereka sediakan yaitu berupa deviden dan capital gain. Investee company dan PPU atau perusahaan pasangan usaha adalah jenis perusahaan yang sumber keuangan perusahaannya berasal dari modal perusahaan ventura.

Jenis dari aktivitas yang dijalankan oleh bank dan perusahaan modal ventura menjadi pembeda antara keduanya. Perusahaan modal ventura adalah suatu badan usaha yang memberikan pendanaan ataupun modal untuk perusahaan lain dan selalu ikut campur serta mempunyai peranan dalam perikonomian perusahaan yang di berikan modal atau yang di biayainya. Sementara bank hanya akan memberikan pembiayaan yang berupa pinjaman modal dan tidak akan ikut campur dalam berbagai proses dan juga kegiatan yang di lakukan di perusahaan yang di berikan modal atau yang dibiayai.

Contoh Perusahaan Modal Ventura



Inilah yang membuat perusahaan modal ventura mempunyai bebagai karakteristik dan ciri khas yang sangat berbeda dengan berbagai jenis badan usaha dan lembaga keuangan selain bank. Adapun karakteristik dan ciri-ciri dari perusahaan modal ventura adalah sebagai berikut :

  • Kegiatan yang di ikut sertakan oleh modal ventura mempunyai sifat yang akan memberikan dampak secara langsung pada perusahaan
  • Bisnis yang di biayai dan di masuki merupakan suatu bisnis besar yang memiliki resiko tinggi
  • Umumnya waktu yang di pakai yaitu 3 tahun keatas apabila permodalan perusahaan bersifat pembiayaan jangka panjang
  • Kegiatan modal ventura umumnya berpusat pada pengembangan suatu usaha dan dalam membentuk suatu usaha yang baru
  • Keuntungan perusahaan ventura umumnya akan di dapat dari bagi hasil, capital gain dan deviden yang hasilnya diperoleh dari penanaman modal yang di perlukan

Baca juga: Perusahaan Multinasional Di Indonesia

Dasar Hukum Perusahaan Modal Ventura

Dasar Hukum Perusahaan Modal Ventura

Perusahaan modal ventura sudah pasti memiliki dasar hukum yang jelas dan legal. Modal ventura sendiri sudah dibahas dalam KEPRES NO.61 Tahun 1998 tentang Lembaga Pembiayaan, dan juga tentang Ketentuan dan Prosedur pelaksanaan Lembaga Pembiayaan.

Kedua ketentuan ini merupakan awal mula terciptanya dasar hukum modal ventura yang ada di Indonesia. Disamping itu, modal ventura juga sudah dibahas dalam peraturan perundang-undangan yang bersifat perdata ataupun publik.

Tujuan Penyertaan Modal Ventura

Pembiayaan modal ventura selain memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah tinggi dengan resiko yang tinggi, juga memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:

Tujuan Penyertaan Modal Ventura



  1. Pengembangan Proyek

Seperti misalnya pengembangan proyek penelitian. Hasil yang diinginkan tidak hanya keuntungan saja, tetapi juga berupa ilmu pengetahuan.

  1. Pengembangan Teknologi Baru

Pembiayaan usaha teknologi yang baru ini sudah pasti menghasilkan keuntungan dalam jangka waktu menengah dan panjang.

  1. Pengambilalihan Perusahaan

Memiliki tujuan untuk mengambil alih kepemiliki perusahaan lain sehingga bisa diarahkan untuk mendapatkan keuntungan lebih.

  1. Kemitraan

Kemitraan dalam hal ini dijalankan untuk membantu mengatasi kemiskinan, yakni dengan cara membantu para wirausahawan yang memiliki modal kurang dan tidak mempunyai jaminan material sehingga akan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dari bank.

Dengan menyertakan modal dari modal ventura bisa membantu  untuk  mengatasi kesulitan keuangan dalam pendirian sebuah usaha.

  1. Ahli Teknologi

Dengan penyertaan modal dari modal ventura, perusahaan yang dulunya masih menggunakan teknologi lama bisa mengubahnya menggunakan teknologi baru sehingga dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.

  1. Membantu Likuiditas

Perusahaan yang sedang kekurangan likuiditas maka tidak bisa berkembang, namun akan terbantu dengan adanya modal venturan dan tidak perlu membayar beban bunga ataupun angsuran hutang. Keberadaan penambahan modal maka likuiditas perusahaan akan berkembang dan semakin meningkat.

  1. Mendirikan Perusahaan

Pelaku bisnis yang ingin mendirikan perusahaan baru tetapi mempunyai tingkat resiko yang tinggi membutuhkan modal dari investor sehingga dalam hal ini keberadaan dari perusahaan modal ventura akan sangat dibutuhkan.

Manfaat Modal Ventura

Manfaat Modal Ventura

  1. Meningkatkan Potensi Usaha

Perusahaan modal ventura yang meminjamkan dana kepada pelaku usaha tidak hanya berperan sebagai investor, tetapi juga berperan sebagai rekan bisnis. Investor modal ventura akan berperan sebagai rekan bisnis dalam masalah pengembangan ide, pengembangan produk, atau berbagai hal lain yang bisa membuat bisnis semakin berkembang. Maka dari itu, keterlibatan investorini akan membuat kegiatan serta potensi usaha semakin meningkat.

  1. Pemasaran Produk Secara Efisien

UMKM atau perusahaan kecil umumnya memiliki pemasaran yang masih belum maksimal karena keterbatasan dana.  Keberadaan investor akan membuat kredibilitas perusahaan semakin meningkat sehingga akan memberikan dampak kepada pemasaran produk secara lebih maksimal.

  1. Kepercayaan dari Bank

Sebuah perusahaan yang baru berdiri atau merintis akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari pihak bank dikarenakan manajemen perusahaan yang masih belum stabil. Bank nantinya tidak akan mengambil resiko jika perusahaan tidak mampu untuk membayar cicilan hutang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *