Contoh Perusahaan Yang Melakukan Merger

Posted on

Contoh Perusahaan Merger – Mungkin anda pernah mendengar atau mengetahui adanya beberapa perusahaan yang bergabung dan membentuk sebuah perusahaan baru. Jika iya maka hal seperti ini dinamakan dengan Merger.



Pengertian dari merger sendiri adalah penggabungan antara dua perusahaan atau lebih menjadi suatu kesatuan. Seperti adanya perusahaan kecil, menengah dan besar yang ada di Indonesia ada pula beberapa perusahaan yang melakukan sebuah kerja sama dengan cara penggabungan dengan berbagai alasan dan keperluan tertentu.

Contoh Perusahaan Yang Melakukan Merger

Merger juga dapat diartikan sebagai penggabungan atau menyatukan 2 atau lebih  perusahaan dimana satu diantaranya tetap berdiri secara utuh lengkap dan tetap dengan nama perseroannya sementara perseroan yang lainnya di hilangkan atau dapat dikatakan perseroan yang namanya lengkap akan menjadi bagian dari perseroan yang utuh.

Baca juga: Perusahaan Multinasional Yang Ada Di Indonesia

Proses Dalam Merger

Proses Dalam Merger

 

Saat melakukan merger maka perusahaan akan melakukan beberapa tahapan dalam prosesnya. Secara umum, tahapan dalam melakukan merger perusahaan adalah sebagai berikut:



  1. Menetapkan tujuan
  2. Mengindetifikasi perusahaan target yang potensial merger atau yang ingin diakuisisi.
  3. Melakukan seleksi pada calon target perusahaan merger.
  4. Melakukan kontak secara langsung dengan manajemen perusahaan target dan juga mengumpulkan berbagai informasi.
  5. Mencari informasi yang dibutuhkan, khususnya yang berhubungan dengan kondisi keuangan dari perusahaan target, dalam periode 5 tahun terakhir serta mengetahui komitmen yang nantinya akan dilakukan oleh perusahaan target.
  6. Menetapkan harga penawaran pada perusahaan target merger beserta cara pembiayaannya.
  7. Mencari alternatif sumber pembiayaan.
  8. Melakukan uji kelayakan atau due diligency pada perusahaan target merger tersebut.
  9. Melakukan persiapan serta mendatangani kontrak merger.
  10. Jika sudah maka merger bisa langsung dilaksanakan.

Jenis Perusahaan Merger

Jenis Perusahaan Merger

Perusahaan merger memiliki 5 macam jenis, berikut ini adalah jenis-jenis perusahaan merger yang perlu diketahui:

  1. Merger Hoizontal : Ini merupakan usaha merger atau penggabungan 2 perusahaan atau lebih yang mempunyai dan bergerak di bidang usaha yang sama. Seperti misalnya perusahaan roti yang memiliki brand berbeda bergabung bersama.
  2. Merger Vartikal : Ini merupakan proses merger atau penggabungan perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha yang masih menjalin hubungan dan ketergantungan. Misalnya, perusahaan tepung yang jadi satu dengan perusahaan roti atau perusahaan mobil yang gabun dengan perusahaan ban.
  3. Konglomerat : Konglomerat ini merupakan jenis kerja sama antara dua atau lebih perusahaan yang bergerak di bidang yang berbeda atau hampir tidak ada kaitannya sama sekali. Seperti misalnya, merger (gabungan) antara perusahaan kain dengan perusahaan mobil atau perusahaan elektronik dengan perusahaan ban. Biasanya, perusahaan merger jenis konglomerat ini dapat dibentuk berdasarkan keinginan untuk mempercepat atau mendapatkan hasil yan lebih aik, optimal, salin menukar saham serta memiliki kerja sama yang tentunya intens. Hal tersebut jua merupakan salah satu dampak dari kekuranan dan kelebihan pasar persaingan yang tidak sempurna. `
  4. Merger Perluasan Pasar : Merger perluasan pasar umumnya dilakukan oleh dua perusahaan yang menjual produk atau jasa yang sama, namun keduanya beroperasi di pasar yang berbeda. Dengan demikian perusahaan baru yang terbentuk akan memiliki akses ke pasar yang lebih besar dan bisa mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.
  5. Merger Perluasan Produk : Merger untuk memperluas produk merupakan jenis merger yang dilakukan oleh dua perusahaan penjual produk atau jasa yang saling berhubungan dan umumnya beroperasi di sebuah pasar yang sama. Penting untuk diketahui bahwa merger ini memiliki produk yang berbeda tetapi berhubungan. Dengan demikian maka mereka bisa memanfaatkan kanal distribusi, proses produksi, atau rantai pasok yang sama dan saling berhubungan.

Sementara alasan dari penggabungan atau terciptanya perusahaan merger sendiri adalah sebagai berikut :

Proses Dalam Merger

  1. Diversifikasi Usaha

Hal ini merupakan tujuan dimana perusahaan-perusahaan tersebut berkeinginan untuk dapat menguasai serta memiliki kekuatan yang penuh untuk mendapatkan peluang tinggi di berbagai bidang usaha yang berbeda. Adanya peluang keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan usaha lain merupakan salah satu strategi dari perusahaan yang melakukan sistem diversifikasi usaha ini.

Perusahaan lain juga mempunyai kecenderungan sendiri yang dapat membantu ataupun mendongkrak pertumbuhan perusahaan yang memang jauh dari perencanaan serta yang diharapkan atau tidak sesuai dengan ekspetasi awal yang sebelumnya telah dibangun. Adanya diversifikasi usaha ini juga dapat membantu meminimalisir resiko yang mungkin akan terjadi.



  1. Investasi

Seperti faham yang banyak dianut oleh sebagian besar perusahaan multinasional di Indonesia, yaitu dengan menambah dan jua memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya. Maka, tujuan dari dibentuknya sebuah perusahaan merger ini ialah sebagai penambah pundi-pundi pendapatan dengan cara bersatu bersama perusahaan-perusahaan lain yang tentunya termasuk dalam jajaran perusahaan profitable.

  1. Memperluas Skala Perusahaan

Untuk dapat memperbesar atau memperluas sebuah skala perusahaan yang nantinya akan digabungkan maka kita perlu mengadakan atau mendirikan sebuah perusahaan merger. Sebab, sumber keuangan sebuah perusahaan dapat bertambah apabila skalanya telah diperbesar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *