Program Kerja Kepala Sekolah

Program Kerja Kepala Sekolah – Sekolah merupakan tempat bagi anak-anak untuk menimba ilmu. Akan tetapi sekolah tidak hanya membutuhkan tenaga pengajar saja. Ada bagian-bagian lain yang tak kalah penting supaya sekolah bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar sebagaimana mestinya.

Untuk itu dalam manajemen sekolah seorang pemimpin atau biasa disebut kepala sekolah harus memiliki perencanaan yang baik dan terperinci. Mungkin hal ini terdengar tidak mudah. Akan tetapi kepala sekolah bisa melakukannya dengan menyusun program kerja kepala sekolah.

Karena banyak yang membutuhkan informasi mengenai program kerja kepala sekolah SD, SMP, SMA ataupun SMK, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya lebih mendalam. Kepala sekolah dalam berbagai tingkatan mempunyai peran yang secara garis besar sama. Oleh karenanya program kerja tidak hanya berlaku untuk kepala sekolah SD saja, namun juga SMP, SMA dan SMK.

 

Saat ini ada banyak sekali contoh program kerja sekolah kepala sekolah yang bisa kita dapat. Baik dari hard copy ataupun soft file yang bisa kita cari di internet. Di internet Anda bisa mendapatkan program kerja kepala sekolah SMP 2018 atau 2019, program kerja kepala sekolah SMK hingga program kerja kepala sekolah SMA atau MA.

Umumnya program kerja ini disediakan dalam format .doc atau docx. Anda bisa membuka atau mengeditnya dengan aplikasi pengedit tulisan. Seperti WPS Office atau Microsoft Word yang sangat familiar di Indonesia. Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan saja. Misalnya jika ingin mencari program kerja kepala sekolah SMP, maka Anda tinggal mencari program kerja khusus untuk kepala sekolah SMP.

Baca juga : Contoh Program Kerja Perpustakaan

Sebenarnya apa saja yang termuat di dalam suatu program kerja? Isi di dalam program kerja kepala sekolah bisa berbeda-beda. Akan tetapi secara garis besar sebenarnya saja saja. Di dalamnya terdapat program sekolah di bidang:

  • Kurikulum pembelajaran
  • Administrasi dan manajemen
  • Organisasi ke-lembaga-an
  • Sarana dan prasarana
  • Ketenagaan
  • Pembiayaan/pendanaan
  • Peserta didik
  • Peran serta masyarakat
  • Lingkungan dan budaya sekolah

Penjelasan Masing Masing Program Kepala Sekolah

Kami akan jelaskan secara singkat dari beberapa poin di atas. Misalnya untuk bidang kurikulum, kepala sekolah bertugas menyusun langkah bagaimana cara meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar. Meningkatkan kegiatan supervisi kelas baik secara kualitas ataupun kuantitas.

Sedangkan untuk bidang kepegawaian, berisi strategi meningkatkan profesional, disiplin dan komitmen yang tinggi serta tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan tugasnya masing-masing. Bidang keuangan membahas mengenai meningkatkan kelancaran pengelolaan keuangan yang membuat pendistribusiannya bisa memperlancar kegiatan pendidikan di sekolah.

Bidang sarana dan prasarana fungsinya untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana yang menunjang terhadap lancarnya kegiatan belajar mengajar dan kegiatan pendidikan lainnya.

Bidang ketatausahaan mencakup cara meningkatkan pelayanan terhadap stakeholder dan pendokumentasian kegiatan pendidikan lewat peningkatan kegiatan pengadministrasian. Dan bidang kemuridan membahas peningkatan pelayanan pendidikan terhadap siswa, orangtua siswa maupun masyarakat sekitar.

Lebih lanjut, program kerja kepala sekolah disusun sebagai penyesuaian dari petunjuk administrasi sekolah. Program kerja ini juga dipakai sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan operasional di sekolah, sehingga akan mempermudah kerja Kepala Sekolah. Penyusunan program kerja kepala sekolah melibatkan unsur yang terkait. Di antaranya Kepala Sekolah, Guru, Penjaga dan Pengurus Komite Sekolah, yang sebelumnya telah diuji kelayakannya.

Perlu diketahui, program kerja ini mencakup beberapa program. Antara lain Program Pengembangan Sekolah, Program Umum Sekolah, Program Khusus Sekolah, Program Peningkatan Mutu.

Untuk program pengembangan sekolah sendiri bisa dibagi menjadi beberapa program. Seperti Program Jangka Panjang (8 tahun), Program Jangka Menengah (4 tahun), Program Jangka Pendek (1 tahun). Sedangkan Program Umum Sekolah meliputi Kepala Sekolah, Guru, Tata Usaha, Petugas Perpustakaan, Penjaga.

Yang terakhir, Program Peningkatan Mutu mencakup Sumber Daya Manusia (SDM), Program Pengajaran (Kurikulum), Model Pembelajaran, Sistem Evaluasi Administrasi, Program Kegiatan Bidang Akademik, Program Bidang Sarana Prasarana, Laboratorium, Program Perpustakaan, Program Kegiatan UKS, Program Peningkatan Kegiatan Rohani, Program Hubungan Kemasyarakatan.

Baca juga : Contoh SK Bendahara BOS

Contoh Program Kerja Kepala Sekolah

Anda tidak perlu bingung mencari contoh program kerja kepala sekolah. Karena kami telah memiliki beberapa contoh yang bisa Anda jadikan acuan. Berikut ini ada beberapa file yang berisi program kerja kepala sekolah. Baik kepala sekolah SD, SMP, SMA ataupun Madrasah Aliyah. Anda bisa download program kerja kepala sekolah di bawah ini secara cuma-cuma.

 

 

No Nama File Download File
1. BAB I Download
2. BAB II Download
3. BAB III Download
4. BAB IV Download
5. BAB V Download
6. BAB VI Download

Perlu dicatat, dalam membuat program kerja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Umumnya format penulisan program kerja bisa berbeda-beda. Sehingga Anda perlu menyesuaikannya dengan yang berlaku di sekolah tempat bekerja. Ada beberapa poin yang mungkin berbeda. Anda tinggal menyesuaikannya saja mana yang lebih cocok.

Supaya bisa memahami lebih baik, Anda bisa mencari beberapa contoh program kerja kepala sekolah sekaligus. Sehingga Anda mendapat referensi yang lebih beragam, tidak hanya dari satu sumber saja. Semoga referensi program kerja kepala sekolah di atas bisa membantu Anda.

Leave a Comment