Program Kerja OSIS


Program Kerja OSIS – Dalam sekolah, terutama SMP dan SMA/MA/SMK kita mengenal banyak sekali organisasi atau ekstrakurikuler. Salah satu organisasi yang terkenal adalah OSIS. Tentunya organisasi OSIS ini ada di setiap sekolah. OSIS merupakan kependekan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah.

OSIS mempunyai peran penting dalam lingkup sekolah. OSIS menjadi organisasi sekolah yang menjadi wadah bagi para siswa untuk mengembangkan diri dan kreativitas diri yang ada dalam dirinya. TIdak hanya itu, OSIS juga mempunyai keunggulan lain.

Organisasi ini juga memfasilitasi para siswa untuk bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing yang sesuai dengan kepentingan sekolah dan siswa. OSIS juga menjadi kegiatan positif bagi siswa di sekolah. Sehingga mereka bisa menyalurkan kegiatan positif dan mencegah hal-hal negatif yang rentan menjangkiti anak-anak sekolah.

Seperti yang disinggung di atas, OSIS juga memiliki tujuan untuk memaksimalkan potensi yang ada dalam diri para siswa. Sehingga siswa memiliki kesempatan untuk meraih prestasi yang membanggakan diri mereka, orangtua ataupun sekolah. Untuk itu OSIS juga bisa membuat siswa lebih percaya diri dalam segala hal.

Baca juga : Program Kerja Pramuka

Supaya semua tujuan di atas tercapai, OSIS perlu mengadakan kegiatan-kegiatan positif di dalam ataupun luar sekolah. Untuk memudahkan para anggota OSIS, maka perlu disusun sebuah program kerja. Perlu dicatat, program kerja OSIS ini disesuaikan dengan jabatan pengurus OSIS yang terlibat.

Setiap bagian pengurus OSIS mempunyai program kerja yang berbeda-beda. Bukan tanpa sebab, alasannya masing-masing pengurus berada di bidang yang tak sama. Dan masing-masing bidang memiliki program yang tidak sama. Maka dari itu program kerja perlu disesuaikan dengan lingkup kerja masing-masing pengurus.

Di bawah ini kami akan menyajikan beberapa contoh program kerja OSIS, baik program kerja OSIS SMP, program kerja OSIS SMA ataupun program kerja OSIS SMK. Masing-masing program kerja ini bisa menjadi inspirasi untuk pembaca yang berniat membuat program kerja pembina OSIS.

Terlebih dahulu kami akan memberikan gambaran program kerja OSIS beserta kegiatan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Sehingga Anda bisa mendapatkan inspirasi dan bisa dikembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Program Kerja OSIS Berdasarkan Bidangnya

Program Kerja OSIS Bidang Keagamaan

  • Membentuk ekstrakurikuler keagamaan untuk setiap agama yang ada di sekolah.
  • Mengadakan acara peringatan untuk hari raya berbagai agama. Misalnya Natal, Idul Fitri, Idul Adha, dan lain sebagainya.
  • Mengadakan kajian rutin untuk masing-masing agama yang ada di sekolah.
  • Membersihkan tempat ibadah yang ada di sekolah. Contohnya mengepel lantai mushola atau tempat ibadah lainnya.

Program Kerja OSIS Bidang Budi Pekerti

  • Menggalang dana saat terjadi musibah atau bencana di suatu daerah.
  • Melakukan bakti sosial yang diadakan berkala untuk anak yatim piatu, jompo, fakir miskin, dan orang yang membutuhkan.
  • Bekerjasama dengan guru terkait untuk melakukan razia barang terlarang guna menegakkan kedisiplinan siswa di sekolah.
  • Mengadakan sosialisasi mengenai budi pekerti untuk membentuk karakter siswa di sekolah.

Program Kerja OSIS Bidang Kenegaraan

  • Melakukan pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih setiap pagi dan sore di sekolah.
  • Melakukan perawatan bendera Merah Putih secara berkala.
  • Mempersiapkan upacara rutin ataupun upacara untuk peringatan besar seperti hari kemerdekaan.
  • Mengadakan perlombaan untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Program Kerja OSIS Bidang Kesenian

  • Mengadakan pentas seni sebagai ajang bagi siswa untuk menyalurkan bakat dan sebagai sarana promosi sekolah
  • Membersihkan ruang seni yang digunakan siswa dan perawatan alat-alat seni.
  • Mengadakan acara yang berkaitan dengan kesenian lalu menggunakan dana keuntungannya untuk disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan.

Program Kerja OSIS Bidang Kesehatan

  • Rutin melakukan kegiatan olahraga bersama. Misalnya senam, jalan sehat, bersepeda dan lain sebagainya.
  • Mengadakan pertandingan olahraga antar kelas, seperti pertandingan basket dan sepak bola untuk meningkatkan rasa kebersamaan sesama siswa sekolah.
  • Melakukan perawatan peralatan olahraga seperti membersihkan matras, bola, dan lain sebagainya.

Download Contoh Program Kerja OSIS

Setelah mengetahui gambaran program kerja OSIS, berikutnya kami akan membagikan file program kerja OSIS yang dapat pembaca unduh secara gratis. File ini berupa .doc dan juga ada yang berupa .pdf. Pembaca bisa menjadikannya acuan atau mengedit untuk keperluan pribadi.

Tips Mempromosikan Program Kerja OSIS

Setelah menyusun program kerja, tugas anggota OSIS selanjutnya adalah melakukan publikasi setiap event atau kegiatan yang akan dilakukan di sekolah. Hal ini terdengar sepele, tetapi kita perlu mengetahui cara mempromosikannya supaya informasi yang disampaikan jelas. Kita bisa memanfaatkan media website atau sosial media yang sering dipakai oleh anak-anak sekolah zaman sekarang.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin melakukan kegiatan yang tercantum dalam program kerja OSIS SMP, SMA ataupun SMK. Berikut adalah tips-tipsnya.

  • Buat kegiatan yang menarik dan libatkan semua siswa maupun guru supaya acara lebih meriah.
  • Jangan lupa lakukan dokumentasi, baik video, foto, maupun tulisan yang bagus.
  • Minta pendapat dan nasehat dari guru pembina OSIS supaya dapat masukan positif demi kelancaran kegiatan OSIS nantinya.

Itulah artikel mengenai program kerja OSIS yang bisa kami sampaikan. Ada banyak sekali contoh program kerja OSIS yang bisa kita dapatkan di internet.

Akan tetapi jika tidak ingin terlalu kerepotan, pembaca bisa meminta soft copy program kerja OSIS SMA atau program kerja pembina OSIS dari pengurus terdahulu. Semoga contoh program kerja OSIS di atas bisa bermanfaat untuk pembaca.

Leave a Comment