Program Kerja Pramuka


Program Kerja Pramuka – Setelah sebelumnya kami membahas mengenai program kerja kepala sekolah, kini kami akan memberikan informasi mengenai program kerja Pramuka. Kami akan membahasnya secara menyeluruh, baik program kerja Pramuka penegak, program kerja Pramuka penggalang, program kerja Pramuka siaga, program kerja Pramuka SD hingga program kerja Pramuka Penegak SMK.

Penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara membuat program kerja Pramuka. Terutama jika pembaca berkecimpung di dunia Pramuka. Baik sebagai anggota ataupun pembina Pramuka. Ada banyak cara untuk mengetahui bagaimana membuat program kerja Pramuka. Salah satunya adalah melihat contoh program kerja Pramuka.

Di era modern seperti sekarang ini informasi semacam itu bisa kita dapatkan secara cuma-cuma di internet. Dengan kemudahan tersebut kami juga akan memberikan informasi mengenai program kerja Pramuka. Akan tetapi terlebih dahulu kita bahas mengenai apa itu Pramuka.

Baca juga : Program Kerja OSIS

Definisi Pramuka

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Gerakan Pramuka adalah gerakan kepanduan yang dilaksanakan di sekolah. Mulai dari tingkat dasar hingga tingkat atas. Gerakan Pramuka dilaksanakan penuh dengan kegembiraan yang erat kaitannya dengan gerakan sosial kemasyarakatan dan berbaur dengan alam. Sehingga gerakan Pramuka sudah menjadi gerakan kepanduan di seluruh dunia.

Karena merupakan gerakan kepanduan, gerakan Pramuka diharapkan bisa memberikan peran penting dalam pembentukan karakter dan mental siswa. Bentuk karakter siswa dapat dibuktikan lewat akhlak mulia, tolong-menolong, mandiri, kreatif, inovatif, patriot, serta lebih mencintai agama, bangsa dan negaranya.

Agar cita-cita di atas terwujud, maka perlu disusun program kerja Pramuka atau program kerja gugus depan di setiap sekolah. Fungsinya sebagai rambu-rambu pelaksanaan kegiatan kepanduan di sekolah supaya lebih terarah, sistematis dan tercapai tujuan gerakan Pramuka dengan maksimal.

Dasar Hukum Kegiatan Pramuka

Kegiatan Pramuka sudah memiliki beberapa dasar hukum. Berikut adalah dasar hukum Pramuka di Indonesia.

  • Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2015 tentang Gerakan Pramuka
  • Keputusan Munas No. 11/Munas/2013 Tahun 2013 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
  • SK Gerakan Pramuka No. 220 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pokok-pokok Organisasi Gerakan Pramuka
  • Surat Keputusan (SK) Gerakan Pramuka No. 231 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugesdepan Gerakan Pramuka
  • Surat Keputusan Gerakan Pramuka No. 202 Tahun 2011 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Sistem Pendidikan dan Latihan Gerakan Pramuka

Tidak hanya itu, Pramuka juga menjadi ekstrakurikuler wajib dalam Kurikulum 2013. Ekstrakurikuler ini wajib untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/Madrasah Aliyah dan SMK. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kegiatan Pramuka dilaksanakan untuk menginternalisasikan nilai Ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, cinta alam dan mandiri. Dengan gerakan ini, nilai-nilai dalam sikap dan keterampilan sebagai muatan kurikulum 2013 bisa bersinergi lebih kompak dan serasi. Itulah kenapa gerakan Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah.

Tingkatan Pramuka

Dalam Pramuka kita mengetahui ada beberapa tingkatan kepanduan. Ada 4 tingkatan kepanduan Pramuka, yakni pramuka siaga, pramuka penggalang, pramuka penegak dan pramuka pandega. Pramuka Siaga merupakan tingkatan kepanduan untuk usia 7-10 tahun.

Sedangkan Pramuka Penggalang untuk usia 11-15 tahun. Pramuka Penegak untuk usia 16-20 tahun dan Pramuka Pandega untuk usia 21-25 tahun.

Isi Program Kerja Pramuka

Program kerja Pramuka satu dengan yang lainnya biasanya tidak sama. Sebab di dalamnya ada program-program yang berbeda-beda atau tidak sama antara Kegiatan Pramuka satu dengan lainnya. Akan tetapi isi dari program kerja Pramuka secara garis besar tetap sama.

Pada bab 1 berisi pendahuluan. Dilanjutkan bab 2 tentang program kerja gugus depan, lalu bab 3 organisasi, bab 4 RAB program Pramuka dan bab 5 menjadi penutup. Berikut adalah contoh daftar isi program kerja Pramuka.

Daftar Isi:

 

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar Belakang
  • Dasar Hukum Pramuka
  • Tujuan Kegiatan Pramuka
  • Sasaran

 

BAB II PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN

  • Program Umum
  • Penjabaran Program dalam Semester
  • Penjabaran Masing-masing Program
  • Kompetnsi Dasar/Materi Kegiatan Pramuka

 

BAB III ORGANISASI

  • Susunan Majelis Gugus Depan
  • Susunan Pengurus Dewan Penggalang
  • Dewan Kehormatan Penggalang

Baca juga : Program Kerja UKS

BAB IV RAB PROGRAM PRAMUKA

BAB V PENUTUP

Contoh Program Kerja Pramuka

Perlu diketahui, program kerja Pramuka berisi perencanaan yang dibuat dalam rangka memperjelas setiap kegiatan yang akan dilaksanakan sekurang-kurangnya untuk satu tahun ke depan. Bisa dikatakan bahwa program kerja Pramuka berlaku untuk 1 periode kepengurusan atau 1 tahun (program jangka pendek).

Program kerja Pramuka bisa ditulis dalam format yang beragam. Kita tinggal menyesuaikannya dengan format penulisan yang dipakai dalam organisasi. Berikut akan kami berikan beberapa contoh program kerja pramuka. Anda bisa download contoh program kerja Pramuka secara gratis lewat tautan atau link yang kami berikan di bawah.

Download Contoh Program Kerja Pramuka SMP / MTS

Download Program Kerja Pramuka 2019

Download Contoh Program Kerja Ekstrakurikuler Pramuka

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai program kerja Pramuka. Pembaca bisa memanfaatkan contoh-contoh di atas untuk menyusun sendiri program kerja pramuka sesuai dengan tingkatan dan kebutuhan. Baik program kerja Pramuka penegak, program kerja Pramuka Penggalang ataupun program kerja Pramuka SD.

Karena sudah berformat .doc kita bisa melakukan edit pada contoh program kerja Pramuka di atas. Jadi tidak perlu menulis ulang lagi. Semoga informasi contoh program kerja Pramuka di atas bisa bermanfaat untuk pembaca.

Leave a Comment