Contoh Proposal Workshop Kegiatan Guru

Posted on

Contoh Proposal Workshop Kegiatan Guru – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Proposal Workshop Kegiatan Guru. Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan penjelasan disertai dengan contoh – contoh proposal kegiatan guru yang dapat teman – teman lihat dengan mudah.



Dalam pengembangan kompetensi guru dalam dunia pendidikan, banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan, salah satunya adalah melalui kegiatan workshop. Workshop ini sendiri dapat dilaksanakan di dalam satuan instansi pendidikan atau di luar.

Untuk melakukan suatu kegiatan yang terprogram, guru biasanya membuat proposal kegiatan yang diajukan terkait dengan kegiatan yang akan diadakan atau dilaksanakan.

Baca juga: Contoh Proposal PTK PAUD

Baca juga: Contoh Proposal PTK SMA

Proposal Kegiatan Workshop

Proposal kegiatan adalah sebuah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja tertulis, yang dibuat sebelum diadakannya suatu acara dengan tujuan untuk mendapatkan izin atau mencari sponsor.

Proposal workshop kegiatan guru merupakan proposal yang dibuat guna mengajukan izin sebelum dilaksanakannya workshop kegiatan guru atau menggandeng sponsor untuk membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan workshop itu sendiri.

Durasi waktu dalam kegiatan workshop biasanya disesuaikan dengan jumlah jam yang ditargetkan atau jumlah jam yang dicapai.



Baca juga: Cara Tarik PTK Dapodik 2022

Fungsi dai Proposal Kegiatan Workshop

Dalam pembuatannya proposal kegiatan pasti memiliki fungsinya sendiri dalam mendukung terlaksananya sebuah acara atau kegiatan. Fungsi – fungsi proposal kegiatan antara lain:

  1. Mejadi bentuk pengajuan rencana kegiatan workshop untuk memenuhi proker atau program kerja guru
  2. Sebagai bentuk permohonan dana kepada pihak sponsor yang mensupport terlaksanya workshop kegiatan guru
  3. Menjadi data manajemen dalam mengadakan suatu acara atau kegiatan lainnya
  4. Menjadi panduan atau acuan resmi dalam melaksanakan teknis/ prosedur acara workshop kegiatan guru
  5. Menjadi panduan dalam penganggaran dana yang dibutuhkan untuk acara atau kegiatan

Baca juga: Jurnal Penilaian Sikap Spiritual Dan Sosial

Sistematika Penulisan Proposal Kegiatan

Pada penulisan proposal kegiatan tentu tidak bisa ditulis dengan asal – asalan, dikarenakan proposal kegiatan merupakan bentuk pengajuan izin yang mana jika ditulis dengan asal – asalan bisa jadi kegiatan yang diagendakan tidak medapatkan izin dari pihak yang bersangkutan.

Berikut komponen – komponen yang ada dalam proposal kegiatan:

  1. Judul Proposal

Dalam peulisan judul proposal atau nama kegiatan pada prinsipnya sama seperti menuliskan judul suatu tulisan, ditulis di bagian tengah dengan jelas.

  1. Latar Belakang Kegiatan

Latas belakang ini termasuk dalam penulisan pendahuluan pada proposal kegiatan. Latar belakang ini memuat latar belakang atau alasan diadakannya kegiatan yang ingin diajukan. Oleh karena itu, diharapkan dalam penyusunan propsal ini dapat diketahui pentingnya pelaksnaan kegiatan yang akan dilaksanakan.



  1. Tujuan Kegiatan

Penulisan tujuan kegiatan ini berfungsi untuk mengarahkan dan memfokuskan aktivitas yang akan dilaksanakan. Selain itu, tujuan kegiatan dapat dijadikan sebagai acuan atau tolak ukur keberhasilan dari kegiatan yang dilaksanakan.

Baca juga: Cara Verval PTK Kemdikbud

  1. Peserta Kegiatan

Peserta kegiatan diisi dengan lembaga, personil, organisasi, atau kelompok masyarakat tertentu yang akan menjadi bagian atau peserta yang mengikuti kegiatan.

  1. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Proposal kegiatan wajib mencantumkan rincian dari waktu serta tempat pelaksanaan kegiatan. Pada bagian waktu dan tempat pelaksanaan ini dituliskan secara detail bila perlu dilengkapi dengan pennaggung jawab setiap sesi acara.

  1. Ketentuan – ketentuan

Ketentuan – ketentuan ini merupakan berbagai hal yang mengatur pelaksanaan kegiatan. Dikarenakan proposal kegiatan akan dijadikan panduan atau pedoman resmi dalam melaksanakan acara atau kegiatan. Misalkan seperti himbauan, larangan, atau ketentuan yang harus diikuti oleh seluruh peserta.

  1. Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatan menjadi bagian penting yang harus dicantumkan dalam penulisan proposal. Jadwal kegiatan bisa digunakan oleh panitia dalam mempersiapkan acara, selain itu menjadi pengingat bagi peserta untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan yang diadakan.

  1. Susunan Kepanitiaan

Pada susunan kepanitiaan ini memuat susunan panitia yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan. Bagian kepanitiaan dituliskan dengan terstruktur mulai dari yang paling atas (penanggung jawab), panitia inti, hingga unsur – unsur pembantu acara lainnya.

  1. Rencana Anggaran

Dalam sebuah proposal tentunya harus mencantumkan rincian dari anggaran atau biaya penyeelnggaraan kegiatan. Anggaran sebaiknya diperhitungkan secara logis dan realistis, baik dalam pemasukan maupun pengeluaran. Anggaran dana atau biaya dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu persiapan, operasional, dan laporan. Selain itu anggaran dana dapat menjadi pertimbangan bagi calon donatur.

  1. Penutup

Bagian akhir dari sebuah proposal adalah bagian penutup. Pada bagian ini memuat semacam ‘rayuan’ atau permohonan terakhir penyusun proposal kepada pembaca atau pihak yang diajukan agar menerima pengajuan dari proposal kegiatan yang diajukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *