Contoh Proposal PTK PAUD

Posted on

  1. Kurangnya keterampilan bicara anak KB Al-Jauhariyyah Muslimat NU Kajen Margoyoso Pati.
  2. Sebagian besar peserta didik belum mampu mengembangkan keterampilan bicara dalam dirinya.
  3. Tenaga pendidik kurang mampu mengembangkan kegiatan bercerita yang lebih menarik anak dan memberikan kegiatan yang mampu meningkatkan perkembangan bicara anak

C. Pembatasan Masalah



Pembatasan masalah dalam penelitian ini dilakukan agar pembahasan tidak terlalu luas. Penelitian ini dibatasi pada permasalahan meningkatkan keterampilan bicara anak melalui bercerita (wayang beber tematik) di KB Al-Jauhariyyah Muslimat NU Kajen Margoyoso Pati melalui penelitian tindakan kelas.

D. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah tersebut di atas dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: bagaimana peningkatan keterampilan bicara anak melalui metode bercerita wayang beber tematik di KB Al-Jauhariyyah Muslimat NU Kajen Margoyoso Pati?

E. Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan bicara anak melalui metode bercerita menggunakan wayang beber tematik di KB Al-Jauhariyyah Muslimat NU Kajen Margoyoso Pati.

Baca juga : Contoh PTK SD Kelas IV

F. Manfaat Penelitian



Sesuai dengan tujuan penulisan maka manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah:

  1. Manfaat teoritis

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada lembaga-lembaga yang menangani pendidikan anak usia dini ataupun masyarakat umum yang membutuhkan informasi tentang perkembangan bicara anak, metode dan media yang tepat untuk meningkatkan keterampilan bicara anak usia 3-4 tahun .

  1. Manfaat praktis

Penelitian diharapkan dapat memberi manfaat bagi semua pihak baik guru, anak/siswa maupun lembaga PAUD, untuk lebih spesifik penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat :3

Bagi Guru PAUD

  • Dapat dijadikan bahan masukan dalam menerapkan kegiatan untuk meningkatkan keterampilan bicara pada anak.
  • Meningkatkan kompetensi guru sehingga pembelajaran lebih berkualitas.
  • Memotivasi guru dalam meningkatkan keterampilan bicara untuk menciptakan pembelajaran menarik, menyenangkan dan bermakna bagi anak

Bagi Anak /Siswa

  • Menciptakan suasana yang menyenangkan dalam kegiatan berbahasa, berkomunikasi.
  • Meningkatkan keterampilan bicara pada anak melalui kegiatan yang menyenangkan.

Bagi Lembaga PAUD



Hasil penelitian diharapkan menjadi sumbangan yang positif bagi seluruh lembaga PAUD pada umumnya dan bagi KB Al-Jauhariyyah Muslimat NU Kajen Margoyoso Pati khususnya dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran terutama meningkatkan keterampilan bicara anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.