Contoh PTK SD Kelas 1-6

Posted on

Contoh PTK SD Kelas 1-6 – Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu penelitian praktis yang dimaksudkan untuk dapat memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru dalam bentuk berbagai kegiatan  yang dilakukan untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.



Belakangan terakhir, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menjadi semakin trend untuk dilakukan oleh para profesional sebagai upaya untuk mengatasi masalah dan peningkatan mutu di berbagi bidang. Pada awal mulanya, PTK ditujukan untuk mencari sebuah solusi terhadap masalah sosial seperti pengangguran, kenalan remaja, dan lain sebagainya yang berkembang di masyarakat pada waktu itu.

PTK dilakukan dengan diawali oleh suatu kajian terhadap masalah yang dihadapi tersebut secara sistematis. Hal kajian ini kemudian akan dijadikan dasar untuk dapat mengatasi masalah tersebut.

Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan bagikan secara gratis Contoh PTK SD bagi bapak dan ibu guru yang sedang membutuhkannya untuk usul kenaikan pangkat dan juga bahan referensi dalam pembuatan PTK. Seperti yang telah kita ketahui bahwa laporan tindakan kelas ini dibuat karena memiliki banyak manfaat terutama untuk guru itu sendiri. Disamping itu, Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh guru mempunyai ciri khas tersendiri. PTK bukan untuk menguji sebuah hipotesa, namun sebagaimana lazimnya penelitian formal yang dilakukan oleh perorangan atau lembaga.

Baca juga : Contoh Proposal PTK SMA

Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Penelitian tindakan kelas memiliki manfaat yang cukup besar, baik  bagi guru, pembelajaran, ataupun bagi sekolah. Berikut ini kami akan sampaikan manfaat dari Penelitian Tindakan Kelas yang telah saya kutip dari sebuah buku Tindakan Kelas, IGK Wardani.



  1. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru

Manfaat Penelitian Tindakan Kels bagi guru memiliki beberapa manfaat sebagai berikut :

a) Penelitian Tindakan Kelas bisa dimanfaatkan oleh guru untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya

Bagaiamanapun juga sasaran akhir dari suatu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu adanya perbaikan pembelajaran. Perbaikan pembelajaran ini tentunya dapat menimbulkan rasa puas bagi guru, sebab ia sudah melakukan upaya untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dikelolanya. Selain itu, hasil dari PTK akan di sebar luaskan kepada teman sejawat, sehingga akan memacu rekan kerja lainnya untuk mencoba hasil tersebut dan mencoba untuk melakukan perbaikan pembelajaran di kelasnya.

Disamping itu, guru-guru yang telah membaca sebuah hasil PTK seakan-akan merasakan masalah yang dihadapinya Apabila masalah yang dihadapinya sama seperti dengan masalah yang diteliti melalui PTK, maka guru tersebut dapat memanfaatkan temuan PTK untuk memperbaikan pembelajaran yang dikelolanya, walaupun kondisi kelas yang dihadapinya cukup unik.

b) Dengan melakukan PTK guru dapat mengembangkan keprofesionalannya di dalam memperbaiki pembelajaran

Melalui PTK guru dapat berkembang secara profesional. Guru akan menemukan sendiri masalah yang dihadapi dalam pembelajaran di kelas. Lalu memperbaiki masalah yang di hadapi dalam pembelajaran tersebut melalui PTK.



Perkembangan kemampuan para guru pun akan diasah. Mulai dari kemampuan pemula, hingga menjadi ahli. Semua membutuhkan banyak proses yang harus dilalui oleh guru.

c) PTK membuat guru lebih percaya diri

PTK akan membuat guru berkembang sebagai insan yang profesioanal, maka dari itu sebagai konsekuensinya PTK juga dapat membuat guru menjadi insan yang lebih percaya diri. Seorang guru yang dapat menganalisis dan mengatasi kelemahannya adalah guru yang memiliki percaya diri. Apabila seorang guru dapat membuat PTK apalagi mampu mempublikasikannya, sungguh merupakan sesuatu yang patut untuk dibanggakan.

d) Melalui PTK, guru berkesempatan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sendiri.

PTK  merupakan suatu penelitian yang berawal dari masalah yang ditemukan sendiri oleh guru di dalam pembelajaran yang dia ampu. Lalu guru akan menganalisis masalah tersebut dan mencari solusi untuk dapat menyelesaikannya. Disinilah pengetahuan guru dan keterampilan yang dia miliki akan diasah dan juga dikembangkan. Dengan membaca beberapa sumber yang berkaitan dengan masalah yang dialaminya menjadikan pengetahuan guru akan semakin bertambah.

  1. Manfaat PTK Bagi Pembelajaran Siswa

Mengacu kepada karasteristik PTK sebagai penelitian yang memiliki tujuan untuk memperbaiki praktik pembelajaran dengan sasaran akhir adalah hasil belajar siswa diharapkan akan semakin meningkat. Namun sebaliknya, jika kesalahan dalam pembelajaran dibiarkan begitu saja maka hasil belajar siswa akan tetap sama dan bahkan cenderung menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *