Contoh RPPH PAUD Berbagai Tema Kurikulum 2013

Posted on

Contoh RPPH PAUD Berbagai Tema Kurikulum 2013 Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang contoh – contoh RPP harian PAUD dengan berbagai tema.



Dalam melaksanakan proses belajar mengajar, seorang guru harus memiliki perangkat mengajar terlebih ahulu. Perangkat mengajar ini disebut dengan RPP. Apa itu RPP?

RPP memiliki kepanjangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan sebuah komponen administrasi pembelajaran yang wajib dimiliki oleh seorang guru atau pendidik yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus.

Baca juga: RPPM BDR PAUD Semester 2 Terbaru 2022

RPP yang lebih rinci ditulis dalam bentuk RPPH atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. RPPH merupakan sebuah acuan atau pedoman untuk melaksanakan proses pembelajaran dan mengelola kegiatan belajar dalam satu hari.

Pada RPPH PAUD pembelajaran lebih diaktifkan dan difokuskan pada bermain sambil belajar.

RPPH ini disusun dan dilaksanakan oleh guru atau pendidik dan diterapkan di dalam kelas saat kegiatan mengajar. Format penulisan RPPH umumnya tidak harus baku, yang penting harus memuat komponen – komponen yang sudah ditetapkan sebelumnya.



Apa saja komponen – komponen yang harus ada di dalam RPPH pendidikan anak usia dini? Mari simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: RPPM BDR PAUD Semester 1 Terbaru 2022

Komponen – komponen yang Ada Pada RPPH PAUD

Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian pendidikan anak usia dini kurikulum 2013 memiliki komponen – komponen yang harus ada di dalamnya.

Komponen – komponen tersebut adalah identitas program , materi, alat dan bahan, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan juga rencana penilaian.

Berikut kami uraikan penjelasan dari setiap komponen :

(1) Identitas RPPH PAUD

Pada identitas program Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPPH) pada pendidikan anak usia dini (PAUD) ini memuat beberapa hal di dalamnya, antara lain:

  • Terdapat nama dari satuan PAUD yakni nama dari satuan pendidikan anak usia dini yang melakukan penyusunan RPP
  • Mencantumkan semester/ bulan/ minggu yang keberapa agar lebih spesifik waktu pelaksanaannya
  • Hari dan tanggal
  • Tema / Sub Tema / Sub – sub tema yang diambil dari tema / sub tema / sub – sub tema yang akan menjadi materi bermain
  • Sub tema yang disusun dalam program semester
  • Pengisian usia anak diisi dengan kelompok sasaran

Baca juga: Kode Registrasi Dapodik Paud, SD Dan SMP

(2) Materi RPPH

Pada materi rencana pelaksanaan pembelajaran anak usia dini ini berisikan materi yang akan diajarkan pada hari tersebut.



  • Materi yang digunakan untuk bahan materi bermain diambil dari materi yang telah dijabarkan di RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran HArian)
  • Materi yang diambil sejalan dengan materi yang dituliskan di atasnya (sesuai)
  • Materi yang digunakan dalam RPPH ini dibedakan menjadi 2, yaitu:
  1. Materi yang digunakan untuk pengembangan sikap yang dapat dituliskan di RPP lalu masuk ke SOP atau bisa langsung dimasukkan menjadi kegiatan yang selalu dilakukan (rutin) atau selalu diterapkan sehingga menjadi pembiasaan yang diulang – ulang setiap hari sepanjang tahun. Hal tersebut ditindak lanjuti dengan dimasukkan ke dalam SOP kegitan.
  2. Materi untuk pengembangan pengetahuan serta keterampilan dapat dikenalkan langsung sesuai yang ada di RPPH

(3) Alat dan Bahan

Alat dan bahan ini merupakan media atau alat yang berkaitan dengan materi dan kegiatan yang dilakukan pada hari tersebut. Bisa dikatakan juga sebagai pendukung proses kegiatan bermain sambil belajar pada hari itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.