Contoh Rumusan Masalah Makalah

Posted on

Contoh Rumusan Masalah Penelitian – Pada pembahasan sebelumnya kami sudah membahas tentang cara membuat latar belakang. Latar belakang merupakan alasan yang akan melandasi kita dalam memilih judul penelitian. Pada latar belakang kita memulai dengan menuliskan harapan, keadaaan yang ada, masalah, solusi dan juga landasan pemilihan solusi yang akan kita ajukan. Setelah itu kita akan menyimpulkan untuk memilih judul penelitian tersebut.



Pada latar belakang ada suatu masalah yang harus kita tuliskan. Lalu, apakah masalah itu?

Baca juga : Cara Membuat Latar Belakang

Pengertian Masalah

Masalah merupakan dadar dari sebuah penelitian. Pada umumnya penelitian akan selalu bermula dari masalah. Jadi sebuah penelitian disusun dengan tujuan untuk dapat menyelesaikan masalah.

Masalah adalah ketimpangan  antara kondisi yang telah diharapkan dengan kondisi yang ada. Maksudnya adalah terjadinya ketidak sesuaian antara apa yang telah kita harapkan dengan apa yang terjadi. Misalnya saja, jika kita merupakan seorang guru kita mempunyai sebuah keinginan atau harapan supawa siswa kita mempunyai nilai di atas KKM semua yaitu diatas nilai 80. Akan tetapi, yang terjadi justru sebaliknya karena banyak sekali siswa kita yang nilainya di bawah 80 atau dengan kata lain nilainya masih di bawah KKM. Kondisi seperti ini menunjukkan adanya masalah. Sebab, apa yang telah kita harapkan tidak sesuai dengan apa yang terjadi.

Masalah juga dapat diartikan sebagai kejadian yang dapat menimbulkan pertanyaan. Oleh karena itulah nanti kita akan membahas rumusan masalah, dan rumusan masalah yang bersumber dari adanya masalah.

Lebih lanjut masalah adalah area yang menjadi perhatian peneliti dalam melaksanakan suatu penelitian. Masalah merupakan fokus peneliti untuk dapat mengumpulkan data, kemudian menganalisis dan menyelesaikan masalah tersebut.



Sumber Masalah

Dari manakah kita dapat menemukan masalah? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh para peneliti muda. Mencari masalah bisa dibilang mudah-mudah sulit. Bisa dibilang mudah karena masalah itu ada di sekitar kita. Coba anda bayangkan setiap hari anda pasti mempunyai masalah bukan. Jadi masalah itu sudah ada disekitar kita. Meskipun demikian masalah juga cukup sulit untuk ditemukan, ini dikarenakan kita perlu menganalisis masalah yang bisa kita selesaikan dalam suatu penelitian.

Apabila dilihat dari segi pengamatan, maka ada 4 sumber masalah yang bisa kita temukan, diantaranya :

  1. Adanya penyimpangan antara pengalaman dan kenyataaan
  2. Adanya penyimpangan antara apa yang sudah direncanakan dengan kenyataan
  3. Adanya pengaduan
  4. Adanya kompetisi

Apabila masalah sudah ditemukan, tetapi nyatanya semua masalah belum tentu di katakan baik. Dalam sebuah penelitian ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa menemukan masalah yang baik. Hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan masalah adalah sebagai berikut :

  • Kepentingan, Artinya bahwa suatu masalah harus benar-benar masalah yang sangat penting sehingga dapat diangkat dalam penelitian. Dikatakan sangat penting karena jika masalah tidak segera diatasi maka dapat menimbulkan banyak kerugian atau dampak negatif.
  • Sumberdaya, Artinya masalah tersebut harus mempunyai sumber daya untuk dapat membantu pemecahan masalah tersebut.
  • Kemanfaatan, Artinya masalah tersebut merupakan sebuah masalah yang dapat memberikan manfaat jika diselesaikan.

Sementara itu, Sugiyono menyebutkan bahwa masalah dapat dikatakan baik jika :

  • Baru
  • Original
  • Signifikan
  • Feasible
  • Mempunyai nilai pasar
  • Benefitcial

Rumusan Masalah



Apakah yang dimaksud dengan rumusan masalah? Apakah rumusan masalah sama dengan masalah?

Jawabannya adalah Jelas berbeda. Rumusan masalah sangat berbeda dengan masalah masalah. Seperti yang kami jelaskan tadi bahwa masalah merupakan ketimpangan antara harapan dengan kondisi yang ada (kenyataan). Bentuknya adalah berupa kalimat pertanyaan. Sedangkan rumusan masalah adalah pertanyaan atau pertanyaan yang membutuhkan jawaban.

Meskipun keduanya tidak sama, tetapi masalah dan rumusan masalah mempunyai hubungan yang sangat erat. Hubungannya adalah rumusan masalah bersumber dari masalah.

Contoh : Jika pada suatu latar belakang dituliskan bahwa masalah dalam penelitian tersebut adalah rendahnya hasil belajar siswa. Maka rumusan masalah akan berbentuk “Seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan model TPS”

Dari sini sudah sangat jelas bahwa rumusan masalah bersumber dari masalah yang ingin dijawab dalam sebuah penelitian. Contoh rumusan masalah bentuknya adalah kalimat tanya dan merupakan langkah awal untuk memulai sebuah penelitian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *