Contoh Rundown Acara Di Banyak Event

Posted on

Contoh Rundown Acara – Bagi Anda yang suka berorganisasi atau menjadi panitian kegiatan apapun tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya rundown. Rundown acara dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan jenis-jenis atau susunan kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan durasi waktu dari setiap kegiatan.

Pengertian Rundown Acara



Kegiatan-kegiatan yang disusun secara sistematis dan runtut secara formal tersebut sudah pasti akan membutuhkan peran rundown acara untuk mengkoordinir masing-masing kegiatan. Sehingga dibutuhkan beberapa contoh rundown acara yang bisa disesuaikan dengan jenis kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan.

Berikut ini admin akan membahas tentang pengertian, fungsi, cara membuat, hingga contoh rundown yang dapat diterapkan dalam susunan kegiatan yang ingin dilaksanakan.

Pengertian Rundown Acara

pengertian rundown

Secara bahasa, rundown acara dapat diartikan sebagai susunan acara, yaitu dokumen yang mempunyai susunan secara runtut atau sistematis dari sebuah program. Dalam rundown acara ini terdapat susunan kegiatan yang akan dibatasi oleh durasi waktu tertentu.

Rundown acara dapat ditemukan dengan mudah di berbagai macam kegiatan yang melibatkan banyak orang, tetapi kegiatan tersebut biasanya bersifat formal. Disamping itu, yang berperan untuk membuat rundown acara adalah panitia penyusun acara. Rundown acara ini pada umumnya memiliki bentuk tabel.

Fungsi Rundown pada Event

Contoh Rundown Acara Di Banyak Event

Rundown acara dibuat dengan tujuan supaya pelaksanaan suatu acara bisa terstruktur dan lancar. Bahkan rundown acara juga memiliki fungsi untuk mengingatkan pembawa acara ataupun pengisi acara supaya kegiatan tidak melampui batas waktu yang telah ditetapkan. Beberapa fungsi rundown lainnya untuk event adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga acara supaya berjalan tepat waktu. Ini dikarenakan adanya batasan waktu yang diberikan pada pembawa acara dan pengisi acara.
  2. Supaya terhindar dari miskomunikasi. Apabila rundown acara disampaikan dengan jelas untuk tamu undangan atau peserta maka semua akan mengetahui kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan.
  3. Untuk mengetahui perkiraan waktu yang akan dialokasikan untuk kegiatan.
  4. Acara atau kegiatan akan berlangsung dengan rapi dan dapat menimalisir gangguan.

Rundown yang baik dapat menentukan keberhasilan sebuah acara. Jika rundown yang dibuat semakin detail, maka untuk mengatur suatu acara juga akan lebih mudah. Adapun event yang umumnya menggunakan rundown sangat beragam, yaitu seminar, talkshow, acara televisi, konser, pernikahan, peresmian sebuah tempat, dan lain sebagainya. Meskipun rundown telah disusun, tetapi rundown sebenarnya bersifat fleksibel dan kemungkinan besar masih bisa diubah.

Hal-Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Rundown Acara

Hal yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Membuat Rundown

Sebelum membuat rundown acara, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah waktu acara. Apabila pembicara pada sebuah acara hanya memiliki waktu selama satu jam, maka acara yang akan dilaksanakan tidak boleh melampui batas waktu tersebut. Disamping itu, tamu undangan diharapkan bisa hadir lebih awal untuk mengantisipasi keterlambatan. Jangan sampai ketika pengisi acara atau narasumber sudah hadir, atau bahkan acara sudah dimulai, namun tamu undangan masih belum datang di tempat.

Rundown acara juga bisa dilengkapi dengan keterangan properti yang harus disediakan. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan tempat supaya kondusif. Penanggung Jawab atau PJ masing-masing kegiatan juga harus dibagi dengan baik supaya tugas merata.

Rundown acara sebisa mungkin disebar pada semua panitia sehari sebelumnya supaya panitia-panitia tersebut paham akan tanggung jawab. Disamping itu, usahakan untuk selalu terbuka mengenai masukan yang diberikan untuk memperbaiki rundown acara.

Cara Membuat Rundown Acara

Cara Membuat Rundown Acara

Leave a Reply

Your email address will not be published.