Contoh Slip Gaji Guru Honorer, Paud, TK, Dll

Posted on

Slip Gaji Guru – Jika kebetulan Anda berkecimpung dalam dunia pendidikan, bekerja di sekolah sebagai karyawan atau staf Tata Usaha misalnya, maka Anda pastinya sudah familiar dengan slip gaji. Bisa dibilang slip gaji ini merupakan salah satu dokumen penting yang diterima oleh karyawan atau tenaga pendidik setiap menerima gaji.



Pada dasarnya format slip gaji antara pekerjaan satu dengan lainnya tidak berbeda jauh. Hanya saja komponen yang dimasukkan ke dalamnya yang bisa berbeda. Sebab disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, sekolah, instansi atau karyawan itu sendiri.

Meskipun terdengar mudah, tak jarang yang masih belum mengerti bagaimana cara membuat slip gaji untuk guru. Baik guru honorer, guru PAUD, TK dan lain sebagainya. Maka dari itu pada pembahasan kali ini kami akan mengupas lebih jauh seputar slip gaji khusus guru. Sebelum masuk ke contoh, kita bahas terlebih dahulu apa itu slip gaji.

Mengenal Slip Gaji

gaji guru

Slip gaji adalah bukti resmi atau otentik sebagai penerima gaji yang diperoleh dari pemberi kerja bagi pegawai. Dokumen tersebut terdiri dari sejumlah bagian tertentu yang terperinci. Antara lain gaji pokok, gaji bersih, penambah gaji, potongan dan pinjaman jika ada.

Umumnya slip gaji, baik karyawan swasta maupun pegawai pemerintahan diberikan bersamaan dengan penerimaan gaji. Periode umum penerimaan gaji di Indonesia adalah setiap satu bulan sekali pada akhir bulan (tanggal 25) atau awal bulan (tanggal 1).

Baca juga: Tunjangan Profesi Guru PNS dan Honorer

Manfaat Slip Gaji

Slip gaji dibuat untuk memberikan manfaat kepada suatu perusahaan ataupun karyawan. Bagi perusahaan atau instansi, manfaat slip gaji adalah sebagai berikut:



  1. Sebagai bukti resmi bahwa perusahaan tersebut sudah menunaikan kewajibannya pada karyawan yang bersangkutan dalam membayar sejumlah nominal tertentu yang memang menjadi hak para karyawan
  2. Sebagai dokumentasi serta pencatatan pengeluaran upah atau gaji sebagai bagian dari pengeluaran dana perusahaan.

Sedangkan manfaat slip gaji bagi karyawan adalah sebagai berikut:

  1. Bukti kejelasan dari proses penggajian pegawai
  2. Bukti sah dalam memberi informasi terkait potongan pajak serta penyetoran pajak penghasilan
  3. Rujukan untuk penyelenggara pembiayaan maupun pinjaman kredit sebagai dasar permohonan.

Peraturan tentang Slip Gaji

gaji guru honorer

Awalnya tidak ada peraturan yang mengatur tentang kewajiban untuk memberikan slip gaji kepada karyawan. Akan tetapi pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2005 tentang Pengupahan, disebutkan bahwa wajib bagi setiap pengusaha untuk memberikan bukti pembayaran upah, di mana di dalamnya memuat informasi mengenai upah yang diterima ketika upah dibayarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.