Contoh Slip Gaji Guru Honorer, Paud, TK, Dll


Slip Gaji Guru – Jika kebetulan Anda berkecimpung dalam dunia pendidikan, bekerja di sekolah sebagai karyawan atau staf Tata Usaha misalnya, maka Anda pastinya sudah familiar dengan slip gaji. Bisa dibilang slip gaji ini merupakan salah satu dokumen penting yang diterima oleh karyawan atau tenaga pendidik setiap menerima gaji.

Pada dasarnya format slip gaji antara pekerjaan satu dengan lainnya tidak berbeda jauh. Hanya saja komponen yang dimasukkan ke dalamnya yang bisa berbeda. Sebab disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, sekolah, instansi atau karyawan itu sendiri.

Meskipun terdengar mudah, tak jarang yang masih belum mengerti bagaimana cara membuat slip gaji untuk guru. Baik guru honorer, guru PAUD, TK dan lain sebagainya. Maka dari itu pada pembahasan kali ini kami akan mengupas lebih jauh seputar slip gaji khusus guru. Sebelum masuk ke contoh, kita bahas terlebih dahulu apa itu slip gaji.

Mengenal Slip Gaji

gaji guru

Slip gaji adalah bukti resmi atau otentik sebagai penerima gaji yang diperoleh dari pemberi kerja bagi pegawai. Dokumen tersebut terdiri dari sejumlah bagian tertentu yang terperinci. Antara lain gaji pokok, gaji bersih, penambah gaji, potongan dan pinjaman jika ada.

Umumnya slip gaji, baik karyawan swasta maupun pegawai pemerintahan diberikan bersamaan dengan penerimaan gaji. Periode umum penerimaan gaji di Indonesia adalah setiap satu bulan sekali pada akhir bulan (tanggal 25) atau awal bulan (tanggal 1).

Baca juga: Tunjangan Profesi Guru PNS dan Honorer

Manfaat Slip Gaji

Slip gaji dibuat untuk memberikan manfaat kepada suatu perusahaan ataupun karyawan. Bagi perusahaan atau instansi, manfaat slip gaji adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai bukti resmi bahwa perusahaan tersebut sudah menunaikan kewajibannya pada karyawan yang bersangkutan dalam membayar sejumlah nominal tertentu yang memang menjadi hak para karyawan
  2. Sebagai dokumentasi serta pencatatan pengeluaran upah atau gaji sebagai bagian dari pengeluaran dana perusahaan.

Sedangkan manfaat slip gaji bagi karyawan adalah sebagai berikut:

  1. Bukti kejelasan dari proses penggajian pegawai
  2. Bukti sah dalam memberi informasi terkait potongan pajak serta penyetoran pajak penghasilan
  3. Rujukan untuk penyelenggara pembiayaan maupun pinjaman kredit sebagai dasar permohonan.

Peraturan tentang Slip Gaji

gaji guru honorer

Awalnya tidak ada peraturan yang mengatur tentang kewajiban untuk memberikan slip gaji kepada karyawan. Akan tetapi pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2005 tentang Pengupahan, disebutkan bahwa wajib bagi setiap pengusaha untuk memberikan bukti pembayaran upah, di mana di dalamnya memuat informasi mengenai upah yang diterima ketika upah dibayarkan.

Peraturan tersebut ada supaya tidak muncul perbedaan persepsi mengenai jumlah gaji dan rinciannya antara perusahaan dan karyawan. Dokumen ini juga menjadi alat bukti otentik bahwa hak karyawan telah diberikan oleh perusahaan. Untuk itu sudah menjadi sebuah keharusan bahwa perusahaan, instansi termasuk sekolah memberikan slip gaji kepada karyawannya, baik dalam bentuk fisik ataupun non fisik (online).

Isi Slip Gaji

Seperti yang disebutkan di atas, format slip gaji terdiri dari bagian-bagian tertentu yang setiap bagian berisi informasi mengenai upah yang diterima. Supaya lebih jelas berikut adalah isi dari slip gaji.

slip gaji

Informasi Umum

Informasi umum memuat nama perusahaan, alamat kantor, hingga nomor telepon perusahaan. Selain itu juga ada informasi mengenai departemen tempat kita bekerja di perusahaan tersebut. Informasi umum itu biasanya bisa ditemui di bagian kop atau paling atas dari slip gaji.

Periode Gaji

Periode gaji merupakan informasi yang tak kalah penting sebab akan selalu berubah sesuai dengan periode gaji yang diberikan. Setiap perusahaan biasanya mempunyai tanggal gaji yang berbeda-beda. Sehingga periode gaji pada slip juga akan berbeda.

Data Pribadi Karyawan

Slip gaji juga memuat informasi mengenai data pribadi karyawan. Isinya seputar nama, nomor KTP, Nomor Induk Kepegawaian dan alamat. Bagian ini juga membedakan antara slip pegawai satu dengan pegawai lainnya.

Informasi Pajak

Informasi ini menunjukkan keseluruhan pajak umum yang dibayarkan dan secara otomatis dipotong dari pajak bulanan. Di samping itu besaran pajak juga sudah didaftarkan langsung ke kantor pajak.

Nominal Penghasilan

Nominal penghasilan masing-masing karyawan juga bisa dilihat pada slip gaji. Seluruh penghasilan ditulis secara rinci. Biasanya terdiri dari gaji pokok yang diberikan setiap bulan dalam nominal tetap, bonus, hingga penghargaan pada karyawan atas pencapaiannya. Baik bonus maupun penghargaan ini harus dicantumkan terpisah dari gaji pokok karena tidak termasuk dalam gaji pokok.

Baca juga: Pangkat Golongan Guru PNS

Potongan Gaji

Perusahaan juga harus mencantumkan besarnya potongan gaji yang dibebankan pada karyawannya. Tujuannya untuk memberikan informasi lengkap dan terperinci mengenai gaji yang diberikan setiap bulannya.

Gaji Bersih

Merupakan gaji bersih keseluruhan yang diberikan oleh perusahaan pada karyawannya. Jika perusahaan mempunyai rincian lain yang belum disebutkan seperti pembayaran asuransi kesehatan dan lain-lain, maka perlu dicantumkan pada kategori lain.

Komponen Utama Slip Gaji

Pada slip gaji terdapat komponen utama yang harus ada. Komponen utama yang wajib ada pada slip gaji antara lain gaji pokok, tunjangan, dan potongan. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2013 tentang ketenagakerjaan.

Pada Undang-Undang tersebut disebutkan bahwa karyawan setidaknya menerima 75% dari keseluruhan gaji pokok dan tunjangan tetap. Berikut adalah penjelasan seputar komponen utama slip gaji yang bisa Anda simak.

Gaji Pokok

Gaji pokok merupakan nominal upah yang didapat dan sudah ditentukan perusahaan dan sudah disesuaikan dengan posisi atau jabatan yang diemban setiap karyawan. Penentuan jumlah gaji pokok ini bisa berubah mengikuti jenjang karir yang berlaku pada suatu perusahaan. Semakin besar tanggung jawab dan semakin lama pengabdian seorang karyawan maka akan semakin tinggi gaji pokok yang diterimanya.

Tunjangan

Tunjangan adalah tambahan upah yang diterima karyawan sesuai dengan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan. Tunjangan juga menyesuaikan posisi yang dimiliki oleh karyawan. Misalnya tunjangan yang sering ditemui adalah tunjangan jabatan, tunjangan makan, tunjangan transportasi, tunjangan anak-istri dan lain-lain.

Sifat tunjangan apabila dilihat dari narasi yang diberikan lebih ke arah sosial dalam bentuk intensif. Sampai saat ini tunjangan karyawan dibagi menjadi dua macam, yakni tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.

Potongan

Selain menerima upah, karyawan biasanya juga diminta untuk membayar kewajiban karyawan. Oleh karenanya gaji tersebut biasanya dipotong untuk membiayai kewajiban tersebut. Potongan gaji dialokasikan untuk beberapa hal.

Misalnya untuk pembayaran asuransi atau BPJS, baik premi ataupun keanggotaan, potongan pensiun, potongan pajak penghasilan, potongan pinjaman, dan lain sebagainya.

Contoh Slip Gaji Guru

Setelah mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan slip gaji, kini kita kupas seperti apa slip gaji untuk guru. Ada banyak sekali format slip gaji guru yang bisa Anda lihat. Berikut kami berikan beberapa contoh yang bisa menjadi gambaran untuk Anda.

slip guru sederhana

contoh slip guru

Contoh Slip Gaji Guru Honorer

slip gaji

Contoh Slip Gaji Guru TK/PAUD

slip guru paud

Contoh Slip Gaji Guru Kontrak

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan seputar contoh slip gaji guru kontrak. Seperti yang diketahui, pengetikan slip gaji antara yang satu dengan lainnya bisa berbeda. Akan tetapi komponen yang termuat di dalamnya umumnya sama. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

Semoga informasi yang kami berikan di atas bermanfaat untuk Anda. Terutama untuk Anda yang sedang mencari referensi slip gaji untuk guru atau tenaga pengajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *