Contoh Surat Izin Guru Tidak Masuk Sekolah

Posted on

Contoh Surat Izin Guru Tidak Masuk –  Di tengah canggihnya teknologi seperti sekarang ini, penggunaan surat tetap tidak bisa ditinggalkan. Meskipun sudah sangat jarang digunakan untuk melakukan komunikasi masalah pribadi, tetapi penggunaan surat masih menjadi hal yang penting untuk digunakan di berbagai kantor, instansi pemerintahan, hingga lembaga dan perusahaan.



Adapun salah satu surat yang masih banyak digunakan sampai saat ini adalah surat izin sakit. Surat izin sakit pada umumnya digunakan khusus untuk meminta izin sakit ketika kita sedang berhalangan atau tidak bisa mengikuti kewajiban seperti hari biasanya. Hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kondisi tubuh yang sedang tidak sehat (sakit), atau bisa juga karena ada urusan yang tidak bisa ditinggalkan.

Seperti para guru misalnya, jika tidak bisa mengajar seperti hari biasanya maka diharuskan untuk membuat surat izin yang diberikan kepada pihak sekolah atau kepada atasan yaitu kepala sekolah sehingga nantinya beliau menjadi tahu alasan kita tidak bisa masuk sekolah atau mengajar.

Oleh karena itu, untuk memudahkan rekan-rekan guru maka pada kesempatan kali ini kami akan bagikan cara mengenai contoh surat izin guru tidak masuk sekolah yang baik  dan benar dalam bentuk format word. Namun sebelum itu mari kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian surat izin. Berikut di bawah ini adalah ulasan selengkapnya.

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Siswa Aktif

Surat Izin

Surat izin  merupakan sebuah surat perseorangan atau pribadi yang terikat dengan suatu lembaga atau kedinasan. Pada umumnya surat izin digunakan untuk menyatakan bahwa orang yang bersangkutan tidak bisa menjalankan kegiatan seperti biasanya dikarenakan sakit. Hal ini karena memang dalam urusan sekolah ataupun pekerjaan yang tertentu seseorang tidak akan bisa memastikan bahwa dirinya selalu bisa mengikuti kegiatan.



Membuat surat izin tidak masuk sekolah bagi sebagian orang mungkin terlihat sangat mudah. Namun, ternyata masih ada banyak sekali orang yang tidak bisa membuat surat izin dengan baik dan benar. Banyak kesalahan yang sering terjadi ketika menulis surat izin tersebut. Sehingga dalam hal ini penting sekali untuk mengetahui struktur atau beberapa poin penting dalam penyusunan surat izin tidak masuk sekolah yang benar.

Hal-Hal yang Penting Diperhatikan dalam Menyusun Surat Izin

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menyusun  surat izin. Dengan memperhatikan beberapa hal penting ini maka penulisan surat nantinya akan lebih ter-struktur, lengkap, dan rapi. Adapun beberapa hal penting yang kami maksud tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Tempat dan Tanggal pada Surat

Hal penting pertama yang harus diperhatikan dalam membuat surat izin adalah mencantumkan tempat dan tanggal surat. Dengan adanya tanggal ini berguna untuk menjelaskan secara detail kapan dan dimana surat tersebut dibuat. Penulisan tanggal biasanya diletakkan tepat di bagian sisi kanan atas surat.

  1. Mencantumkan Alamat Tujuan

Begitu halnya dengan alamat surat, jangan sampai lupa untuk mencantumkan alamat karena nantinya berguna untuk obyek pengiriman. Tuliskan juga nama sasaran dan jabatan yang ingin Anda tuju. Alamat tujuan ini biasanya terletak di sisi kiri bagian atas.

  1. Mengucapkan Salam

Selanjutnya adalah menyampaikan salam pembuka kepada atasan sebagai tanda kesopanan dan kesantunan. Salam pembuka ini biasanya berada di bagian bawah alamat surat.



  1. Memuat Isi

Bagian selanjutnya adalah isi surat yang mencakup tujuan dan maksud dari surat yang telah Anda buat. Pada bagian isi terdapat beberapa alenian, yang pertama adalah alenia pembuka, pokok, dan yang terakhir alenia tertutup.

Di bagian alenia pembuka, silahkan Anda jelaskan mengenai identitas Anda sendiri sebagai permohonan izin kepada atasan. Lalu pada bagian kedua Anda bisa menjelaskan alasan mengapa Anda tidak bisa menjalankan kegiatan mengajar seperti biasanya. Sedangkan pada alenia penutup Anda bisa menyampaikan kalimat terakhir dan ucapan terimakasih kepada atasan.

  1. Penutup Berupa Salam

Seperti halnya pada bagian salam pembuka, di bagian akhir surat izin juga harus mencantumkan salam penutup. Salam penutup merupakan kesopanan dan keramahan, dimana biasanya terletak di sisi kanan bagian bawah ini surat.

  1. Mencantumkan Nama dan Tanda Tangan Penulis

Setelah menuliskan salam penutup, Anda juga harus menuliskan nam dan tanda tangan di bagian bawah surat. Jangan sampai lupa untuk mencantumkan keterangan mengenai posisi Anda.

Contoh Surat Izin Guru Tidak Masuk Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *