Contoh Swafoto Selfie CPNS Dan Persyaratannya

Posted on

Contoh Swafoto Selfie CPNS Dan Persyaratannya –  Bagi Anda yang sekarang ini sedang mempersiapkan pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) tentunya sudah paham bahwa ada suatu ketentuan dimana Anda diharuskan untuk melampirkan swafoto saat melamar CPNS. Namun meski demikian, ternyata masih banyak yang belum tahu bagaimana cara melampirkan swafoto yang benar.



Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh swafoto selfie untuk melamar CPNS 2021 supaya Anda nantinya tidak salah dalam melampirkan.  Namun sebelum membahas lebih jauh, kami akan menjelaskan  terlebih dahulu pmengenai swafoto CPNS. Untuk selengkapnya, mari langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Swafoto

Pengertian swafoto secara umum adalah kegiatan yang dilakukan untuk memfoto diri sendiri dengan menggunakan kamera, baik itu kamera digital ataupun ponsel. Swafoto merupakan bahasa Indonesia baku dari Selfie. Seiring dengan maraknya swafoto, BKN jugatak mau ketinggalan. Kegiatan ini ternyata juga dijadikan sebagai salah satu syarat untuk mendaftar CPNS di berbagai formasi sejak tahun 2018 yang lalu.

Pihak BKN mengungkapkan bahwa swafoto memiliki fungsi sebagai validasi dengan tujuan untuk menghindari praktik kecurangan ketika melakukan pendaftaran CPNS. Selain itu, dengan adanya swafoto juga akan membantu para pelamar yang mungkin saja lupa dengan password akunnya.

Baca juga: Contoh Soal CPNS 2018 Dan Kunci Jawaban

Syarat Swafoto CPNS

Sesuai dengan petunjuk pendaftaran CPNS, sebelum melakukan foto Anda diharuskan untuk melakukan registrasi akun terlebih dahulu. Adapun caranya adalah dengan memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nomor KK (Kartu Keluarga), nama lengkap yang sesuai dengan KTP, tempat tanggal lahir juga sesuai dengan KTP, dan kode CAPTCHA. Jika nomor KTP Anda tidak bisa digunakan untuk melakukan pendaftaran, Anda bisa mengurusnya langsung ke Dinas Dukcapil (bukan BKN).

Setelah  pengisian identitas sudah selesai dilakukan, Anda bisa mengunggah foto dengan latar belakang warna merah, untuk posisinya portrait dengan rasio 3 : 4. Jika Anda sudah berhasil mencetak kartu informasi akun atau pendaftaran maka registrasi akun dinyatakan sudah selesai. Pasfoto tersebut nantinya akan ditampilkan di kartu ujian yang Anda miliki. Berikut ini adalah contoh kartu informasi akun yang perlu dicetak dan digunakan ketika swafoto:



Ketentuan dan Tata Cara Swafoto CPNS

Lantas, bagaimana cara melakukan pengambilan gambar untuk CPNS? Setelah Anda berhasil mencetak kartu informasi akun, maka Anda sudah bisa langsung melakukan pengambilan foto. Adapun ketentuan swafoto CPNS adalah sebagai berikut ini:

  • Baju yang digunakan saat melakukan swafoto CPNS adalah baju bebas dan sopan. Namun sebaiknya baju yang digunakan berkerah.
  • Latar belakang untuk swafoto CPNS bebas.
  • Ketika melakukan foto, wajah dan identitas yang tercantum pada KTP dan kartu informasi akun harus jelas, sehingga untuk cara memegangnya harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai jari Anda nantinya menutupi foto dan identitas yang tertulis pada KTP ataupun kartu informasi akun. Selain harus memperhatikan bagaimana cara memegangnya, faktof pencahayaan juga penting diperhatikan. Usahakan untuk memilih tempat dengan cahaya yang terang.

Itulah beberapa ketentuan swafoto yang perlu Anda ketahui. Selain itu, tata cara swafoto juga penting untuk diperhatikan. Berikut ini adalah tata cara dalam melakukan swafoto CPNS:

  • KTP dipegang dengan menggunakan tangan atau sebelah kanan, sedangkan untuk kartu informasi akun atau pendaftaran di pegang sebelah kiri. Apabila KTP Anda masih belum jadi, Anda bisa foto dengan menggunakan Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh Dinas Dukcapil.
  • Posisi untuk pengambilan gambar harus landscape (posisi mendatar atau melebar).
  • Pengambilan foto sebenarnya tidak harus dilakukan sendiri. Jika Anda mengalami kesulitan maka Anda bisa meminta bantuan orang lain.

Cara Unggah Swafoto CPNS

Sebelum mengunggah swafoto, Anda perlu melakukan login ke akun SSCN yang sudah didaftarkan sebelumnya. Kemudian langsung saja klik “Choose File” lalu pilih swafoto yang telah Anda siapkan. Dalam hal ini ukuran foto wajib diunggah maksimal adalah 200 kb dengan ekstensi JPEG/JPG.

Apabila foto yang Anda miliki belum berekstensi JPEG/JPG, silahkan Anda lakukan konversi telebih dahulu, bisa secara offline atau bisa juga melalui online. Setelah berhasil diunggah, Anda bisa langsung melihat hasilnya pada bagian “Swafoto Anda”.  Untuk lebih jelasnya, kami disini akan memberikan contoh swafoto yang benar. Silahkan Anda perhatikan gambar di bawah ini. Perhatikan betul untuk masalah pencahayaan, cara memegang KTP dan KIA serta pakaian yang digunakan ketika mengambil swafoto.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *