Download Dapodik Helper Terbaru 2022

Download Dapodik Helper Terbaru – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Cara Mendownload Dapodik Helper dan Cara Penggunaannya.

Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan langkah – lagkah dan penjelasan yang dapat teman – teman lihat dengan mudah.

Dinas pendidikan selalu mengeluarkan aplikasi – aplikasi yang dapat membantu kinerja para tenaga pendidik dan kependidikan yang bekerja di lingkungan pendidikan. Salah satunya adalah dengan membuat aplikasi yang dapat membantu kinerja operator sekolah.

Aplikasi yang dibuat oleh dinas pendidikan untuk membantu operator sekolah ini disebut dengan Dapodik Helper.

Baca juga: Cara Tarik PTK Dapodik 2022

Dapodik Helper Terbaru

Dapodik Helper merupakan aplikasi pelengkap dari Aplikasi Dapodik yang dikeluarkan oleh dinas pendidikan yang dapat membantun para adminiatrator atau operator di satuan pendidikan atau sekolah.

Aplikasi Dapodik Helper ini sering dikenal dengan sebutan DH. Di dalam Dapodik Helper terdapat fitur – fitur yang disediakan dan akan berjalan dengan lancar apabila teman – teman mengunduh aplikasi Dapodik Helper ini dengan sempurna.

Dalam pembuatan Aplikasi Dapodik Helper ini tentunya memiliki tujuan untuk berbagai fungsi serta manfaat yang dihasilkan oleh aplikasi ini.

Baca juga: Cara Download Prefill Dapodik

Manfaat dari Dapodik Helper

Berikut manfaat – manfaat dari Dapodik Helper yang kami uraikan seperti di bawah ini:

(1) BackUp dan Restore Database Dapodik

Fitur backup in digunakan untuk melakukan backup data lokal secara otomatis apabila terjadi kesalahan atau insiden misal ada permasalahan di laptop yang sedang digunakan.

Dengan begitu data – data akan aman karena dapat melakukan restore database ke laptop yang lainnya tanpa perlu khawatir akan kehilangan data yang telah dientry sebelumnya, karena data telah dibackup secara otomatis.

Cara melakukan backup database sangat mudah, cukup dengan memilih menu maintance – pilih backup data – lokasi penyimpanan file. File yang telah dibackup berekstensi .dbz.

Sedangkan cara untuk melakukan restore file adalah dengan cara pilih menu maintance – klik restore data – cari file dari hasil backup debelumnya – selesai, file telah kembali.

(2) Mengembalikan Data yang Terhapus

Ketidaksengajan menghapus data yang tidak seharusnya dihapus menjadi hal yang sering ditemui dalam melakukan pendataan. Karena terkadang memang ada file atau data yang harus dihapus atau dihilangkan.

Bahkan di dalam Aplikasi Dapodik terdapat fitur yang dapat digunakan untuk menghapus data yang tidak dibutuhkan atau untuk menghapus data apabila terjadi kesalahan penginputan data.

Adanya fitur ini diperuntukkan sebagai solusi apabila terjadi hal – hal atau ketidaksengajaan dalam penghapusan data dari Dapodik. Fitur ini tentunya sangat membantu para operator karena dapat mengambalikan data seperti semula.

Cara mengembalikan data dengan fitur ini adalah dengan masuk ke Menu File – data yang terhapus – Pilih menu yang akan dikembalikan – klik kanan pada data yang terhapus – klik kembalikan data, selesai data telah kembali seperti semula.

(3) Mengganti Password Dapodik

Dalam memiliki akun baik itu aplikasi Dapodik atau apapun, terkadang pernah lupa dengan password atau kata sandi yang digunakan. Untuk mengatasi kasus seperti ini Dapodik Helper telah memiliki fitur pengganti password. Untuk mengganti password Dapodik diperlukan registrasi kode registrasi.

Cara mengganti password Dapodik adalah dengan memilih menu maintance – pilih pengguna reset password – masukan kode registrasi – masukkan password baru.

Baca juga: Formulir Peserta Didik Dapodik Excel

(4) Cetak Kartu NISN Berbarcode

Fitur cetak kartu NISN berbarcode ini sangat diminati oleh pengguna Aplikasi Dapodik Helper. Kemampuan dalam membuat kartu NISN peserta didik dengan dilengkapi QR code sangat membantu kinerja operator sekolah.

Hal ini dikarenakan operator sekolah dituntut untuk memberikan bukti fisik yang harus ditunjukkan kepada pihak sekolah atas apa yang telah dikerjakan oleh operator sekolah.

Cara untuk mencetak kartu NISN ini harus melakukan autentikasi dengan cara memasukkan email beserta dengan password akun Dapodik – pilih menu file dan pilih menu siswa – pilih nama siswa – klik kanan dan klik cetak NISN, selesai.

(5) Cetak Formulir PTK

Fitur cetak formulir PTK ini sangat membantu pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengecek apakah data entrian sudah sesuai dengan data yang sebenarya atau belum. Pengecekan ini dilakukan karena bisa saja terjadi kesalahan pada penginputan data.

Cara cetak formulir PTK cukup dengan klik kanan nama Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) lalu cetak formulir PTK.

(6) Cetak Formulir Siswa

Formulir siswa ini biasanya digunakan untuk keperluan administrasi sekolah, yang mana memuat tentang data pokok dari siswa yang dapat digunakan sebagai data induk siswa yang valid.

Cara mencetak formulir ini sangat mudah, yakni dengan cara klik kanan nama siswa – cetak formulir. Atau juga dapat dilakukan dalam bentuk soft copy yakni berupa file pdf dan excel.

(7) Mengedit Data yang Terkunci

Cara untuk mengedit data yang terkunci adalah dengan cara pilih nama siswa – klik kanan – pilih edit biodata.

Untuk melakukan pengeditan data siswa yang terkunci di dalam Dapodik maka harus melalui vervalPD. Hal ini dikarenakan setiap siswa memiliki NISN yang unik dan berbeda satu sama lainnya, maka untuk melakukan perubahan harus menyertakan ijazah.

(8) Prefill Ulang Dapodik

fitur ini berfungsi untuk memasukkan prefill terbaru dari hasil sinkronisasi yang telah digenerate dari server kemdikbud.

Biasanya ketika kita ingin mengetahui data terbaru yang telah diperbarui oleh server pusat kita harus menginstal ulang Aplikasi Dapodik serta melakukan registrasi seperti biasa. Namun dengan adanya fitur ini, kita tidak perlu menginstal lagi.

Caranya cukup dengan klik maintance – pilih restore prefill Dapodik – lanjut dengan memasukkan kode registrasi Dapodik – pilih lokasi penyimpanan dan – centang kosongkan data dan tekan proses.

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari Aplikasi Dapodik Helper, tentunya teman – teman ingin mengetahui bagaimana cara mengunduh Aplikasi Dapodik Helper ini.

Baca juga: Cara Login Alamat Resmi DAPODIKDASMEN

Baca juga: Cara Tarik Data PD Dapodik

Cara Mengunduh Dapodik Helper

Berikut kami sajikan langkah – langkah untuk mendownload Aplikasi Dapodik Helper yang kami uraikan sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, silahkan teman – teman download aplikasi Dapodik Helper terbaru melalui link : Download 1 | Download 2 | Password : helpmetohelpyou
  2. Langkah kedua, apabila sudah selesai mendownload silahkan install Aplikasi Dapodik Helper dengan sempurna.
    Namun sebelum teman – teman menginstal aplikasi Dapodik Helper teman – teman harus menginstal aplikasi Dapodik terlebih dahulu.
  3. Langkah ketiga, klik kanan file aplikasi Dapodik Helper yang telah diunduh lalu klik as asministrator, selanjutnya klik lanjut, lanjut, lanjut, hingga instalasi selesai.
  4. Setelah selesai menginstal Aplikasi Dapodik Helper, teman – teman bisa masuk dengan menggunakan user dan password dari Dapodik.
  5. Teman – teman bisa menggunakan Aplikasi Dapodik Helper dan memanfaatkan fitur – fitur yang ada di dalamnya sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

Itulah cara mendownload Aplikasi Dapodik Helper, mungkin sudah banyak teman – teman yang dengan lancar dalam mendownload serta login pada Aplikasi Dapodik Helper Terbaru.

Namun bagi teman – teman yang masih merasa bingung ataupun kesulitan, saya harap penjelasan yang telah kami sampaikan bisa membantu teman – teman.

Baca juga: Cara Login Sispena Terbaru 2022

Video Tutorial:

Demikian rangkaian informasi tentang Cara Mendownload dan Login Aplikasi Aplikasi Dapodik Helper Terbaru disertai dengan uraian langkah – langkahnya. Untuk dapodik helper versi terbaru 2022 untuk sementara waktu ini memang belum bisa diakses untuk ganti tahun, karena berbeda database dengan versi terdahulu.

Semoga artikel kami kali ini bisa mempermudah teman – teman dalam memahaminya.

Ayo Cilacap - - - -