Download Dapodik Helper Terbaru 2022

Posted on

Download Dapodik Helper Terbaru – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Cara Mendownload Dapodik Helper dan Cara Penggunaannya.



Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan langkah – lagkah dan penjelasan yang dapat teman – teman lihat dengan mudah.

Dinas pendidikan selalu mengeluarkan aplikasi – aplikasi yang dapat membantu kinerja para tenaga pendidik dan kependidikan yang bekerja di lingkungan pendidikan. Salah satunya adalah dengan membuat aplikasi yang dapat membantu kinerja operator sekolah.

Aplikasi yang dibuat oleh dinas pendidikan untuk membantu operator sekolah ini disebut dengan Dapodik Helper.

Baca juga: Cara Tarik PTK Dapodik 2022

Dapodik Helper Terbaru

Dapodik Helper merupakan aplikasi pelengkap dari Aplikasi Dapodik yang dikeluarkan oleh dinas pendidikan yang dapat membantun para adminiatrator atau operator di satuan pendidikan atau sekolah.

Aplikasi Dapodik Helper ini sering dikenal dengan sebutan DH. Di dalam Dapodik Helper terdapat fitur – fitur yang disediakan dan akan berjalan dengan lancar apabila teman – teman mengunduh aplikasi Dapodik Helper ini dengan sempurna.



Dalam pembuatan Aplikasi Dapodik Helper ini tentunya memiliki tujuan untuk berbagai fungsi serta manfaat yang dihasilkan oleh aplikasi ini.

Baca juga: Cara Download Prefill Dapodik

Manfaat dari Dapodik Helper

Berikut manfaat – manfaat dari Dapodik Helper yang kami uraikan seperti di bawah ini:

(1) BackUp dan Restore Database Dapodik

Fitur backup in digunakan untuk melakukan backup data lokal secara otomatis apabila terjadi kesalahan atau insiden misal ada permasalahan di laptop yang sedang digunakan.

Dengan begitu data – data akan aman karena dapat melakukan restore database ke laptop yang lainnya tanpa perlu khawatir akan kehilangan data yang telah dientry sebelumnya, karena data telah dibackup secara otomatis.

Cara melakukan backup database sangat mudah, cukup dengan memilih menu maintance – pilih backup data – lokasi penyimpanan file. File yang telah dibackup berekstensi .dbz.

Sedangkan cara untuk melakukan restore file adalah dengan cara pilih menu maintance – klik restore data – cari file dari hasil backup debelumnya – selesai, file telah kembali.



(2) Mengembalikan Data yang Terhapus

Ketidaksengajan menghapus data yang tidak seharusnya dihapus menjadi hal yang sering ditemui dalam melakukan pendataan. Karena terkadang memang ada file atau data yang harus dihapus atau dihilangkan.

Bahkan di dalam Aplikasi Dapodik terdapat fitur yang dapat digunakan untuk menghapus data yang tidak dibutuhkan atau untuk menghapus data apabila terjadi kesalahan penginputan data.

Adanya fitur ini diperuntukkan sebagai solusi apabila terjadi hal – hal atau ketidaksengajaan dalam penghapusan data dari Dapodik. Fitur ini tentunya sangat membantu para operator karena dapat mengambalikan data seperti semula.

Cara mengembalikan data dengan fitur ini adalah dengan masuk ke Menu File – data yang terhapus – Pilih menu yang akan dikembalikan – klik kanan pada data yang terhapus – klik kembalikan data, selesai data telah kembali seperti semula.

(3) Mengganti Password Dapodik

Dalam memiliki akun baik itu aplikasi Dapodik atau apapun, terkadang pernah lupa dengan password atau kata sandi yang digunakan. Untuk mengatasi kasus seperti ini Dapodik Helper telah memiliki fitur pengganti password. Untuk mengganti password Dapodik diperlukan registrasi kode registrasi.

Cara mengganti password Dapodik adalah dengan memilih menu maintance – pilih pengguna reset password – masukan kode registrasi – masukkan password baru.

Baca juga: Formulir Peserta Didik Dapodik Excel

(4) Cetak Kartu NISN Berbarcode

Fitur cetak kartu NISN berbarcode ini sangat diminati oleh pengguna Aplikasi Dapodik Helper. Kemampuan dalam membuat kartu NISN peserta didik dengan dilengkapi QR code sangat membantu kinerja operator sekolah.

Hal ini dikarenakan operator sekolah dituntut untuk memberikan bukti fisik yang harus ditunjukkan kepada pihak sekolah atas apa yang telah dikerjakan oleh operator sekolah.

Cara untuk mencetak kartu NISN ini harus melakukan autentikasi dengan cara memasukkan email beserta dengan password akun Dapodik – pilih menu file dan pilih menu siswa – pilih nama siswa – klik kanan dan klik cetak NISN, selesai.

(5) Cetak Formulir PTK

Fitur cetak formulir PTK ini sangat membantu pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengecek apakah data entrian sudah sesuai dengan data yang sebenarya atau belum. Pengecekan ini dilakukan karena bisa saja terjadi kesalahan pada penginputan data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *