Cara Login Alamat Resmi DAPODIKDASMEN 2021


Alamat Website Resmi DAPODIKDASMEN – Sebagai seseorang yang bergelut dalam bidang pendidikan, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan Dapodikdasmen atau yang biasa disebut dengan Dapodik. Ibaratnya, sekolah tanpa adanya Dapodik maka akan berjalan tanpa arah.

Cara Login Alamat Resmi DAPODIKDASMEN 2021

 

Jika Anda sekarang ini sedang mencari informasi mengenai cara logik Dapodikdasmen, maka Anda berada di website yang tepat. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara login Dapodikdasmen. Namun sebelum itu simak terlebih dahulu mengenai pengertian dan fungsi Dapodikdasmen berikut ini.

Pengertian Dapodikdasmen

Pengertian Dapodikdasmen

Dapodikdasmen adalah singkatan dari Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah, dimana merupakan sebuah aplikasi yang memuat data pokok pendidikan mencakup satuan pendidikan, peserta didik, pendidik, dan juga tenaga kependidikan yang selalu diperbarui melalui online.

Aplikasi ini pertama kali dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, sehingga yang memegang hak ciptanya adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Apabila aplikasi ini disalahgunakan maka akan diberikan sanksi sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Pada umumnya, untuk masalah pengurusan sepenuhnya akan diserahkan pada seorang operator. Nah, operator inilah yang nantinya memiliki tugas untuk memasukkan semua data Bapak/Ibu guru.

Fungsi Dapodikdasmen

Fungsi Dapodikdasmen

Dapodikdasmen selama ini digunakan menjadi acuan data oleh pihak Kemdikbud sebagai pusat data pendidikan. Maka dari itu, seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk mengurusnya sudah pasti harus berkompeten. Lalu sebenarnya apa fungsi Dapodikdasmen? Adapun fungsi Dapodikdasmen adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai penentu jumlah alokasi dana bantuan, seperti BOS. Hal ini dikarenakan jumlah dana BOS ditentukan oleh jumlah peserta didik yang telah terdaftar dalam Dapodikdasmen.
  2. Sebagai penentu kuota tunjangan untuk guru, seperti misalnya tunjangan sertifikasi. Untuk mengikuti program sertifikasi, guru harus terdaftar terlebih dahulu di Dapodikdasmen dalam jangka waktu selama beberapa tahun sebelum pelaksanaan sertifikasi. Disamping itu, tunjangan sertifikasi baru bisa cair jika jam mengajar seorang guru telah memenuhi alokasi yang ditentukan. Jam mengajar ini bisa dilihat dengan melalui Dapodikdasmen.
  3. Sebagai penentu alokasi bantuan untuk sekolah yang memiliki fasilitas sangat minim. Dalam Dapodikdasmen, kondisi sarana dan prasarana suatu sekolah akan dilaporkan secara lengkap dan jelas.
  4. Untuk membantu pemerataan guru.
  5. Sebagai media untuk verifikasi dan validasi data yang berhubungan dengan satuan pendidikan dan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional).
  6. Sebagai media untuk verifikasi dan validasi data sehingga bisa memperoleh NUPTK untuk guru dan NISN untuk peserta didik.
  7. Pihak Kemdikbud bisa memonitoring berbagai macam kebijakan dengan melalui Dapodikdasmen.
  8. Untuk menimalkan resiko penyimpangan dari pihak sekolah karena semua data perlu disinkronkan.

Dapodikdasmen Versi 2021

Dapodikdasmen Versi 2021

Untuk menunjang pendataan pada tahun ajaran 2020/2021, aplikasi ini sudah diperbarui sehingga kini menjadi Dapodikdasmen versi 2021. Dengan adanya pembaruan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pendataan pada semester ganjil yang telah dikemas dalam bentuk installer. Pada versi 2021 ini mengalami banyak perubahan, diantaranya:

  • Aplikasi Dapodikdasmen dan Dapo PAUD-Dikmas yang digabung menjadi satu.
  • Adanya penambahan fitur tarik data saat sinkronisasi dengan tujuan supaya terjadi perubahan data dari server ke lokasi.
  • Perubahan proses bisnis dalam perekaman GTK baru, penambahan, dan juga perbaikan akun GTK.
  • Terjadinya penonaktifan kurikulum 2006/KTSP.

Mengatasi Gagal Login Dapodik Versi 2021

Setelah rilisnya aplikasi dapodik versi 2021, memang banyak sekali perubahan yang terjadi secara signifikan seperti pembaruan. Hal ini tentunya membuat pejuang operator pendataan sekolah menjadi lambat dalam mengerjakan aplikasi dapodik 2021 terutama proses tarik peserta didik melalui online khususnya untuk kelas 1 SD, kelas VII (SMP), dan juga kelas 10 SMA atau SMK.

Maka dari itu, admin pusat dapodikdasmen disarankan untuk menambahkan jumlah atau kapasitas bandwith hosting dapodikdasmen sehingga Operator Sekolah nantinya bisa dengan mudah menarik peserta didik secara online dan bisa secepatnya untuk melakukan sinkronisasi.

Sekarang ini pengunjung memang dapat mengakses website resmi Dapodikdasmen, akan tetapi mereka tidak bisa masuk ke dalam sistem login operator sekolah pada alamat berikut ini http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops.  Lalu yang menjadi masalah kenapa ketika ingin masuk ke alamat tersebut akan selalu ada keterangan NOT FOUND? Apakah website tersebut sedang error atau mungkin alamat ini sudah dialihkan? Berikut ini kami akan memberikan contoh tampilannya.

dapodikdasmen

Kesimpulan dari pembahasan yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini adalah pihak admin pusat Dapodikdasmen diharapkan untuk segera melakukan perbaikan pada link login sekolah di website resmi dapodikdasmen 2021.

Cara Login Operator Sekolah di Website Resmi Dapodikdasmen

Selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana cara login operator sekolah di website resmi dapodikdasmen sehingga nantinya bisa memudahkan pembaca terutama operator Dapodik yang tidak sengaja membaca artikel ini.

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa langsung login ke alamat resminya melalui data dikdasmen kemdikbud goid usr ops (Klik Disini).  Ketika sudah berhasil masuk di halaman login, Anda bisa langsung masukkan username dan password yang sesuai dengan aplikasi Dapodik Anda tanpa perlu kode registrasi.

“Selanjutnya Anda bisa klik ikan “tanda panah yang berwarna putih” seperti pada gambar berikut ini:

dapodikdasmen

Jika berhasil maka akan muncul sebuah tampilan halaman beranda satuan pendidikan, dimana pada tampilan tersebut berisi menu profil sekolah, tarik peserta didik, tarik PTK, dan lain sebagainya.

Cara Install Dapodikdasmen

Sebelum menginstal aplikasinya, Bapak/Ibu harus memastikan spesifikasi komputernya. Adapun spesifikasi yang direkomendasikan adalah sebagai berikut.

  • Prosesor intel Core i3 atau setara.
  • Memori standar 4 GB DDR3.
  • Hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD.
  • Sistem operasi Windows 10.
  • Web browser yang terpasang google chrome, mozilla, atau opera.

install aplikasi dapodikdasmen

Adapun serangkaian cara untuk menginstal adalah sebagai berikut.

1. Sekolah harus memiliki kode registrasi dan akun untuk proses instalasi

Kode registrasi diberikan oleh admin Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk PAUD-Dikmas/SD/SMP dan admin Dinas Pendidikan Provinsi untuk SLB/SMA/SMK.

2. Mengunduh aplikasi Dapodikdasmen dalam bentuk installer, dengan langkah-langkah berikut.

  1. Buka laman https://dapo.kemdikbud.go.id
  2. Klik menu unduhan
  3. Klik unduh installer

3. Melakukan generate prefill

Generate prefill bisa dilakukan dengan cara berikut.

  1. Buka laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan
  2. Bapak/Ibu pilih menu “DATA PREFILL”.
  3. Bapak/Ibu memilih satu tautan unduh prefill dapodik yang tersedia.
  4. Masukkan username, password, dan kode registrasi.
  5. Jika username, password, dan kode registrasi berhasil dimasukkan, klik generate dan tunggu prosesnya selesai.
  6. Klik “Ðownload” dan simpan prefill tersebut di drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.
  7. Pastikan zona waktu di komputer Bapak/Ibu sesuai dengan wilayah setempat, contoh untuk WIB (UTC+07.00 Bangkok, Hanoi, Jakarta).

4. Melakukan instalasi

Instalasi mencakup serangkaian proses berikut.

  1. Menyiapkan file installer yang sudah diunduh sebelumnya. Usahakan untuk menutup program lain yang masih terbuka agar proses instalasi berjalan lancar.
  2. klik ganda file installer. Jika muncul peringatan keamanan, pilih Yes atau Run Away untuk Windows versi tertentu. Selanjutnya, akan muncul jendela instalasi, lalu klik “Lanjut >”.
  3. Pilih “Saya setuju” pada jendela perjanjian persetujuan dan klik “Lanjut >”.
  4. Masuk ke jendela persiapan, lalu klik “Pasang”.
  5. Tunggu sampai proses instalasi selesai.
  6. Setelah selesai, klik “Selesai”.
  7. Bersihkan chace setelah instalasi Dapodik versi 2021 selesai dilakukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai cara login di http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops website resmi Dapodikdasmen 2021.

Semoga informasi yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua terutama bagi rekan-rekan operator sekolah.

Terima kasih sudah berkunjung di website Gurupengajar.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *