Cara Login Alamat Resmi DAPODIKDASMEN 2022

Posted on

Dapodikdasmen selama ini digunakan menjadi acuan data oleh pihak Kemdikbud sebagai pusat data pendidikan. Maka dari itu, seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk mengurusnya sudah pasti harus berkompeten. Lalu sebenarnya apa fungsi Dapodikdasmen? Adapun fungsi Dapodikdasmen adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai penentu jumlah alokasi dana bantuan, seperti BOS. Hal ini dikarenakan jumlah dana BOS ditentukan oleh jumlah peserta didik yang telah terdaftar dalam Dapodikdasmen.
  2. Sebagai penentu kuota tunjangan untuk guru, seperti misalnya tunjangan sertifikasi. Untuk mengikuti program sertifikasi, guru harus terdaftar terlebih dahulu di Dapodikdasmen dalam jangka waktu selama beberapa tahun sebelum pelaksanaan sertifikasi. Disamping itu, tunjangan sertifikasi baru bisa cair jika jam mengajar seorang guru telah memenuhi alokasi yang ditentukan. Jam mengajar ini bisa dilihat dengan melalui Dapodikdasmen.
  3. Sebagai penentu alokasi bantuan untuk sekolah yang memiliki fasilitas sangat minim. Dalam Dapodikdasmen, kondisi sarana dan prasarana suatu sekolah akan dilaporkan secara lengkap dan jelas.
  4. Untuk membantu pemerataan guru.
  5. Sebagai media untuk verifikasi dan validasi data yang berhubungan dengan satuan pendidikan dan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional).
  6. Sebagai media untuk verifikasi dan validasi data sehingga bisa memperoleh NUPTK untuk guru dan NISN untuk peserta didik.
  7. Pihak Kemdikbud bisa memonitoring berbagai macam kebijakan dengan melalui Dapodikdasmen.
  8. Untuk menimalkan resiko penyimpangan dari pihak sekolah karena semua data perlu disinkronkan.

Dapodikdasmen Versi 2022

Dapodikdasmen Versi 2021



Untuk menunjang pendataan pada tahun ajaran 2021/2022, aplikasi ini sudah diperbarui sehingga kini menjadi Dapodikdasmen versi 2022. Dengan adanya pembaruan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pendataan pada semester ganjil yang telah dikemas dalam bentuk installer. Pada versi 2022 ini mengalami banyak perubahan, diantaranya:

  • Aplikasi Dapodikdasmen dan Dapo PAUD-Dikmas yang digabung menjadi satu.
  • Adanya penambahan fitur tarik data saat sinkronisasi dengan tujuan supaya terjadi perubahan data dari server ke lokasi.
  • Perubahan proses bisnis dalam perekaman GTK baru, penambahan, dan juga perbaikan akun GTK.
  • Terjadinya penonaktifan kurikulum 2006/KTSP.

Mengatasi Gagal Login Dapodik Versi 2022

Setelah rilisnya aplikasi dapodik versi 2022, memang banyak sekali perubahan yang terjadi secara signifikan seperti pembaruan. Hal ini tentunya membuat pejuang operator pendataan sekolah menjadi lambat dalam mengerjakan aplikasi dapodik 2022 terutama proses tarik peserta didik melalui online khususnya untuk kelas 1 SD, kelas VII (SMP), dan juga kelas 10 SMA atau SMK.

Maka dari itu, admin pusat dapodikdasmen disarankan untuk menambahkan jumlah atau kapasitas bandwith hosting dapodikdasmen sehingga Operator Sekolah nantinya bisa dengan mudah menarik peserta didik secara online dan bisa secepatnya untuk melakukan sinkronisasi.

Sekarang ini pengunjung memang dapat mengakses website resmi Dapodikdasmen, akan tetapi mereka tidak bisa masuk ke dalam sistem login operator sekolah pada alamat berikut ini http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops.  Lalu yang menjadi masalah kenapa ketika ingin masuk ke alamat tersebut akan selalu ada keterangan NOT FOUND? Apakah website tersebut sedang error atau mungkin alamat ini sudah dialihkan? Berikut ini kami akan memberikan contoh tampilannya.

dapodikdasmen

Kesimpulan dari pembahasan yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini adalah pihak admin pusat Dapodikdasmen diharapkan untuk segera melakukan perbaikan pada link login sekolah di website resmi dapodikdasmen 2022.

Cara Login Operator Sekolah di Website Resmi Dapodikdasmen

Selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana cara login operator sekolah di website resmi dapodikdasmen sehingga nantinya bisa memudahkan pembaca terutama operator Dapodik yang tidak sengaja membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.