DHGTK V2 Cara Login Di Website Resmi


Cara Login DHGTK V2 – Kini sudah ada sebuah aplikasi daftar hadir yang bisa diakses dengan mudah secara online, yaitu dhgtk. Tujuan hadirnya aplikasi hadir gtk ini adalah untuk melakukan pendataan mengenai kehadiran para guru dan tenaga kependidikan yang bersifat online.

Pada tahun ajaran 2018/2019 aplikasi dhgtk online sudah diberlakukan secara serentak diseluruh Indonesia dan resmi digunakan untuk setiap sekolah. Aplikasi ini sebenarnya memang sudah diberlakukan sejak lama tetapi karena mengalami banyak kendala dan masalah maka aplikasi ini baru digunakan secara resmi pada tahun pelajaran 2018/2019.

Baca juga: Cara Mengisi Absen Guru Online

Pada tahun ajaran yang sebelumnya, dhgtk masih menggunakan versi 1 dan seringkali bermasalah. Namun pada tahun pelajaran 2018/2019 aplikasi dhgtk sudah mengalami banyak update dan pembaharuan. Sehingga sekarang ini sudah digunakan aplikasi Dhgtk versi terbaru, yakni Dhgtk V2 atau versi 2.

Nah, bagi Anda yang merupakan seorang operator dapodik perlu diketahui bahwa sekarang ini login aplikasi dhgtk v2 sudah dapat dilakukan dengan mudah. Beberapa kendala atau masalah mengenai gagal login yang salah satunya dikarenakan kode captcha tidak dapat muncul kini sudah diperbaiki oleh admin dhgtk pusat. Sehingga nantinya dipastikan tidak akan mengalami kendala gagal login lagi. Jika Anda ingin melakukan login maka bisa langsung mengikuti tahapan cara yang akan kami sampaikan pada pembahasan kali ini.

Dhgtk sendiri merupakan kependekan dari daftar hadir guru dan tenaga kependidikan, yang dimana menjadi syarat penting untuk terbitnya SKTP tahun 2018 pada info GTK. Jadi, operator harus benar-benar sudah mengisi dhgtk. Di bawah ini adalah tampilan login dhgtk terbaru versi 2.

Pertama, operator diharuskan terlebih dahulu melalukan login dengan melalui link berikut ini http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2/. Jika sudah muncul menu form login seperti gambar berikut ini maka silahkan isi Npsn sekolah Anda, User id menggunakan login dan password dapodik, dan kode captcha lalu klik tombol sign in. Setelah berhasil login  browser Anda akan langsung diarahkan menuju ke dashboard terbaru seperti pada gambar berikut ini.

Dhgtk V2 Login

Ada menu-menu baru yang terdapat pada navigasi utama tampilan dhgtk v2. Salah satunya adalah kelengkapan sekolah yang terdiri dari izin pegawai, operasional sekolah, kalender pendidikan, entri kehadiran dan juga  SPTJM. Sementara pada menu laporan terdiri dari laporan bulanan dan laporan harian. Dalam hal ini, untuk mencetak laporan maka Anda bisa langsung menuju menu yang dimaksud lalu klik cetak laporan dan SPTJM.

Nah, kini untuk tugas baru mengenai pengisian data kehadiran atau absen guru dengan melalui aplikasi dapodikdasmen versi 2018 sudah dimulai. Sebagaimana yang sudah admin praktikan pada halaman baru login sim kehadiran guru, dimana pada halaman tersebut ada aplikasi pengisian absen harian guru dalam waktu per semester.

Sebagian besar dari Anda mungkin masih bingung mengenai cara penggunaan aplikasi sim kehadiran guru di dapodik untuk melakukan pengisian data kehadiran guru dalam setiap harinya, baik itu yang hadir, izin,sakit ataupun alpha.

Karena banyak sekali yang menanyakan hal tersebut kepada admin, maka pada kesempatan kali ini admin akan menyempatkan diri untuk menjelaskan bagaimana langkah-langkahnya lengkap beserta panduan gambar sehingga akan memudahkan Anda untuk memahaminya.

Link resmi yang digunakan untuk dapat masuk ke aplikasi sim kehadiran guru yaitu “http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id” . Jika link tersebut mengalami masalah atau sedang error karena tidak mampu lagi menampung pengunjung dalam jumlah yang terlalu banyak maka Anda tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan masih ada link alternatif lainnya yang bisa digunakan.  Link alternatif yang kami maksud tersebut adalah di http://223.27.144.195:2017/.

Sebagai informasi penting, sebelum Anda menggunakan aplikasi data kehadiran guru ini maka Anda harus benar-benar pastikan bahwa sudah melakukan sinkronisasi pertama dengan melalui aplikasi dapodik versi 2018.

Hal tersebut bertujuan supaya data yang berasal dari dapodik bisa langsung masuk ke aplikasi sim kehadiran guru. Dengan demikian maka data guru nantinya sudah ada pada aplikasi tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Berikut adalah hal pertama kali yang perlu dilakukan pada web daftar hadir gtk, yaitu:

  1. Pertama Anda harus membuat kalender atau OK kan kalender yang sudah ada.
  2. Masuk pada bulan jul kemudian uncheklis untuk hari minggu dan libur semester atau akhir tahun. Selain itu, cheklis juga GTK yang hadir kemudian simpan dan refresh.
  3. Untuk bulan Agustus unchecklist juga pada tanggal 17 Agustus (dan jangan lupa juga setiap tanggal minggu atau hari minggu) kemudian cheklis GTK yang hadir kemudian simpan dan refresh.
  4. Bahkan pada bulan september juga di uncheklis hari minggu atau tanggal minggu lalu cheklis GTK yang hadir kemudian simpan dan refresh.

Catatan: Untuk hari libur tidak selalu ditandai dengan warna merah, untuk lebih jelasnya silahkan Anda lihat sendiri pada menu kehadiran.

Cara Mengisi Absen Sim Kehadiran guru di Website Resmi http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id

Untuk cara mengisi absen sim  Sim kehadiran guru sekolah Anda pastinya sangat mudah untuk dilakukan. Dalam hal ini Anda hanya perlu sebuah komputer atau PC yang terkoneksi dengan jaringan internet. Sedangkan untuk tahapannya silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah Ke 1: Pertama silahkan Anda buka terlebih dahulu browser internet, kemudian langsung saja menuju link berikut ini http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/index.php  atau bisa juga di http://223.27.144.195:2017//. Namun untuk lebih mudahnya KLIK DISINI.

Langkah Ke 2: Di bagian form login sim kehadiran guru user id Anda silahkan isikan username dapodik sekolah anda, kemudian diikuti dengan password dan selanjutnya kode captcha. Jika sudah maka klik tombol login seperti pada gambar berikut ini.

Langkah Ke 3: Pada tampilan beranda aplikasi sim data kehadiran guru, silahkan Anda klik langsung menu “Kehadiran”. Selanjutnya akan tampil penampakan seperti pada gambar berikut ini.

Langkah Ke 4 : Apabila daftar hadir guru masih belum muncul maka Anda bisa klik menu “buat daftar hadir”. Namun jika masih belum muncul juga langsung saja klik tombol refresh. Seperti inilah tampilan absen semester 1 tahun 2017/2018 bulan agustus.

Cara Mengisi Absen Sim Kehadiran guru

Langkah Ke 5: Untuk mengisi daftar kehadiran guru pada aplikasi sim tersebut, Anda bisa contreng setiap hari namun harus sesuai dengan tanggal kehadiran guru. Sedangkan jika ada guru yang sedang sakit, izin, ataupun dinas luar maka Anda bisa klik pada menu data guru. Silahkan Anda cari dan pilih guru yang sedang sakit atau izin sesuai dengan hari tersebut kemudian klik tombol “input surat izin/dinas luar/sakit”.

Langkah Ke 6: Pada tampilan menu input surat izin, Anda bisa langsung isikan nomor surat izin, perihal surat, tanggal surat izin, ditandatangi oleh kepala sekolah, NIP, jabatan, jenis izin silahkan Anda pilih dan selanjutnya klik tombol simpan.

Cara Mengisi Absen Sim Kehadiran guru

Cara Isi Absen Daftar Kehadiran Guru Dapodik Format PDF

Panduan 1 : Download Disini

Panduan 2 : Download Disini

Apabila pengisian data sudah selesai dilakukan, maka langkah yang  terakhir Anda bisa klik tombol simpan. Dengan begitu, laporan data kehadiran guru Anda sudah berhasil untuk di simpan pada server pusat.

Berikut ini kami akan memberikan contoh tampilan diagram data kehadiran guru (absen) pada bulan juli dan agustus tahun pelajaran 2017/2018 yang sudah selesai diisi dan disimpan ke dalam aplikasi sim kehadiran guru.

Cara Mengisi Absen Sim Kehadiran guru

Baca juga: Cara Login SIM PKB Guru

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara login Dhgtk V2 daftar guru online di website resmi. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada postingan kali ini bisa membantu Anda semua, khususnya dalam hal ini umumnya yang mengerjakan adalah operator sekolah. Terima kasih sudah mengunjungi website kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *