Download Aplikasi EDS SMP Terbaru

Posted on

Download Aplikasi EDS SMP Terbaru – Program awal tahun bagi setiap satuan pendidikan adalah melakukan berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan kinerja guru dan keberadaan peserta didik, salah satunya adalah program Evaluasi Diri Sekolah atau EDS. Program EDS bagi sekolah akan memberikan bahan untuk meninjau, menilai, mengevaluasi semua pencapaian yang didapat dan pastinya ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.



 

Untuk membantu Bapak dan Ibu guru dalam proses pelaksanaan EDS, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan Aplikasi Evaluasi Diri Sekolah yang bisa digunakan untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Namun sebelum download, kami disini akan menjelaskan ulasannya terlebih dahulu untuk Anda.

Baca juga: Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013

Aplikasi EDS 2020 Covid-19

Dalam rangka pengumpulan data (Evaluasi Diri Sekolah) EDS Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) tahun 2020 pada masa pandemi Covid-19, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah telah membuat sebuah Aplikasi EDS Covid-19 beserta Panduan EDS PMP dan Panduan Aplikasi e-Supervisi Mutu.

Sementara itu, di halaman pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id menyebutkan bahwa prosedur yang digunakan untuk pengumpulan data dengan melalui Aplikasi dan Panduan EDS PMP Tahun 2020/2021 (Aplikasi EDS 2020 Covid-19) sudah mengalami perubahan sehingga akan lebih efektif jika digunakan saat masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Adapun beberapa perubahan tersebut adalah sebagai berikut:



  • Instrumen dibuat dengan mengacu pada standar nasional pendidikan dan kebijakaan penyelenggaraan selama masa pandemi Covid-19. Hal ini sudah tertulis dalam Surat Edaran Nomor 24 Tahun 2020 mengenai Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan selama masa darurat penyebaran corona virus disease atau Covid-19 dan Kebutuhan Bersama dengan 4 Menteri mengenai Panduan Penyelenggaran Pembelajaran pada Tahun 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 saat masa pandemi Covid-19.
  • Responden yang bertugas dalam pengumpulan data EDS tahun 2020 adalah Kepala Sekolah dan Guru.
  • Bagi setiap satuan pendidikan yang mengadakan kegiatan belajar dari rumah (BDR), responden diharuskan untuk mengisi instrumen dengan menggunakan Aplikasi Offline Surveys melalui smartphone. Selanjutnya hasil pengisian instrumen harus dikirim langsung kepada operator sekolah secara daring untuk kemudian diunggah dalam Aplikasi EDS 2020 Covid-19.
  • Operator sekolah memiliki peran sebagai terminal data, untuk memastikan apakah hasil pengisian instrumen yang didapat dari responden sudah masuk dalam aplikasi EDS. Jika progres data lengkap, operator sekolah kemudian akan mensinkronisasi data EDS.
  • Pengawas sekolah bertugas untuk melakukan supervisi penjaminan mutu pendidikan pada sekolahnya dengan menggunakan Aplikasi e-Supervisi Mutu versi Android. Aplikasi ini bisa didownload dengan mudah di google play store.

Baca juga: Aplikasi Jadwal Pelajaran Otomatis

Pembaruan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Tahap 1

Perlu diketahui bahwa sasaran pengumpulan data mutu yang dilakukan menggunakan Aplikasi EDS PMP Tahun 2020/2021 atau Aplikasi EDS 2020 Covid-19 adalah Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB). Dalam hal ini, untuk pengumpulan data mutu satuan pendidikan SMK akan dikelola sendiri oleh Ditjen Vokasi.

Untuk kesempatan rilis sekarang ini Aplikasi EDS 2020 Covid-19 sudah bisa digunakan oleh beberapa satuan pendidikan, seperti SD, SMP, dan SMA. Sedangkan untuk satuan pendidikan SPK dan SLB nantinya akan diakomodasi pada kesempatan rilis tahap berikutnya.

Aplikasi dan Panduan EDS PMP Tahun 2020/2021 dirilis melalui 2 tahapan. Pada tahap ke 1  akan dirilis installer yang memiliki fokus tujuan untuk pengumpulan data EDS. Sedangkan pada tahap ke 2 akan dirilis patch yang digunakan dalam perhitungan raport mutu. Adapun daftar pembaruan Aplikasi EDS 2020 Covid 19 pada tahap ke 1 adalah sebagai berikut ini:

  • Pembaruan instrumen pada tahun 2020
  • Perubahan mengenai jenis dan jumlah responden
  • Perubahan pada mekanisme registrasi yang dilakukan dengan menggunakan tarik data secara langsung dari Aplikasi Dapodik Sekolah
  • Mengambil file pengisian instrumen langsung dari Aplikasi Offline Surveys
  • Untuk konfigruasi akses aplikasi EDS adalah dengan menggunakan jaringan lokal atau internet

Baca juga: Download Aplikasi PKG Guru

Panduan Teknis Penggunaan Aplikasi EDS 2020 GAMBARAN APLIKASI

Aplikasi EDS 2020 Covid-19 telah dirilis dalam bentuk installer. Sekolah diharuskan untuk menghapus aplikasi EDS versi lama terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh sekolah demi menunjang kelancaran installasi dan penggunaan Aplikasi EDS Covid 19, yaitu:

  1. Pastikan bahwa Aplikasi Dapodik versi terbaru sudah benar-benar terpasang atau terinstall.
  2. Jangan lupa untuk menghapus Aplikasi EDS versi lama, yaitu Aplikasi EDS versi 2020.08.17.
  3. Restart komputer terlebih dahulu dengan tujuan untuk melengkapi proses hapus atau uninstall aplikasi EDS versi lama.
  4. Install Aplikasi EDS Covid 2020 Covid-19 hingga selesai. Aplikasi bisa didownload dengan mudah DISINI.
  5. Selanjutnya adalah melakukan registrasi, pilih salah satu cara registrasi yaitu “Registrasi dengan Dapodik Lokal”. Proses registrasi dilakukan dengan menarikdata yang berasal dari Aplikasi Dapodik, dimana aplikasi ini sudah terinstall di komputer sekolah. Proses registrasi tidak akan membutuhkan jaringan internet sehingga bisa dilakukan secara Offline (Registrasi dengan prefill EDS). Proses registrasi adalah mengambil data secara langsung dari server ED dengan menggunakan mekanisme preffil. Untuk prefill sendiri bisa diunduh dengan mudah pada menu unduhan di laman PMP. Registrasi dengan menggunakan prefill sangat direkomendasikan bagi sekolah yang sudah mensinkronisasi data EDS.
  6. Silahkan pilih kandidat responden pada manajemen pengguna SD atau SLB : 9 responden (1 kepala sekolah dan 8 guru), SMP dan SMA : 11 responden (1 kepala sekolah dan 10 guru).
  7. Pengisian instrumen yang dilakukan oleh responden adalah dengan menggunakan Aplikasi Offline surveys di smartphone. Hasil pengisian adalah berupa file DBResult.csv yang dikirimkan secara langsung kepada operator sekoah.
  8. Operator sekolah kemudian akan mengunggah atau import file DBResult.csv ke Aplikasi EDS 2020 Covid-19. Jika proses import sudah selesai dilakukan maka sangat disarankan untuk menghitung ulang total kemajuan yang terdapat di beranda.
  9. Operator sekolah akan memastikan bahwa progres data sudah 100% dengan melalui menu hitung kemajuan, selanjutnya akan langsung melakukan sinkronisasi data EDS. Sinkronisasi hanya bisa dilakukan setelah hitung kemajuan sudah mencapai 100%.

Baca juga: Aplikasi Kartu Pelajar Sederhana

Alur Aplikasi EDS 2020

Sedangkan untuk penjelasan secara lengkap mengenai proses atau alur Aplikasi EDS 2020 bisa Anda lihat melalui skema di bawah ini:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *