Download Aplikasi EDS SMP Terbaru

Posted on

Download Aplikasi EDS SMP Terbaru – Program awal tahun bagi setiap satuan pendidikan adalah melakukan berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan kinerja guru dan keberadaan peserta didik, salah satunya adalah program Evaluasi Diri Sekolah atau EDS. Program EDS bagi sekolah akan memberikan bahan untuk meninjau, menilai, mengevaluasi semua pencapaian yang didapat dan pastinya ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.



 

Untuk membantu Bapak dan Ibu guru dalam proses pelaksanaan EDS, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan Aplikasi Evaluasi Diri Sekolah yang bisa digunakan untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Namun sebelum download, kami disini akan menjelaskan ulasannya terlebih dahulu untuk Anda.

Baca juga: Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013

Aplikasi EDS 2020 Covid-19

Dalam rangka pengumpulan data (Evaluasi Diri Sekolah) EDS Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) tahun 2020 pada masa pandemi Covid-19, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah telah membuat sebuah Aplikasi EDS Covid-19 beserta Panduan EDS PMP dan Panduan Aplikasi e-Supervisi Mutu.

Sementara itu, di halaman pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id menyebutkan bahwa prosedur yang digunakan untuk pengumpulan data dengan melalui Aplikasi dan Panduan EDS PMP Tahun 2020/2021 (Aplikasi EDS 2020 Covid-19) sudah mengalami perubahan sehingga akan lebih efektif jika digunakan saat masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Adapun beberapa perubahan tersebut adalah sebagai berikut:



  • Instrumen dibuat dengan mengacu pada standar nasional pendidikan dan kebijakaan penyelenggaraan selama masa pandemi Covid-19. Hal ini sudah tertulis dalam Surat Edaran Nomor 24 Tahun 2020 mengenai Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan selama masa darurat penyebaran corona virus disease atau Covid-19 dan Kebutuhan Bersama dengan 4 Menteri mengenai Panduan Penyelenggaran Pembelajaran pada Tahun 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 saat masa pandemi Covid-19.
  • Responden yang bertugas dalam pengumpulan data EDS tahun 2020 adalah Kepala Sekolah dan Guru.
  • Bagi setiap satuan pendidikan yang mengadakan kegiatan belajar dari rumah (BDR), responden diharuskan untuk mengisi instrumen dengan menggunakan Aplikasi Offline Surveys melalui smartphone. Selanjutnya hasil pengisian instrumen harus dikirim langsung kepada operator sekolah secara daring untuk kemudian diunggah dalam Aplikasi EDS 2020 Covid-19.
  • Operator sekolah memiliki peran sebagai terminal data, untuk memastikan apakah hasil pengisian instrumen yang didapat dari responden sudah masuk dalam aplikasi EDS. Jika progres data lengkap, operator sekolah kemudian akan mensinkronisasi data EDS.
  • Pengawas sekolah bertugas untuk melakukan supervisi penjaminan mutu pendidikan pada sekolahnya dengan menggunakan Aplikasi e-Supervisi Mutu versi Android. Aplikasi ini bisa didownload dengan mudah di google play store.

Baca juga: Aplikasi Jadwal Pelajaran Otomatis

Pembaruan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Tahap 1

Leave a Reply

Your email address will not be published.