Cara Download Exambro Untuk Android Dan Iphone

Posted on

Cara Download Exambro Di Android Dan Iphone – Aplikasi Exambro UBKD (Ujian Berbasis Komputer Daring) atau Assesment yang diwajibkan ada saat melaksanakan UBKD adalah Exambro yang dijalankan pada PC atau komputer tanpa server dan harus terkoneksi dengan internet.



Exam Browser Client UBKD merupakan sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk melaksanakan UBKD (Ujian Berbasis Komputer Daring) yang dijalankan pada komputer client. Fungsi utama aplikasi ini adalah menampilkan seluruh soal Assesment yang harus dikerjakan oleh para peserta UBKD.

Berikut ini adalah beberapa persyaratan  Simulasi Exambro UBKD 2020 yang wajib diperhatikan:

  1. Operating System harus diatas Windows 7, jika misalnya dibawah Windows 7 kemungkinan besar nantinya akan ada beberapa system yang tidak support.
  2. Komputer harus memiliki RAM diatas 1 GB.
  3. Displasy Resulation harus diatas atau setidaknya sama dengan 1024 x 768.
  4. Wajib terhubung dengan koneksi internet.
  5. Aplikasi yang ingin di download harus disesuaikan dengan BIT OS yang digunakan oleh peserta.
  6. Tanggal yang ada pada komputer peserta juga harus disesuaikan terlebih dahulu.
  7. Tidak diperbolehkan untuk menggunakan extend screen.

Baca juga: Download RPP Abad 21 SD, SMP, SMA

Pembaharuan Sistem Gladi Bersih dan UNBK

Selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai beberapa pembaharuan berdasrkan hasil Rakor UNBK, yaitu:

  • VHD Fresh yang menggunakan versi 12.9.6.0 (telah launching pada Rakor 7 Februari 2020).
  • Untuk Exambro Admin sudah menggunakan versi paling update, yaitu versi 19.11.27.
  • Sedangkan untuk Exambro Client umumnya menggunakan versi (18.1223) (UN 2019).
  • TR sudah menjadi hal yang wajib digunakan, jika tidak ada TR maka peserta tidak akan bisa login.
  • Jika file dump TR mengalami masalah, sekolah atau proctoc bisa meminta untuk dibukakan unlock Resinkronisasi ke pusat. Hal ini bertujuan supaya siswa bisa tetap melakukan tes dengan paket yang berbeda tetapi tes dimulai dari awal.
  • Helpdesk Propinsi bisa langsung melakukan unlock Resinkronisasi, tetapi pastikan bahwa sekolah mempunyai file dumb TR.
  • Tepat dihari ujian, exambro admin secara otomatis akan menjadi full screen tetapi HD propinsi bisa membukakan.
  • Token offline hanya dapat digunakan pada mesin dengan SN yang sama dengan sinkronisasi, jika SN mengalami perubahan maka bisa langsung dilaporkan ke pusat.
  • Tombol logout pada pojok kanan atas bisa dihilangkan.
  • Tombol selesai barus bisa diklik jika tes sudah berjalan 30.
  • Apabila siswa menekan tombol “Simpan” pada PC client maka menu Status Peserta pada cbtynic akan mengalami perubahan menjadi “Tes Selesai”.
  • Server sekolah kemudian akan mendownload dan mengupload “Backup Source” dangan cara menekan “klik disini” pada menu backup hapus.
  • Untuk nilainya bisa dilihat secara langsung oleh peserta, dan nantinya akan ada rekap nilai pada menu Legacy report. (Hanya merupakan simulasi).

Download Exambro Admin dan Client UNBK

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa Exambro merupakan aplikasi browser yang digunakan untuk menjalankan aplikasi UNBK pada komputer server dan admin. Exambrocbtsyn admin dan client yang merupakan versi terbaru sekarang ini adalah 50.18.12.23.

Apabila Anda ingin mendapatkan aplikasi ini maka Anda bisa langsung mendownloadnya dengan mudah melalui website resmi kemendikbud yang bisa diakses melalui alamat berikut https://unbk.kemdikbud.go.id/. Bahkan cara menjalankan aplikasi yang satu ini bisa dibilang sangat mudah, berikut ini kami akan jelaskan tahapan caranya.



Link Download Exambro Client : Google Drive | Zippy Share

Link Download Exambro Admin : Zippy Share

Langkahnya adalah, pertama harus login terlebih dahulu ke webiste https://unbk.kemdikbud.go.id/, Anda bisa menggunakan username dan password yang sudah diberikan oleh admin dinas. Pada menu utama silahkan Anda arahkan kursor menuju ke pojok atas kanan atau lebih tepatnya di Download Berkas, lalu klik PREREQUISITES dan klik file exambro yang ada. Dengan begitu, aplikasi akan terdownload secara otomatis seperti pada gambar berikut ini.

Langkah untuk menjalankan Exambro pada komputer server dan client UNBK 2021 pertama kali adalah dengan menyimpan aplikasi exambro baik itu admin ataupun server ke local disk C, lalu klik extrac to exambro, kemudian klik folder exambro yang telah di extract. Jika sudah maka klik kanan aplikasi exambrowseradmi kemudian langsung pilih send to dekstop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *