RPP KTSP Kelas 5 SD Semester 1 Dan 2

Posted on

Download RPP KTSP Kelas 5 SD – Salah satu perangkat pembelajaran yang masih digunakan oleh tenaga pendidik sampai saat ini adalah RPP KTSP SD. Bahkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tersebut masih digunakan sebagai rujukan bagi sekolah yang melaksanakan program Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.



Meskipun sekarang ini sudah banyak sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013, namun ternyata masih banyak juga sekolah yang masih tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Kurikulum KTSP. Hal ini karena memang tidak semua satuan pendidikan sanggup untuk melaksanakan program Kurikulum 2013.

Nah, membahas mengenai RPP KTSP, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan file download RPP KTSP Kelas 5 SD Semester 1 dan 2 yang diharapkan bisa mempermudah tugas Bapak dan Ibu guru. Namun sebelum itu, mari simak lebih dahulu pembahasan mengenai RPP KTSP berikut ini.

Baca juga: RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2020

Review RPP KTSP

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa RPP KTSP sudah pasti berbeda dengan RPP Kurikulum 2013. Pengertian RPP sendiri adalah rencana yang menunjukkan suatu prosedur dan pengorganisasian pembelajaran dengan tujuan untuk mencapai KD (Kompetensi Dasar) yang telah ditetapkan dalam standar isi dan dijelaskan dalam silabus. Lingkung rencana pembelajaran yang luas meliputi satu kompetensi dasar yang terdiri dari 1 atau beberapa indikator dalam satu pertemuan atau lebih.

RPP sudah menjadi komponen yang penting dari KTSP, dimana dalam pengembangannya harus dilaksankan secara profesional. Sementara tugas dari seorang guru yang paling utama mengenai RPP berbasis KTSP adalah menjabarkan silabus ke dalam sebuah RPP secara rinci dan sistematis, karena nantinya dijadikan sebagai pedoman untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.



Penyusunan RPP KTSP SD

Ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan dalam membuat RPP KTSP SD, yaitu:

  1. Menuliskan Identitas

Pertama adalah menuliskan identitas secara lengkap dan jelas, seperti:

  • Nama Sekolah atau Madrasah
  • Mata Pelajaran
  • Kelas dan Semester
  • Alokasi Waktu
  • Standar Kompetensi
  • Kompetensi Dasar
  • Indikator
  1. Menuliskan Tujuan Pembelajaran

Isi dari tujuan pembelajaran adalah penguasaan kompetensi yang operasional yang ingin dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus dirumuskan secara lengkap dengan mengacu pada indikator.

  1. Menuliskan Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran merupakan materi yang biasa digunakan untuk bisa mencapai tujuan pembelajaran. Pengembangan materi pembelajaran adalahdengan mengacu  pada materi pokok atau pembelajaran yang ada pada silabus.

  1. Mencantumkan Metode Pembelajaran

Setiap metode pembelajaran yang tertulis dalam sebuah RPP akan menunjukkan penerapan kegiatan pembelajaran pada silabus. Metode pembelajaran adalah cara yang paling tepat untuk bisa meraih tujuan pembelajaran. Seperti misalnya dengan melakukan tanya jawab, ceramah, karyawisata, atau bisa juga cara lainnya yang lebih efektif.



  1. Menuliskan Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pada intinya, yang termasuk dalam langkah-langkah kegiatan pembelajaran adalah kegiatan pendahuluan atau pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Namun dalam seluruh rangkaian kegiatan juga bisa disesuaikan dengan karakteristik model yang pilih, menggunakan urutan sintask berdasarkan modelnya.

A. Kegiatan Awal/Pendahuluan/Pembuka, merupakan upaya yang dilakukan oleh seorang pendidik untuk mengokondisikan kesiapan mental, emosional, spiritual, dan berbagai kegiatan belajar yang akan dilaksankan selama proses pembelajaran. Kegiatan pendahuluan ini sangat penting karena dapat digunakan untuk meningkatkan daya tarik, membangkitkan motivasi belajar, menciptakan rasa ingin tahu dan rasa butuh belajar bagi siswa.

B. Kegiatan Inti, merupakan kegiatan yang menjadi penentu dalam kualitas pembelajaran dan memberikan pengaruh secara langsung untuk menentukan keberhasilan atau kegagalan siswa untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Kegiatan inti mencakup beberapa hal berikut:

  • Tahap Eksplorasi, siswa diberikan kesempatan untuk memanfaatkan panca inderanya sebaik mungkin untuk melakukan interaksi dengan lingkungan atau sumber belajar baik itu berupa peristiwa alam, sumber tulisan atau lisan, narasumber atau tokoh, dan lain sebagainya. Semua sumber yang dieksplorasi harus berdasarkan KD yang ingin diajarkan. Dalam tahap ini dapat merangsang berbagai pertanyaan dalam diri siswa.
  • Tahap Elaborasi, siswa diharuskan untuk mencermati kembali yang sudah dialami dalam proses ekplorasi dengan tujuan untuk menemukan konsep yang berhubungan dengan apa yang ingin dipelajari. Tahap elaborasi dapat merangsang daya pikir tingkat tingi dengan mengkaji atau mendiskusikan berbagai temuan dalam tahap eksplorasi.
  • Tahap Konfirmasi, adalah tahapan untuk memperkuat apa yang telah ditemukan oleh siswa. Adapun fungsi dari tahapan ini adalah untuk menyimpulkan temuan dengan benar, membenarkan temuan yang tidak tepat, dan memberi balikan untuk perbaikan produk yang sudah dibuat oleh siswa.

C. Kegiatan Penutup, adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran yang bisa dilakukan dengan memberi rangkuman atau kesimpulan, memberi penilaian, umpan balik, dan tindak lanjut.

  1. Menuliskan Sumber Belajar

Dalam memilih sumber belajar harus berpacu pada perumusan yang ada pada silabus yang telah dikembangkan secara langsung oleh satuan pendidikan. Adapun yang meliputi sumber belajar adalah sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan.

  1. Mencantumkan Penilaian

Penilaian pada umumnya dijabarkan dengan menunjukkan teknik atau jenis penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data. Untuk mencantumkan penilaian dalam RPP bisa berupa penilaian proses atau bisa juga penilaian hasil.

Download RPP KTSP SD Kelas 5 Semester 1 dan 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *