Cara Login Dan Download E-Rapor SMA

Posted on

Cara Login Dan Download E-Rapor SMA – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Cara Login dan Cara Mendowload E-rapor Untuk Satuan Pendidikan Menengah Atas/ Madrasah Aliyah semester ganjil dan semester  genap.



Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan langkah – langkah dan penjelasan yang dapat teman – teman lihat dengan mudah.

Saat ini dunia pendidikan tengah mengikuti perkembangan dari dunia ilmu teknologi dan komunikasi. Segala hal yang dulunya dikerjakan secara manual kini bisa dilakukan dengan cara digital.

Dengan menggunakan cara digital ini semua hal akan menjadi jauh lebih cepat, mudah, dan otomatis.

Salah satu pengaplikasian digitalisasi pada dunia pendidikan adalah melalui diadakannya E-rapor. Kali ini kami akan berfokus pada E-rapor di satuan pendidikan tingkat menengah atas.

Baca juga: Download Aplikasi E-Raport SD Semester Ganjil-Genap

Baca juga: Format Raport K13 SMP Revisi 2017

E-Rapor Sekolah Menengah Atas

E-rapor Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah merupakan sebuah sistem aplikasi berbasis web yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan SMA/ MA dengan harapan dapat mengubah pola kerja guru yang awalnya manual menjadi pola kerja digital.



E-rapor ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah guru dalam melakukan penilaian, membantu hingga percetakan, serta evaluasi nilai hasil belajar dari peserta didik.

Aplikasi E-rapor SMA ini dapat digunakan untuk sekolah yang menggunakan kurikulum KTSP ataupun kurikulum 2013. Dikarenakan di dalam Aplikasi E-rapor ada menu penginputan nilai untuk versi KTSP dan juga untuk kurikulum 2013.

Aplikasi E-rapor yang digunakan satuan pendidikan menengah pertama/ madrasah aliyah ini diberi nama Aplikasi E-rapor 2018. yang mana aplikasi ini telah terakreditasi dengan Data Pokok Peserta didik atau Dapodik.

Dalam setiap sekolah biasanya memiliki satu operator atau administrator yang bertugas untuk bertanggung jawab dalam mengelola sistem secara penuh. Selain itu operator atau administrator juga dapat melakukan manipulasi atau edit data di dalam sistem (mengubah, tambah, dan menghapus).

Sedangkan guru sebagai user yang mana bertugas sebagai pengisi nilai peserta didik yang memuat pengetahuan, keterampilan, serta deskripsi sikap dalam setiap ujian, baik itu ulangan harian, Ujian Tengah Semester, maupun Ujian Akhir Semester.

Baca juga: Cara Download Rapor Mutu PMP 2017

Tugas Admin Aplikasi e-Rapor SMA/MA

Admin memiliki tugas khusus, hal ini bertujuan agar proses penginputan nilai peserta didik yang akan dilakukan oleh guru dapat berjalan dengan lancar dan tanpa adanya kendala.



Tugas admin yang bertanggung jawab megoperasikan Aplikasi E-rapor adalah sebagai berikut:

  1. Admin bertugas untuk melakukan instalasi E-rapor ke dalam server/ komputer sekolah
  2. Setelah melakukan instalasi admin juga bertugas untuk melakukan sinkronisasi data ke Dapodik atau Data Pokok Peserta didik
  3. Admin bertugas untuk memberikan hak serta layanan bagi para user yang akan mengakses Aplikasi E-rapor. User dalam hal ini mencakup guru, baik guru mata pelajaran, guru kelas/ wali kelas, guru Bimbingan Korseling atau BK , Kepala Sekolah, serta peserta didik dan orang tua / wali murid
  4. Mensosialisasikan e-Rapor dengan membagikan user dan juga password kepada yang yang akan mengakses atau pada yang bersangkutan
  5. Admin juga bertugas untuk mengedit dan mengupload profil sekolah
  6. Mendata dan meringkas seluruh mata pelajaran, memetakan dan mengklasifikasikan mata pelajaran, serta menyesuaikan data muatan lokal
  7. Menginput data yang menjadi kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada setiap mata pelajaran yang ada
  8. Menginput data waktu/ tanggal dari rapor serta mencetak rapor yang telah diisi datanya
  9. Setelah data rapor diinput, admin bertugas untuk megirim nilai ke Dapodik
  10. Menginput data nilai untuk ujian sekolah maupun ujian nasional (dikhususkan untuk kelas XII)
  11. Melakukan back up serta restore data yang telah diinput di aplikasi e-Rapor
  12. Mengaktifkan atau menonaktifan input data nilai yang dilakukan oleh guru saat semester berjalan

Catatan sebelum melakukan instalasi, harus diperhatikan syarat – syarat untuk server atau komputer yang akan digunakan untuk menginstal Aplikasi e – Rapor.

Aplikasi e-Rapor harus memiliki spesifikasi sesuai dengan yang telah ditentukan. Komputer yang digunakan sebagai server harus memiliki spesifikasi minimal sebagai berikut:

  1. Proseor yang akan digunakan harus setara dual core
  2. OS Windows XP/ 7/ 8/ 10, (32/64 bit), disarankan untuk menggunakan server dengan Windows 7 ke atas atau win server 2012
  3. RAM pada server yang digunakan minimal memiliki RAM 2 Gb, atau disarankan memiliki 4 GB
  4. Ruang kosong yang tersedia di lokal disk C / drive C minimal 500 MB

Dikarenakan E-rapor tingkat Sekolah Menengah Atas/ MAdrasah Aliyah ini telah  terhubung dengan Dapodik, maka komputer atau server yang akan digunakan untuk menginstal Aplikasi E-rapor harus dipastikan sudah terpasang dengan Dapodik dengan versi terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *