Aplikasi E Rapor SMP Semester Ganjil Dan Genap

Posted on

Aplikasi E Rapor SMP Semester Ganjil Dan Genap Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Aplikasi e-Rapor disertai dengan Cara Mendowload E-rapor Untuk Satuan Pendidikan Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah semester ganjil dan semester  genap.



Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan langkah – lagkah untuk mendownload disertai dengan penjelasan serta link download sehingga teman – teman dapat mendownload aplikasi e-Rapor SMP/ Mts dengan mudah.

Dunia pendidikan saat ini sedang mengikuti perkembangan dari dunia ilmu teknologi dan komunikasi. Segala hal yang dulunya dikerjakan secara manual kini bisa dilakukan dengan cara digital. Dengan menggunakan cara digital ini semua hal akan menjadi jauh lebih cepat, mudah, dan otomatis.

Pengaplikasian digitalisasi pada dunia pendidikan salah satunya adalah melalui diadakannya e-Rapor. Kali ini kami akan berfokus pada E-rapor di satuan pendidikan tingkat menengah pertama.

Baca juga: Format Raport K13 SMP Revisi 2017

E-Rapor Sekolah Menengah Pertama

E-rapor Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah merupakan sebuah sistem aplikasi web based yang diharapkan dapat mengubah pola kerja guru yang awalnya manual menjadi pola kerja digital.

E-rapor ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah guru dalam melakukan penilaian, membantu hingga percetakan, serta evaluasi nilai hasil belajar dari peserta didik berdasarkan Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), pelajaran Kurikulum2013 secara utuh.



Aplikasi E-rapor yang digunakan satuan pendidikan menengah pertama/ madrasah tsanawiyah ini diberi nama Aplikasi E-rapor SMP Versi 2.2 yang mana aplikasi ini telah terakreditasi dengan Data Pokok Peserta didik atau Dapodik.

Biasanya di dalam suatu satuan pendidikan memiliki satu operator atau administrator yang bertugas untuk bertanggung jawab dalam mengelola sistem secara penuh. Selain itu operator atau administrator juga dapat melakukan manipulasi atau edit data di dalam sistem (mengubah, tambah, dan menghapus).

Sedangkan guru sebagai user yang mana bertugas sebagai pengisi nilai peserta didik yang memuat pengetahuan, keterampilan, serta deskripsi sikap dalam setiap ujian, baik itu ulangan harian, Ujian Tengah Semester, maupun Ujian Akhir Semester.

Setelah mengetahui sedikit penjelasan tentang aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2, pasti sekarang teman – teman sudah penasaran bagaimana cara menjalankan aplikasi tersebut. Namun, sebelum itu teman – teman harus mendownload aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2 terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Download Rapor PMP 2018-2019 Excel

Baca juga: Bukti Fisik Standar Penilaian Akreditasi SMP

Silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Langkah – langkah Download, Instal, Update Aplikasi e-Rapor SMP ke Versi 2.2

Sebelum melakukan instalasi atau update aplikasi perhatikan hal – hal berikut agar instalasi berajalan dengan baik dan lancar, anatar lain:



  1. Server pada komputer yang difungsikan sebagai server harus teristal Dapodik versi terbaru
  2. Non aktifkan terlebih dahulu windows firewall
  3. Non aktifkan terlebih dahulu aplikasi anti virus yang telah terpasang pada server atau komputer­

Langkah – langkah menginstal Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2, antara lain sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, sebelum melakukan isntalasi silahkan teman – teman download Aplikasi e-Rapor SMP/ MTS melalui link DI SINI atau DI SINI.
  2. Setelah apliikasi e-Rapor terdownload, buka file Aplikasi e-Rapor yang telah di diwonload. Lalu ekstrak, jika sudah selesai mengesktrak file tersebut, silahkan klik kanan kemudian klik Run As
  3. Setelah itu, secara otomais anda akan di arahkan ke halaman awal dari proses penginstalan Aplikasi E-rapor. Lalu klik Lanjut
  4. Jika sudah, kemudian baca persyaratan untuk menginstal E-rapor SMP/ MTs. Apabila sudah selesai membacanya klik Saya Setuju dan Lanjut.
  5. Setelah itu teman – teman akan diarahkan pada tamilan yang ada pilihan tombol Lanjut, maka klik tombol Lanjut, lanjut, terus hingga sampai pada laman Siap Untuk Memasang. Nah, lalu klik Pasang seperti gambar di bawah ini.
  6. Setelah klik Pasang, silahkan tunggu proses instalasi dan jangan pernah klik batal sampai proses instalasi selesai.
  7. Setelah itu klik Allow Access.
  8. Jika sudah maka proses instalasi Aplikasi e-Rapor SMP/ MTs Versi 2.2 telah selesai. Apliaski e-Rapor telah terpasang dan dapat teman – teman akses seuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Cara Login Dan Download E-Rapor SMA

Apabila teman teman menggunakan Aplikasi e-Rapor SMP Versi 1.1, maka silahkan melakukan update dengan langkah – langkah di bawah ini:

  1. Pastikan di dalam server/ komputer teman – teman sudah terinstal Aplikasi e-Rapor SMP Versi 1.0 dan sudah update ke Versi 1.1
  2. Selajutnya lakukan backup data pekerjaan yang ada sebelum teman – teman melakukan update ke Versi 1.2
  3. File backup di Aplikasi e-Rapor SMP Versi 1.1 hanya dapat direstore di Versi 1.1 atau pada database yang sama
  4. Lakukan updater dari Aplikasi e-Rapor SMP Versi 1.1 ke Versi 1.2 dengan catatan jangan melakukan uninstal aplikasi e-Rapor Versi 1.1 yang sudah terinstal sebelmnya.
  5. Pada saat melakukan proses update, pastikan teman – teman sudah menutup aplikasi lainnya.
  6. Apabila penginputan nilai rapor sudah dilakukan manual langsung di Dapodik, jangan melakukan sinkronisasi nilai e-Rapor ke Dapodik karena akan menyebabkan data menjadi ganda di Dapodik
  7. Sebelum melakukan sinkronisasi ke Dapodik, pastikan bahwa tidak ada data dari pembelajaran yang ganda
  8. Disiplin untukmembuat akun admin lebih dari satu, dan selalu melakukan backup setelah selesau melakukan penginputan e-Rapor
  9. Penginputan data nilai USBN dapat dilakukan di e-Rapor yang mana setelah itu akan dilakukan sinkronisasi dengan data yang ada di Dapodik.

Sedangkan bagi teman – teman yang menggunakan Aplikasi e-Rapor SMP Versi 1.2, maka silahkan melakukan update dengan langkah – langkah di bawah ini:

  1. Bagi teman – teman admin sangat dianjurkan untuk membaca dengan cermat dan tuntas tentang panduan e-Rapor dan panduan penlaian
  2. Sebelum teman – teman menggunakan aplikasi e-Rapor, teman – teman harus memastikan bahwa data yang ada di Dapodik sudah benar atau final. Hal ini agar tidak ada kasus kesalahan penginputan sata siswa seperti salah rombongan belajar atau rombel, siswa salah data rincian, penginputan Dapodik yang tidak sesuai prosedur karena hal tersebut dapat menyebabkan permasalahan yang berkelanjutan.
  3. Apabila teman – teman memiliki Aplikasi e-Rapor SMP Versi 1.0, maka silahkan melakukan update ke Versi 1.1 dan dilanjut update ke Versi 1.2
  4. Pastikan menginstal Aplikasi e-Rapor SMP pada server atau komputer yang sudah memiliki aplikasi Dapodik.
  5. Setelah selesai melakukan instalasi akan muncul 2 port yang bisa diakses. Port 2679 untuk mengakses local host, dan 3679 untuk akses melalui client
  6. Disiplin untukmembuat akun admin lebih dari satu, dan selalu melakukan backup setelah selesau melakukan penginputan e-Rapor
  7. Pastikan teman – teman tidak menginstal ang Versi 2018, dikarenakan Aplikasi e-Rapor Versi 2018 merupakan aplikasi Uji Coba.

Baca juga: Download Aplikasi E-Raport SD Semester Ganjil-Genap

Link Download Aplikasi Setiap Versi:

Leave a Reply

Your email address will not be published.