Rumus Elastisitas Penawaran Dan Jenisnya

Posted on

Rumus Elastisitas Penawaran – Banyak sekali persoalan yang bersifat ekonomi yang selalu muncul dalam kehidupan sehari-hari entah itu bagi individu, perusahaan ataupun masyarakat secara keseluruhan. Permasalahan ekonomi mendorong individu atau perusahaan atau masyarakat untuk mengambil keputusan terbaik dengan cara menentukan skala prioritas.



Berdasarkan prinsip atau skala prioritas, maka setiap individu atau masyarakat diharuskan mempunyai kemampuan dalam mengelola resourses untuk pemenuhan kebutuhan akan sebuah produk atau jasa serta menghindari kelangkaan. Maka dari itu, setiap individu, masyarakat atau perusahaan selaku produsen dan juga para pelaku ekonomi lainnya harus mengetahui segala konsep dan teori dalam ilmu ekonomi supaya prinsip-prinsip ekonomi untuk mewujudkan kesejahteraan bisa dirasakan oleh berbagai pihak.

Elastisitas Penawaran

Dalam kegiatan ekonomi, manusia sebagai makhluk ekonomi yang memiliki sifat sosial karena masih membutuhkan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, di masyarakat kita biasa mendengar berbagai istilah ekonomi.  Seperti misalnya pengaruh antara penawaran barang atau jasa dan harga, tentu kita pernah mendengar adanya istilah penawaran dan permintaan. Istilah penawaran dan permintaan biasa kita jumpai dalam kegiatan ekonomi yang sifatnya jual beli atau perdagangan.

Tentunya kita sering mendengar  yang namanya harga dalam kegiatan perdagangan.  Harga sendiri dalam kegiatan ekonomi jual beli atau perdagangan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perubahan permintaan dan penawaran. Pengaruh perubahan harga terhadap perubahan permintaan dan penawaran dalam kegiatan ekonomi jual beli atau perdagangan ini biasa disebut sebagai elastisitas.

Jadi, konsep ekonomi elastisitas merupakan suatu konsep dimana pengaruh perubahan harga  dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan jumlah atau kuantitas dari permintaan dan penawaran suatu produk atapun barang.

Konsep elastisitas adalah suatu konsep yang memiliki fungsi untuk mengetahui sejauh mana sifat responsif permintaan terhadap perubahan harga. Dalam elastisitas permintaan yang akan diukur adalah ukuran berapa besar dari kuantitas atau jumlah permintaan akibat pengaruh perubahan harga, sedangkan dalam elastisitas penawaran yang akan dikur adalah pengaruh perubahan harga terhadap kuantitas atau jumlah dari penawaran sebuah produk.



Ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kuantitas atau jumlah dari permintaan dan penawaran, tetapi harga juga menjadi faktor paling penting yang dapat menentukan jumlah atau kuantitas permintaan dan penawaran tersebut. Dengan adanya perubahan ini, maka disebutlah istilah elastis sebagai pengganti istilah perubahan tersebut.

Dalam pembahasan kali ini, yang akan dibahas secara detail adalah tentang elastisitas dari penawaran. Tetapi sebelum membahas mengenai jenis-jenisnya, kita akan membahas pengertian dari elastisitas penawaran terlebih dahulu. Ada banyak sekali pengertiannya menurut beberapa ahli.

Akan tetapi, pengertian secara umum adalah tingkat atau derajat kepekaan atau elastisitas itu sendiri dalam mengatasi perubahan ekonomi.

Elastisitas Penawaran

Dalam ilmu ekonomi sendiri, pengertian elastisitas penawaran adalah ukuran kepekaan jumlah penawaran suatu barang dengan harga barang itu sendiri. Atau dengan kata lain adalah sebuah gambaran pengaruh dari harga sebuah barang terhadap jumlah produk atau barang-barang yang akan dijual.

Apabila kenaikan harga bersamaan dengan peningkatan barang yang ditawarkan maka hal seperti ini biasa disebut dengan elastis. Namun sebaliknya, apabila peningkatan harga tidak dibarengi dengan adanya peningkatan barang yang akan ditawarkan maka kejadian penawarannya disebut sebagai inelastis.



Baca juga: Teori Perilaku Konsumen

Rumus Persamaan Koefisien Elastisitas Penawaran

Rumus Persamaan Koefisien Elastisitas Penawaran

Keelastisan dari penawaran akan dinyatakan dengan sebuah bilangan yang biasa disebut sebagai koefisien elastisitas penawaran dan pada umumnya dinotasikan dengan huruf Es. Nilai Es akan menunjukkan suatu perbandingan antara persentasi perubahan jumlah barang yang akan ditawarkan dengan persentase perubahan harganya.

Nilai yang dimiliki Es bisa dihitung berdasarkan formula berikut ini:

Es = (∆Q/Q) / (∆P/P)

Keterangan:

∆Q adalah perubahan jumlah penawaran

∆P adalah perubahan dari harga barang

P adalah harga mula-mula

Q adalah jumlah penawaran mula-mula

Es adalah koefisien dari elastisat penawaran

Contoh Soal Perhitungan Elastisitas Penawaran

Apabila penawaran dari sebuah barang mempunyai nilai koefisien Es sama dengan 2, maka perubahan dari persentasi harga bisa membuat terjadinya perubahan persentase penawaran ∆Q/Q hingga dua kali lebih besar jika dibandingkan perubahan dari persentase harga  (∆P/P).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *