Cara Daftar Emis Pontren Dan Cara Pengisian Data

Posted on

Cara Daftar Emis Pontren Dan Cara Pengisian Data – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang cara daftar emis pontren dan cara pengisian data.



Artikel ini juga akan menyajikan langkah – langkah serta penjelasan tentang cara pendaftaran , login , serta pengisian data yang dapat anda lihat pada artikel kami kali ini.

Salah satu upaya Direktorat Jenderal Pendidikan Islam atau Ditjen Pendis untuk meningkatkan pendidikan di bawah naungan kementerian agama adalah dengan mengikuti perkembangan di era digital ini.

Salah satunya adalah dengan mengeluarkan satu aplikasi untuk mengelola data pendidikan baik lembaga pendidikan formal maupun non formal yang dinamai dengan EMIS.

Baca juga: Simba PD Pontren Cara Daftar Dan Login

Baca juga: Aturan Permendikbud no 57 Tahun 2014

Pengertian Emis Pontren

Emis merupakan kepanjangan dari Education Management Information System yang jika diartikan menjadi Sistem informasi manajemen pendidikan. Sedangkan Pontren merupakan singkatan dari Pondok Pesantren.



Emis pontren merupakan sistem informasi manajemen pendidikan yang mengelola lembaga pendidikan keagamaan seperti Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT), lembaga pendidikan Al Qur’an (LPQ) , dan pondok pesantren.

Fungsi dari Emis adalah berfungsi untuk melakukan pendataan atau administrasi lembaga pendidikan keagamaan Islam yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Baca juga: Panduan Verval PD Dapodik Terbaru 2022

Apabila dituliskan fungsi – fungsi emis adalah sebagai berikut:

  1. Untuk Mendapatkan Pelayanan Administrasi dari Kemenag

Mendapatkan dan melakukan entry data EMIS secara umum untuk mendapatkan pelayanan lembaga dari Kementerian Agama.

  1. Memiliki Kans Untuk Mendapatkan Bantuan

Yang kedua adalah emis sebagai lembaga yang memiliki kans yang digunakan untuk mendapatkan berbagai bantuan pendidikan dimana salah satu syarat aatau ketentuan penerima bantuan yakni telah terdaftar pada Kemenag yang mana pendaftran ini dilakukan melalui sistem EMIS.

  1. Perhitungan Jumlah Siswa yang Mendapatkan Dana BOS

Bagi lembaga pondok pesantren atau Pontren seperti Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren, Pesantren Muadalah, Pendidikan Diniyah Formal yang berfungsi untuk mendapatkan Dana Bantuan Operasional Sekolah atau Dana BOS disesuaikan dengan jenjang pendidikan yang sedang ditempuh oleh peserta didiknya. Jumlah peneriman bantuan BOS dihitung berdasarkan jumlah peserta didik yang masuk dalam data EMIS.



  1. Data Santri yang Diikutkan Pada Ujian Sekolah atau Madrasah dan Ujian Nasional

Para peserta didik yang akan melaksanakan ujian baik ujin sekolah, ujian madrasah, atau pun ujian nasional, data para peserta didik itu diambil dari Aplikasi EMIS yang lalu disinkronkan dengan data yang ada pada Dinas pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.