4 Kompetensi Guru Dan Penjelasan

Posted on

4 Kompetensi Guru Dan Penjelasan – Apabila anda seorang pendidik, maka anda harus mengetahui apa saja standar kompetensi guru yang harus dikuasai. Perlu anda ketahui bahwa ada 4 kompetensi guru yang wajib dimiliki oleh guru atau dosen yang mengajar di Indonesia. Seorang guru harus mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik sesuai dengan ketetapan yang diberlakukan oleh pemerintah.

Ketetapan tersebut telah tercantum di dalam perundang-undangan. Dimana seorang guru harus bersikap profesional dan memiliki 4 kompetensi dasar dalam memberikan pendidikan pada generasi bangsa. Terlebih lagi seperti yang diketahui bahwa hampir setengah guru di tanah air sudah mempunyai sertifikasi sertifikasi. Hal ini berarti para guru diharuskan untuk menunjukkan kualitas dan profesionalisme kinerjanya dengan baik dan maksimal.



Seorang guru yang sudah bersertifikasi berarti sudah diakui sebagai guru yang berkualitas. Dan tentunya kompetensi yang diperoleh dari proses sertifikasi tersebut harus diterapkan pada kesehariannya selama menjalankan tugas sebagai guru. Kompetensi sendiri adalah seperangkat keteramplan, pengetahuan, dan perilaku yang harus dimiliki, dikuasai dan dihayati oleh para guru dalam melaksanakan tugas keprofesional. Kompetensi guru mengenai kewenangannya dalam melaksanakan tugas menggunakan bahan pembelajaran sebagai alat dalam memberikan pendidikan.

Baca juga : Format Agenda Harian Guru

Pada dasarnya, kompetensi adalah hasil dari kombinasi antara semua kemampuan, perilaku dan pengetahuan yang wajib dimiliki oleh seorang guru supaya bisa dihayati dan dikuasai untuk memberikan pembelajaran kepada siswanya. Apabila anda masih belum tahu, kompetensi yang harus dimiliki oleh para guru adalah kepribadian, pedagogik, sosial, dan profesional.

Supaya bisa menghasilkan peserta didik yang berkualitas, maka seorang guru harus mampu menguasai 4 kompetensi tersebut. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan mengulas tentang 4 kompetensi guru yang tidak boleh sampai terlewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.