×

4 Kompetensi Guru Dan Penjelasan

Posted on

  1. Kompetensi Sosial

Kompetensi guru yang selanjutnya adalah kompetensi sosial. Kompentensi sosial merupakan kemampuan guru dalam bergaul dan berkomunikasi dengan baik dan efektif kepada peserta didik, tenaga kependidikan,, sesama pendidik, dan masyarakat sekitar yang termasuk orang tua atau wali dari peserta didik. Kompetensi sosial ini bisa dilihat dari kemampuan  guru dalam bekerja sama dan bermasyarakat dengan peserta didik dan semua orang yang memiliki peran dalam lingkungan pendidikan.

Ada beberapa kompensi sosial yang harus dimiliki oleh seorang guru. Salah satunya yaitu dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan baik dan fungsional. Seorang guru juga harus mampu berkomunikasi dengan baik secara tulisan ataupun lisan kepada peserta didik.

Tidak hanya di lingkungan belajar saja, guru juga harus bisa bergaul secara sopan dan santu kepada masyarakat. Ini sangatlah penting supaya guru bisa membangun penilaian dan pandangan yang baik di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Dalam menjalankan aktivitas, para guru diharuskan untuk bertindak berdasarkan norma agama, sosial, hukum dan kebudayaan nasional.



Dengan demikian, para guru dapat menunjukkan pribadi yang teladan dan dewasa. Apabila anda mempunyai kompetensi sosial secara sempurna maka anda akan merasa sangat bangga karena sudah berhasil menjadi seorang guru yang berkompetensi. Terlebih lagi, jika para guru bisa menjadi tauladan yang baik bagi anak didiknya. Tentu saja mendidik anak bangsa akan menjadi suatu pekerjaan yang paling menyenangkan bagi para guru.

Baca juga : Absen Guru Online

Perlu anda pahami bahwa kompetensi yang telah diulas di atas pada intinya bersifat integratif dan holistik dalam kinerja yang ditunjukkan oleh setiap guru.

Oleh karena itu, semua guru diwajibkan untuk memiliki kompetensi seperti di atas supaya bisa melahirkan generasi bangsa yang berpendidikan dan memiliki akhlak yang mulia. Terlebih lagi untuk anda yang sudah bersertifikasi, tentu saja keempat kompetensi di atas harua anda miliki dan kuasai dengan baik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang 4 kompetensi guru. Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat bagi kita semua terutama bagi anda yang sedang membutuhkannya. Terima kasih atas perhatianya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *