Faktor Penghambat Perdagangan Internasional

Posted on

Faktor Penghambat Perdagangan Internasional – Perdagangan internasional adalah kegiatan meliputi ekspor atau impor yang memiliki pengaruh besar terhadap perekonomian suatu negara. Perdagangan internasional sudah ada sejak tahun 1800-an. Hingga memunculkan banyak teori, dimulai dari zaman teori ekonomi klasik yang dikemukakan oleh Adam Smith dan David Ricardo.

Setelah itu berkembang menuju teori perdagangan internasional modern yang dicetuskan oleh Hecker-Ohlin atau Paradoks Leontief. Tentu saja ini menunjukkan bahwa perkembangan perdagangan internasional telah ikut berkembang sepanjang zaman.

Karena merupakan salah satu bentuk perdagangan yang dilakukan oleh masyarakat di dunia, pastinya perkembangan sistem perdagang internasional juga semakin berkembang dari waktu ke waktu. Sudah banyak sekali negara yang mampu memanfaatkan perdagangan internasional sebagai suatu sarana untuk dapat meningkatkan devisa negara dengan mengenjot sektor ekpor.



penghambat perdagangan internasional

Namun ada juga negara yang menghabiskan devisa negara dengan mengimpor suatu barang yang notabene tidak bisa mereka produksi untuk dapat memenuhi kebutuhan dalam negri. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa adanya suatu kendala atau hambatan tersendiri dalam perdagangan internasional.

Baca juga: Pengertian Perdagangan Internasional

Maka dari itu, kami disini akan membahas tentang 10 faktor penghambat perdagangan internasional. Mari simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

  1. Keamanan Suatu Negara

Keamanan merupakan salah satu faktor krusial yang menjadi penentu suksesnya perdagangan internasional. Faktor yang satu ini menjadi sebuah patokan bagi negara lain untuk melakukan kerjasama dalam bidang ekonomi. Faktor keamanan memang akan selalu berimbas kepada sektor ekonomi yang dimana seseorang akan merasa kurang nyaman dan ketakutan untuk melakukan transaksi.

Sehingga keadaan seperti ini akan membuat para pedagang luar menjadi kabur. Para pedagang akan lebih memperhatikan faktor ini, karena secara langsung dapat memberikan pengaruh kepada keselamatan diri dan produk yang dijual. Maka dari itu para pedagang akan lebih memilih negara yang sedang tidak mengalami konflik dan stabil kondisi politik dan ekonominya.

  1. Kebijakan Ekonomi Internasional yang Dilakukan Oleh Pemerintah

Setiap negara pastinya mempunyai kebijakan yang berbeda dalam perkonomia mereka. Ternyata kebijakan yang diberlakukan dalam suatu negara bisa menjadi salah satu penghambat perdagangan internasional. Beberapa kebijakan tersebut yaitu adanya pembatasan terhadap impor suatu produk, penetapan tarif impor atau impor yang sangat tinggi dan birokrasi yang berbelit beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *