Format Laporan BOS Terbaru 2021-2022

Posted on

Format Laporan BOS Terbaru 2021-2022 – BOS atau Bantuan Operasional Sekolah adalah program pemerintah yang berasal dari realokasi dana subsidi BBM dalam bidang pendidikan. Program ini memiliki tujuan untuk membebaskan biaya pendidikan bagi siswa yang tidak mampu serta meringankan siwa lain. Dengan adanya program ini, siswa diharapkan mampu mendapatkan pendidikan yang bermutu hingga 12 tahun lamanya.



BOS adalah sebuah progam untuk penyediaan pendanaan biaya non personalia khusus untuk sekolah dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Adapun jenis-jenis kegiatan yang bisa dibiayai menggunakan dana BOS adalah sebagai berikut:

  1. Pembiayaan semua kegiatan dalam rangka untuk penerimaan siswa siswi baru, mulai dari biaya pendaftaran, penggandaan formulir, administrasi pendaftaran, pendaftaran ulang, dan berbagai kegiatan lainnya yang berhubungan dengan penerimaan siswa baru.
  2. Pembelian buku referensi untuk dijadikan sebagai koleksi di perpustakaan.
  3. Pembelian buku pelajaran untuk dijadikan sebagai koleksi di perpustakaan.
  4. Pembiayaan untuk kegiatan remidial, pembiayaan pengayaan, olahraga, kesenian, karya ilmiah remaja, palang merah, pramuka, dan kegiatan sejenisnya.
  5. Pembiayaan untuk ujian termasuk ulangan harian, ulangan umum, dan ujian sekolah.
  6. Pembelian untuk barang-barang yang sudah habis digunakan seperti buku tulis, kapur, spidol, kertas, bahan praktikum, dan lain sebagainya.
  7. Pembiayaan untuk langganan daya dan jasa seperti listrik, air, telepon, termasuk untuk pemasangan baru jika sudah ada jaringan di lingkungan sekolah.
  8. Pembiayaan untuk perawatan sekolah, seperti pengecatan, memperbaiki atap yang bocor, memperbaiki pintu dan jendela, memperbaiki sanitasi, dan lain sebagainya.
  9. Biaya untuk memberi upah pada guru honorer.
  10. Pengembangan profesi guru, yaitu pelatihan, KKG atau MGMP, dan KKKS atau MKKS.
  11. Biaya transportasi untuk siswa tidak mampu yang menghadapi masalah transportasi menuju sekolah.
  12. Pembiayaan untuk pengelolaan BOS, termasuk alat kantor, penggandaan, surat menyurat, intensif untuk bendahara, dan lain sebagainya.
  13. Biaya pembelian komputer dekstop untuk menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah.
  14. Apabila dana BOS sudah digunakan untuk kegiatan di atas, dan misalnya masih ada sisa, maka sisa dana BOS tersebut nantinya bisa digunakan untuk keperluan membeli alat peraga, media pembelajaran, mesin ketik, dan juga mebeler sekolah.

Baca juga: Contoh SK Bendahara BOS

Laporan Keuangan BOS pada umumnya di buat oleh Bendahara sekolah, dimana nantinya akan digunakan sebagai pelengkap adminstrasi sekolah dan pencairan dana BOS yang selanjutnya. Lalu, apakah Anda sudah memiliki contoh format BOS terbaru? Jika Anda merupakan bendahara BOS namun masih belum memiliki format rekapitulasi realisasi penggunaan dana BOS reguler maka kami akan bagikan formatnya pada akhir artikel ini.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pembuatan Laporan BOS

Sebelum bagikan formatnya, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai hal-hal yang penting diperhatikan dalam pembuatan laporan BOS, yaitu:

  • Setiap kegiatan yang ingin dilaksankan maka harus dibuatkan terlebih dahulu laporan singkat pelaksanaan kegiatan, Surat Keputusan (SK) Kegiatan dan Surat Tugas jika dibutuhkan;
  • Bukti pengeluaran dana dalam bentuk kuitansi, faktur pajak, surat setoran pajak, nota, bon yang bisa didapat dari toko atau supplier. Dalam hal ini juga harus mencantumkan tanggal pembelian dan stampel toko;
  • Melakukan dokumentasi untuk setiap kegiatan, bisa berupa foto, vide, dan media publikasi online atau offline jika memang dibutuhkan;
  • Semua arsip data keuangan, baik itu berupa laporan-laporan keuangan ataupun dokumen pendukung harus disimpan dengan baik dalam bentuk soft copy dan hard copy, kemudian ditata secara urut sesuai dengan nomor dan tanggal kejadiannya. Penyimpanan harus ditempat yang aman dan tentunya mudah untuk ditemukan setiap saat sehingga tidak menyulitkan saat mencari.

Baca juga: Cara Melaporkan Dana BOS Online

Dokumen Pendukung Laporan Pertanggungjawaban Dana BOS

Perlu diketahui bahwa laporan pertanggungjawaban ini pada umumnya disusun dilengkapi dengan beberapa dokumen pendukung, seperti:



  1. Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Operasional;
  2. SPTB atau Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja;
  3. RKAM atau Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah;
  4. Pembukuan (BKU) (Formulir BOS K-2), dan BPP;
  5. Kuitansi Pengeluaran dan Faktur;
  6. SSP (Surat Setor Pajak) atau Bukti Setor Pajak.

Dokumen laporan beserta semua pendukungnya harus disimpan di sekolah, karena nantinya akan dilaporkan dan dipertanggungjawabkan kepada pengawas sekolah, tim pengelola BOS tingkat kabupaten atau kota, aparatur pengawas intern pemerintah, dan lembaga pemeriksa yang lainnya jika dibutuhkan.

  • Pencatatan Pelayanan dan Penanganan Pengaduan Masyarakat

Laporan ini adalah berupa rekapitulasi laporan penanganan pengaduan masyarakat dalam tingkat sekolah (jika ada). Laporan ini harus disimpan di sekolah, karena nantinya akan dilaporkan dan dipertanggungjawabkan kepada pengawas sekolah, tim pengelola BOS tingkat kabupaten atau kota, aparatur pengawas intern pemerintah, dan lembaga pemeriksa yang lainnya jika dibutuhkan.

  • Laporan Aset

Sekolah diharuskan untuk segera melaporkan hasil pembelian barang aset yang menggunakan dana BOS yang telah diterima pada tahun anggaran berkenaan. Untuk masalah mekanisme pelaporan belanjaan dari BOS dan penerimaan barang aset kepada kementerian harus berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Contoh Format Laporan BOS Terbaru

Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) Pusat memang menjadi sumber keuangan yang dibutuhkan oleh sekolah, terutama sekolah negeri. Berikut ini adalah beberapa hal yang dibutuhkan untuk rekonsiliasi laporan penggunaan tahun 2020 ke Dinas Pendidikan:

  1. Format Buku Kas Umum

Format buku kas umum sama dengan tahun yang sebelumnya pada juknis disebut sebagai format BOS-K3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *