Biaya Dan Keuntungan Waralaba Indomaret


Biaya Dan Keuntungan IndomaretIndomaret merupakan sebuah minimarket yang mempunyai jaringan terluas dan tersebar sampai keseluruh pelosok wilayah Indonesia. Apabila anda pergi ke wilayah manapun itu maka anda akan dengan mudah menjumpai Indomaret. Keberadaan Indomaret kini menjadi minimarket terbesar yang mampu menyediakan semua kebutuhan masyarakat mulai dari kebutuhan primer sampai kebutuhan sekunder.

Keuntungan Waralaba Indomaret

Dengan lokasi toko yang sangat mudah dijangkau dan standar pelayanan yang baik telah membuat indomaret menjadi minimarket yang paling banyak dikunjungi. Disamping itu, kenyamanan dan kemudahan dalam melakukan transaksi pastinya menjadi hal yang menjadi pertimbangan. Indomaret juga selalu mengedapankan inovasi sehingga hal ini akan membuat para konsumen merasa terbantu.

Indomaret menjadi salah satu jenis usaha waralaba yang banyak diminati. Namun seiring dengan perubahan gaya hidup atau lifestyle masyarakat yang kekinian, usaha waralaba indomaret menjadi sebuah bisnis potensial yang  patut dilirik. Usaha waralaba banyak diminati karena memiliki resiko yang sangat minim dan sistemnya sudah terbangun. Dengan demikian tidak akan banyak yang mengalami kendala  atau hambatan dalam operasionalnya. Disamping itu, Indomaret merupakan toko retail yang mampu bersaing dengan beberapa pesaing yang kuat terutama alfamart.

Baca juga: Usaha Modal 10 Juta Di Desa

Cara Bergabung Waralaba Indomaret

Cara Bergabung dengan Indomaret

Apabila anda berminat untuk membuka toko indomaret. Kami akan menjelaskan bagaimana  cara bergabung dengan indomaret sebagai waralaba yang sangat menguntungkan. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini:

  1. Mempersiapkan Dokumen

Dokumen merupakan persyaratan yang paling penting ketika akan membuka usaha waralaba. Syarat utama untuk dapat bergabung dengan indomaret yaitu anda haruslah warga negara Indonesia asli. Sehingga anda harus menyerahkan dokumen penting seperti KTP, KK atau identitas lainnya. Dokumen ini akan digunakan sebagai bukti bahwa anda merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) asli.

Untuk bisa mendapatkan dokumen identitas tersebut tentu bukanlah hal yang sulit. Ini dikarenakan setiap orang yang sudah mencapai usia 17 tahun pasti sudah memilikinya. Dokumen ini hanya akan dipakai sebagai lampiran saja, sehingga anda harus membuat salinannya dan sertakan pula dokumen aslinya.

  1. Menyiapkan Lokasi Usaha yang Strategis

Apabila dokumen sudah siap, langkah berikutnya adalah menyiapkan lokasi. Lokasi yang sudah dipersiapkan nantinya akan digunakan untuk membangun toko waralaba milik anda. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih lokasi yaitu lokasi yang dipilih harus mudah dijangkau oleh kendaraan, tidak jauh dengan jalan raya dan pusat keramaian, atau anda bisa juga memilih lokasi yang tidak jauh dengan sarana umum seperti pasar dan rumah sakit.

Dengan lokasi yang tepat pastinya mampu untuk menjaring pembeli lebih banyak. Sehingga dapat dikatakan bahwa lokasi menjadi faktor penting supaya toko indomaret anda ramai dikunjungi orang. Pastinya anda jarang menjumpati toko minimarket yang lokasinya tidak berada di pinggir jalan utama.

Mengapa demikian? Ini dikarenakan jika askes jalan sangat sulit untuk dilewati atau harus masuk gang maka orang pastinya akan lebih memilih toko lainnya yang berada di pinggir jalan. Sedangkan untuk lokasi tersebut anda harus menyiapkan tanah kosong yang memiliki luas 120 sampai 200 meter persegi. Apabila permohonan anda di kabulkan mak di lokasi itulah toko indomaret anda akan berdiri.

  1. Mengurus Surat Surat Kelengkapan Usaha

Hal penting lainnya yang perlu anda urus dan persiapkan adalah surat izin kelengkapan usaha. Surat izin kelengkapan usaha ini meliputi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Untuk Perusahaan (SIUP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Semua berkas ini pastinya bisa anda urus melalui instansi yang terkait. Anda bisa mendatangi Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu untuk mengurus IMB dan SIUP. Sementara untuk membuat NPWP anda cukup mendatangi kantor pajak. NPWP yang akan anda buat nantinya bukan NPWP perseorangan tetapi NPWP dari usaha indomaret yang akan dibuka.

  1. Menyiapkan Modal Investasi

Menyiapkan modal investasi adalah hal yang tak kalah penting dan harus anda persiapkan. Modal ini merupakan investasi yang harus diberikan ketika pihak indomaret sudah menyetujui permohonan anda untuk bergabung. Jumlah modal yang wajib diinvestasikan tergantung dari jenis usaha waralaba yang dipilih. Apakah anda akan membuka toko anda sendiri dari awal ataukah mengambil alih / take over usaha indomaret yang sudah ada.

Untuk dapat membuka usaha indomaret sendiri maka jumlah investasi yang wajib dikeluarkan adalah 300 sampai 400 juta. Sementara untuk membuka usaha dengan cara mengambil alih dana investasikan yang diperlukan adalah sekitar 150 sampai 200 juta. Dana investasi yang harus dikeluarkan tersebut sudah termasuk membayar royalti selama masa kontrak. Pada umumnya masa kontrak akan berlangsung dalam waktu 5 tahun.

  1. Mendaftar Melalui Call Center

Mendaftar Melalui Call Center

Apabila semua persyaratan diatas sudah terpenuhi maka langkah berikutnya adalah anda diharuskan mendaftar untuk dapat bergabung dan membuka usaha waralaba anda. Anda dapat melakukan pendaftaran melalui call center ke nomor 1500-580 atau bisa juga dengan mengunjungi website www.indomaret.co.id untuk dapat mengunduh form pendaftaran. Dalam masa pendaftaran ini anda diharuskan bersabar dan menunggu. Hal ini dikarenakan membutuhkan waktu yang cukup lama supaya tim survei bisa menyurvei lokasi yang telah anda ajukan.

  1. Tahapan Persentasi

Tahapan berikutnya apabila proses pendaftaran anda teregistrasi maka tim verifikator akan melakukan persentasi. Persentasi akan dilakukan dalam 2 tahapan. Tahapan pertama adalah dengan menjelaskan keuntungan yang didapat toko perbulan, mekanisme kerjasama, besaran investasi, dan sistem operasional. Pada persentasi ini anda diharuskan membawa salinan dokumen yang berupa sertifikat bangunan, dokumen identitas KK, KTP, SIUP, IMB dan NPWP.

Sedangkan untuk persentasi tahapan kedua adalah anda akan diberikan hasil dari kelayakan survei, perencanaan anggaran belanja, dan besaran investasi. Pada persentasi kedua ini umumnya akan dilakukan  penandatangan kontrak kerja antara pihak indomaret dan pewaralaba. Mou (Nota Kesepakatan) meliputi pembagian tugas antara indomaret dan pewaralaba dalam mengurus izin, pembukaan toko, renovasi toko, seleksi dan training karyawan, pembelian perlengkapan dan pembayaran termin.

  1. Pembukaan Toko

Apabila semua item dan persyaratan sudah terpenuhi maka tahapan berikutnya adalah pembukaan toko. Proses pembukaan toko dan juga promosi yang diberikan akan ditetapkan oleh pihak indomaret. Saat pembukaan toko tersebut maka sekaligus akan dilakukan tandatangan kontrak yang berlaku selama 5 tahun.

Apabila masa berlaku kontrak tersebut sudah habis maka pihak indomaret akan melakukan evaluasi apakah akan tetap menjalankan kerjasama atau sebaliknya yaitu memutuskan hubungan kerja sama. Maka dari itu anda harus benar benar memahami apakah faktor kegagalan dalam wirausaha dan juga penjelasannya supaya anda nantinya tidak akan mengalami kegagalan dalam menjalankan usaha.

Perhitungan Biaya Investasi Bisnis Mini Market Indomaret

Perhitungan Biaya Investasi Bisnis Mini Market Indomaret

Bagi anda yang merupakan pelaku binis franchise Indonesia indomaret  pastinya penting sekali bagi anda untuk memperhatikan serta menyiapkan modal investasi yang digunakan untuk gerai anda nantinya. Kami disini akan menjelaskan secara lebih detail lagi untuk perhitungan biayanya. Nah, anda setidaknya harus memiliki modal investasi sebesar RP 394 juta untuk bisa membuka gerai baru.

Biaya sebesar 394 juta ini sudah mencakup biaya franchise sekitar Rp 36 juta. Kemudian biaya promosi dan persiapan kurang lebih sekitar RP 9,5 juta. Biaya untuk renovasi dan biaya listrik sekitar Rp 170,5 juta. Bahkan juga termasuk biaya peralatan elektronik dan juga non elektronik sekitar Rp 178 juta. Namun biaya tersebut masih belum termasuk gaji pegawai dan biaya sewa bangunan sebagai tempat usaha.

Sementara untuk biaya franchise indomaret 2021 dengan melalui cara takeover atau mengambil alih gerai yang telah dijalankan oleh pihak indomaret. Dalam hal ini anda harus menyediakan dana  investasi kurang lebih sekitar 300 juta sampai dengan 600 juta. Biaya ini sudah termasuk royalty yang perlu dibayarkan untuk bisa menjalankan franchise dan sewa bangunan dalam waktu 5 tahun. Namun biaya tersebut masih belum termasuk biaya renovasi, perlengkapan tambahan, dan juga gaji pegawai.

Prosedur Take Over Bisnis Mini Market Indomaret

Takeover indomaret

Takeover indomaret merupakan salah satu cara tepat bagi anda yang ingin memulai bisnis indomaret namun tidak mempunyai lokasi usaha.  Dengan melalui mekanisme maka anda bisa mengambil alih gerai indomaret yang sudah dijalankan oleh pihak indomaret sebelumnya. Bagi Anda yang ingin mencoba untuk menjalankan cara ini maka bisa anda coba mulai dengan mengajukan presentasi proposal gerai.

Jika sudah disetujui maka anda bisa lanjut ke tahapan pembahasan dan melakukan tanda tangan kontrak perjanjan peningkatan serta pembayaran biaya franchise. Setelah itu, pihak indomaret akan membantu anda dalam mengurus perizinan bisnis gerai yang akan anda takeover atau ambil alih. Selanjutnya anda bisa langsung membuka gerai yang sudah anda takeover.

Keuntungan Bisnis Mini Market Indomaret

Keuntungan Bisnis Mini Market Indomaret

Menurut estimasi para pelaku bisnis yang telah berhasil menjalankan bisnis ini akan memperoleh keuntungan (balik modal) dalam jangka waktu sekitar 3 sampai 5 tahun. Pihak indomaret sendiri telah memberikan target bahwa dalam waktu satu hari para pelaku binis mampu untuk mendapatkan keuntungan sekitar Rp 7 sampai dengan Rp 9 juta. Atau dalam waktu perbulan bisa mencapai angka keuntungan Rp 200 juta sampai dengan 270 juta.

Maka tak heran jika para pelaku usaha bisa mendapatkan keuntungan bersih sebesar 5%, yaitu sekitar Rp 10 sampai dengan Rp 13 juta yang sudah dipotong dari gaji karyawan, belanja produk, biaya royalty dan juga biaya lain.

Pada umumnya para pelaku bisnis baru akan dikenakan biaya royalty jika mendapatkan omset lebih dari Rp 175 juta. Sedangkan untuk biaya royaltynya sendiri kurang lebih sekitar 2 sampai 4 juta. Bahkan jika misalnya tidak mampu mencapai omset, maka para pelaku bisnis diperbolehkan untuk memindah usaha gerai. Namun untuk masalah biaya sewa, renovasi, dan lain sebagainya harus ditanggung sendiri.

Seorang pelaku bisnis yang bernama Yuliane Setyoaji sudah memberikan testimoni mengenai franchise indomaret miliknya. Beliau mengatakan bahwa dalam seharinya mampu mendapatkan omset sekitar Rp 8,5 juta perharinya. Hal ini tentunya sudah sesuai dengan target yang telah direncanakan oleh pihak indomaret.

Fasilitas Pendukung Indomaret untuk Mitranya

Fasilitas Pendukung Indomaret untuk Mitranya

Saat menjalankan bisnis ini, pastinya para pelaku bisnis juga akan memperoleh sejumlah keuntungan yang akan mendukung usaha gerai indomaret anda. Dukungan seperti ini pastinya akan memudahkan anda dalam melakukan persiapan dan memanajemen gerai anda.

Seperti yang  berkaitan dengan survet kelayakan tempat untuk menjalankan usaha, survey untuk kelayakan investasi, perencanaan dan tata ruang gerai, pengurusan ijin usaha, dan perencanaan RAB. Selanjutnya melakukan renovasi, pembelian berbagai perlengkapan, melakukan promosi, kredit barang dagangan, sistem administrasi dan operasional, rekruitmen dan juga pelatihan karyawan.

Baca juga: Perusahaan Multinasional Di Indonesia

Itulah beberapa cara yang dapat kami sampaikan mengenai cara bergabung dengan Indomaret sebagai waralaba yang sangat menguntungkan. Ini merupakan salah satu peluang bagi anda untuk bisa mencicipi dan memulai bisnis waralaba yang notabene akan menghasilkan banyak keuntungan. Dengan memanfaatkan kebiasaan masyarakat Indonesia yang sudah mulai berubah yaitu dari pasar tradisional menuju ke pasar modern.

Pastinya keberadaan minimarket seperti indomaret dapat memberikan perubahan pola konsumsi dan prilaku konsumen. Selain itu, kepraktisan dan kemudahan serta promo dan diskon yang sangat menarik pastinya juga menjadi daya tarik indomaret sebagai minimaret yang memiliki jaringan terbesar di Indonesia.

Jadi, anda sudah tidak perlu menunda waktu lagi. Mulailah untuk bergabung dan raih kesuksesan anda bersama waralaba Indomaret. Selamat mencoba, semoga pembahasan kali ini dapat membantu anda dan juga menambah wawasan anda. Sekian, terima kasih sudah mengunjungi website kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *