Contoh Gambar Lingkungan Sekolah

Foto Lingkungan Sekolah – Sekolah merupakan salah satu tempat yang memberikan begitu banyak kesan bagi setiap orang. Setiap anak yang lulus dari SD, SMP, SMA/MA/SMK pasti mempunyai begitu banyak cerita yang akan dikenang sepanjang masa.

Disadari atau tidak lingkungan sekolah memang tidak hanya tentang belajar dan mengajar saja. Di sana kita berinteraksi dengan teman-teman sebaya kita. Menjalin komunikasi, keakraban dan pengalaman yang tak terlupakan.

Selain sebagai tempat untuk menuntut ilmu, sekolah juga menjadi tempat bagi setiap siswa untuk bermain tan menambah pengalamannya. Tak mengherankan jika hal tersebut membuat sekolah menjadi salah satu tempat yang akan selalu dikenang oleh mereka yang pernah singgah di sana sebagai seorang siswa.

contoh lingkungan sekolah

Di samping itu sekolah juga kerap menjadi objek bagi banyak orang, terutama anak-anak untuk digambar. Bisa dibilang gambar sekolah menjadi salah satu yang paling mudah selain dua gunung yang di sisi tengahnya terdapat jalan lurus yang seakan membelahnya.

Akan tetapi yang jadi permasalahan adalah jika kita tidak mempunyai inspirasi atau pikiran sedang buntu ingin menggambar sekolah yang seperti apa. Apabila butuh inspirasi, Anda bisa memanfaatkan kecanggihan internet untuk mencari referensi atau contoh gambar lingkungan sekolah.

Ada banyak sekali anak atau orang yang berbaik hati dengan membagikan karya gambar lingkungan sekolah mereka ke internet. Anda bisa menjumpainya dengan mudah di berbagai laman web atau situs pencarian gambar.

Baca juga: Struktur Organisasi Kelas

Untuk memudahkan Anda, berikut ini kami melampirkan beberapa gambar lingkungan sekolah. Kami bagi menjadi dua macam, yaitu gambar ilustrasi dan foto lingkungan sekolah. Sehingga Anda bisa menjadikan referensi tersebut sebagai inspirasi jika ingin menggambar lingkungan sekolah atau kebetulan sedang mencari gambar sekolah untuk tujuan tertentu.

Di bawah ini ada gambar lingkungan SD, SMP dan gambar lingkungan SMA yang bisa Anda lihat.

Gambar Lingkungan Sekolah

ilustrasi lingkungan sekolah

ilustrasi sekolah

contoh lingkungan sekolah

menggambar sekolah

gambar sekolah kartun

gambar sekolah

Foto Lingkungan Sekolah

foto lingkungan sekolah

lingkungan sekolah asri

lingkungan sekolah bersih

lingkungan sekolah sma

gambar lingkungan sekolah

gambar sekolah

Pengertian Sekolah

Sebagai tambahan, kami juga akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan sekolah. Salah satunya adalah definisi sekolah. Mungkin Anda mengerti apa itu sekolah namun kesulitan untuk mengungkapkannya dengan kata-kata.

Sekolah adalah lembaga pendidikan yang bersifat formal, non formal dan informal yang pendiriannya dilakukan oleh negara maupun swasta dengan tujuan untuk memberikan pengajaran, pendidikan dan mengelola para murid lewat bimbingan yang diberikan oleh tenaga pengajar atau guru.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sekolah adalah bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran (menurut tingkatannya, ada) — dasar, — lanjutan, — tinggi; (menurut jurusannya, ada) — dagang, — guru, — teknik, — pertanian, dan sebagainya.

Sekolah menyelenggarakan aktivitas belajar dan mengajar dengan menerima murid dan memberikan pelajaran kepada mereka sesuai dengan tingkatan, jurusan dan lain sebagainya. Dalam melakukan kegiatan belajar-mengajar sekolah harus didukung oleh sarana dan prasarana serta berbagai aturan atau peraturan yang sudah dibuat dan ditetapkan oleh pemerintah.

Unsur-unsur Sekolah

Sekolah mempunyai beberapa unsur, antara lain:

Bangunan Sekolah

Umumnya kegiatan belajar mengajar dilakukan di dalam bangunan sekolah. Bangunan sekolah ini sendiri memuat beberapa bagian atau ruangan, di antaranya:

  • Kelas
  • Perpustakaan sekolah
  • Ruang laboratorium sekolah
  • Kantor guru
  • Toilet siswa dan guru
  • Kantin sekolah

Murid atau Siswa

Murid atau siswa menjadi unsur sekolah yang paling utama. Murid adalah peserta didik yang memperoleh pengajaran dari tenaga pendidik suatu sekolah.

Guru atau Pengajar

Selain siswa, guru atau tenaga pengajar juga menjadi unsur yang tak kalah penting. Sebab tanpa adanya guru proses belajar dan mengajar tidak bisa dilakukan. Tenaga pengajar harus memenuhi kualifikasi tertentu supaya bisa memberikan pengajaran kepada peserta didik.

Baca juga: Menghias Kelas SD yang Unik dan Kreatif

Peraturan Sekolah

Peraturan sekolah merupakan seluruh aturan yang ditetapkan oleh suatu sekolah yang tujuannya untuk memberikan batasan aturan kepada para peserta didik, tenaga pengajar dan unsur sekolah lainnya.

Selain unsur di atas masih ada unsur-unsur lain, seperti karyawan, satpam, petugas kebersihan dan lain sebagainya.

Fungsi Sekolah

lingkungan sekolah sma

 Sekolah secara umum berfungsi untuk memberikan pengajaran kepada para siswa sehingga mereka bisa menjadi individu yang berguna bagi diri sendiri dan lingkungannya. Selain itu ada fungsi-fungsi lain dari sekolah. Berikut penjelasan selengkapnya yang bisa Anda simak.

Memberikan Pengetahuan Umum

Sekolah menjadi tempat untuk mengajarkan banyak hal seputar pengetahuan umum kepada peserta didik. Sehingga para siswa bisa menjadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Memberikan Keterampilan Dasar

Tidak hanya pengetahuan umum saja, sekolah juga membekali para peserta didik dengan keterampilan dasar seperti kemampuan belajar, berhitung, menulis dan lain sebagainya.

Membentuk Pribadi Sosial

Dengan adanya sekolah, peserta didik akan dibentuk menjadi individu yang mampu berinteraksi dan bergaul dengan sesamanya tanpa adanya perbedaan.

Menyediakan Sumber Daya Manusia

Pendidikan yang diberikan selama duduk di bangku sekolah akan memberikan beragam ilmu pengetahuan bagi para siswa. Pengetahuan inilah yang bisa menghadirkan sumber daya manusia yang berkualitas dan dibutuhkan oleh dunia kerja dan masyarakat luas.

Alat Transformasi Kebudayaan

Pendidikan di sekolah juga bisa memberikan perubahan dalam kehidupan masyarakat secara umum. Sebab pengetahuan dan keterampilan bisa membantu kita untuk melakukan inovasi atau penemuan baru dalam perkembangan peradaban manusia.

Cara Menjaga Lingkungan Sekolah

lingkungan sekolah asri

Menjaga lingkungan sekolah supaya tetap asri, bersih dan sehat tidaklah sulit. Apalagi jika dilakukan bersama-sama oleh semua ‘warga sekolah’. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan sekolah.

Membuang Sampah pada Tempatnya

Membuang sampah pada tempatnya adalah sebuah keharusan, tak terkecuali di sekolah. Sehingga lingkungan sekolah terhindar dari berbagai sumber penyakit, aroma tak sedap dan tetap terjaga keindahannya.

Melakukan Piket Kelas

Bisa dibilang semua sekolah menerapkan kegiatan semacam ini. Ruang kelas menjadi tempat di mana kegiatan belajar dan mengajar berlangsung. Oleh karena itu kebersihan dan kerapian kelas harus dijaga untuk kenyamanan bersama. Piket dilakukan dengan membersihkan lantai, kaca, papan tulis, menata bangku atau meja dan lain sebagainya.

Membersihkan Saluran Air

Biasanya di depan kelas ada saluran atau gorong-gorong yang menjadi tempat air mengalir. Biasanya di area ini juga sering ditemukan berbagai macam sampah. Oleh karenanya kita perlu membersihkannya supaya saluran air tidak tersumbat dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Melakukan Kegiatan Jumat Bersih

Selain piket kelas, juga ada kegiatan Jumat bersih yang biasa dilakukan setiap satu minggu sekali di hari Jumat. Kegiatan yang dilakukan adalah bersih-bersih lingkungan sekolah, baik kelas, taman atau lapangan.

Menjaga Kebersihan Toilet

Biasanya toilet menjadi salah satu tempat yang kurang terjaga kebersihannya. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban bagi semua pihak untuk menjaga kebersihannya, termasuk para siswa.

Mematuhi Tata Tertib Sekolah

Sekolah memiliki aturan dan tata tertib yang harus dipatuhi oleh siswa. Tata tertib dibuat tentu saja untuk hal yang baik, salah satunya adalah untuk menjaga lingkungan sekolah.

Leave a Comment