Contoh Contoh Hipotesis

Posted on

Contoh Hipotesis – Hipotesis Penelitian adalah jawaban sementara dari rumusan masalah yang sudah dibuat dalam penelitian. Jawaban ini dikatakan sebagai jawaban sementara karena jawabannya baru didapatkan dari dasar-dasar teoritis.

Hipotesis akan disusun berdasarkan teori yang relevan. Hipotesis berikutnya harus dibuktikan dahulu dengan cara pengumpulan data yang kemudian dianalisis untuk dapat menemukan jawaban sebenarnya.



Hipotesis = Jawaban Sementara

Baca juga : Contoh Makalah Sederhana

Pada umumnya, penelitian yang menggunakan hipotesis adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan pada penelitian kulitatif tidak akan menggunakan hipotesis, namun diharapkan dapat menemukan hipotesis yang berikutnya bisa diuji dengan menggunakan metode kuantitatif.

Banyak juga dari teman-teman yang sering bertanya, mengenai hipotesis statistik, apakah hipotesis statis itu sama seperti hipotesis pada umumnya?

“Jadi kalau kita lihat hipotesis maka sebenarnya sama saja, mereka sama-sama merupakan jawaban sementara. Perbedaaanya adalah kalau hipotesis statistika akan digunakan jika penelitian menggunakan sample. Namun sebaliknya, jika tidak ada sample maka hipotesisnya sudah tidak perlu menggunakan hipotesis statistika”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *