Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Posted on

Pembangunan Ekonomi – Negara maju adalah negara yang selalu memperhatikan pembangunan ekonominya. Terkait pembangunan ekonomi, negara yang dalam keadaan baik tentu mempunyai perkembangan pembangunan ekonomi yang juga baik.



Pembangunan ekonomi bukanlah hal yang selalu berhubungan dengan maju atau berkembangnya sebuah negara, tetapi dengan pembangunan ekonomi kita dapat mengetahui bagaimana kondisi suatu negara dengan sistem yang dipakai oleh pemerintah.

Pembangunan ekonomi sangat berhubungan dengan rata atau tidaknya kesejahteraan masyarakat yang berada dalam negara itu sendiri. Selain itu, adanya pembangunan ekonomi diharapkan mampu meningkatkan taraf kehidupan dalam sebuah negara seperti pendapatan, pendidikan, teknologi, kesempatan kerja, dan masih banyak lagi lainnya.

Sehingga kita akan mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan ekonomi sebuah negara dengan berkembangnya taraf hidup masyarakatnya dan berbagai hal yang telah dijelaskan sebelumnya.

pembangunan ekonomi

Untuk dapat menentukan sukses atau tidaknya sebuah negara dalam pembangunan ekonomi maka kita membutuhkan indicator. Indokator sangat dibutuhkan karena akan menjadi acuan kita dalam menilai. Menilai disini maksudnya adalah menilai seberapa jauh sebuah negara mencapai indikator yang sudah ditetapkan.

Indikator memiliki fungsi sebagai penjelasan mengenai pola, gejala, dan pengaruh yang sedang terjadi, berfungsi untuk dapat menentukan sampai taraf mana suatu negara dianggap berhasil dimulai dari mengukur, menganalisis dan mengevaluasi suatu perencanaan sampai dengan pelaksanaan supaya terbentuk sebuah kebijakan.



Karena keberhasilan sebuah negara bisa dilihat apabila negara tersebut mencapai indicator atau tujuan yang sudah dirumuskan sebelumnya.

indikator berhasilnya pembangunan ekonomi

Baca juga: Masyarakat Ekonomi ASEAN

Dalam menentukan indikator keberhasilan sebuah objek, maka dibutuhkan ruang lingkup yang jelas. Indikator pembangunan ekonomi bisa dijabarkan dalam 11 poin penting, yakni sebagai berikut :

  1. Urbanisasi

Urbanisasi ialah suatu perpindahan penduduk dari desa ke kota. Alasan  mengapa urbanisasi menjadi indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah sesuatu yang sederhana bisa disimpulkan.  Jika diperkotaan banyak penduduk desa yang telah melakukan urbanisasi berarti hal ini menandakan bahwa di perkotaan segala sesuatunya dapat menjamin kesejahteraan dan kemakmuran, umumnya konsep ekonomi yang akan diterapkan ialah konsep ekonomi makro.

Seperti misalnya, banyak sekali pekerjaan yang didukung dengan peralatan mesin-mesin canggih, dan kebutuhan akan pemesanan yang cukup banyak, mengakibatkan perusahaaan akan membutuhkan pekerja yang baru. Apabila perusahaan yang membutuhkan pekerja semakin banyak maka hal ini dapat menurunkan angka pengangguran sehingga tingkat kemiskinan juga akan menurun.

  1. Pendapatan Per kapita

Pendapatan per kapita sangat berhubungan dengan pertumbuhan ekonomi. Adanya pertumbuhan ekonomi ini akan berpengaruh juga pada pembangunan ekonomi. Alasan mengapa pendapatan per kapita menjadi indikator keberhasilan pembangunan ekonomi ialah pendapatan per kapita yang terus menerus naik disebabkan oleh stabilitas perekonomian yang juga bagus. Hal ini menandakan bahwa kesejahteraan masyarakat juga akan terjamin.



Leave a Reply

Your email address will not be published.