Cara Membuka Info GTK Terbaru 2021

Posted on

Cara Membuka Info GTK Terbaru 2021 – Sekarang ini sudah memasuki semester genap tahun pelajaran 2020/2021, yang dimana kegiatan belajar mengajar atau KBM masih dilakukan melalui online (daring). Hal tersebut tentunya dikarenakan Pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda.



Meskipun demikian, satuan pendidikan masih tetap melakukan kegiatan seperti halnya pembelajaran tatap muka, mulai dari penyiapan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Persiapan Asesmen Nasional, PPDB Tahun 2021/2022, mengupdate data Dapodik, sampai dengan mempersiapkan PTS/PAS (Penilaian Tengah Semester dan Penilaian Akhir Semester).

Namun dari beberapa hal diatas, ada salah satu aktifitas yang tak kalah pentingnya yakni mengecek hasil validasi data yang akan di kirimkan melalui aplikasi dapodik.

Cek validitas data yang dilakukan oleh operator dapodik ataupun guru memiliki tujuan untuk memastikan bahwa data GTK pada satuan pendidikan benar-benar valid. Jika sudah valid maka nantinya berhak untuk mendapatkan Tunjangan Profesi Guru atau yang biasa disebut dengan TPG. Namun jika misalnya ada kekeliruan data, maka operator sekolah bisa langsung melakukan perbaikan dengan melalui aplikasi dapodik serta melakukan sinkron secara berkala.

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai langkah-langkah atau cara cek info GTK 2021 Semester 1 dan Semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. Tetapi sebelum membahas langkah-langkahnya, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu pembahasan mengenai Info GTK berikut ini.

Baca juga: Cara Cek SKTP

Pengertian Info GTK



Info GTK adalah sebuah informasi dalam bentuk elektronik yang pada umumnya digunakan oleh guru yang sudah memiliki sertifikasi sebagai guru untuk melakukan pengecekan, apakah SKTP sudah keluar atau belum. Selain itu, dalam info tersebut nantinya seorang GTK juga bisa mengetahui apakah ada beberapa hal yang harus segera diperbaiki atau tidak. Dengan demikian penerbitan SK tunjangan profesi tidak akan terhambat.

Maka dari itu, para tenaga pendidik baik PNS ataupun NON PNS harus selalu melakukan pemantauan dan pengecekan info GTK dengan menggunakan cara-cara yang sebelumnya sudah diberikan oleh pihak Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Ada dua semester untuk penerbitan SK tunjangan profesi, yang pertama adalah tahap 1 yang dimulai dari bulan Juli sampai Desember. Sedangkan untuk tahap 2 dimulai dari bulan Januari sampai dengan Juni, sehingga masing-masing informasi GTK akan di update secara berkala dalam setiap semesternya.

Perlu diketahui bahwa data tersebut diambil dari DAPODIK (Data Pokok Pendidikan) Sekolah. Sedangkan untuk masalah pembagian rentang waktunya adalah sebagai berikut:

  • Info GTK 2021 Semester 1

Memasuki tahun 2021 ini, atau awal pembelajaran baru sekolah masuk pada semester 1 mulai bulan Juli hingga desember yang dimana semua guru dan tenaga kependidikan lainnya diharapkan sudah mengetahui validasi datanya masing-masing dengan melalui info GTK. Dengan begitu, validasi data yang diambil dari data pokok pendidikan sudah sesuai dengan yang diampu atau yang sudah dilakukan oleh guru tersebut. Dalam hal ini termasuk pembagian jam mengajar serta tugas tambahan disekolah. Selain itu, semua guru diharuskan untuk cek SKTP Semester 2.

  • Info GTK Semester 2

Semester 2 mendatang di mulai dari bulan Januari hingga bulan Juni, dimana guru wajib mengetahui informasi elektronik semua pendidik dengan melalui info gtk yang memiliki tujuan untuk mengecek SKTP Semester 2 sehingga info tersebut nantinya bisa diterima oleh guru baik itu perbaikan data yang perlu dilakukan di dapodik ataupun kevalidan datanya.

Cara Cek Info GTK (Ada 4 Cara)

Pada pembahasan selanjutnya kami akan menjelaskan tentang bagaimana cara cek info GTK. Ada beberapa cara untuk cek info gtk, yaitu simpkb dengan menggunakan menu info gtk, manajemen sekolah sampai dengan di website resmi info.gtk.kemdikbud.go.id. Nah, berikut ini kami akan ulas terlebih dahulu bagaimana cara cek info gtk dengan melalui website resminya secara langsung.



  1. Cara Cek Info GTK di Info.GTK.Kemdikbud.go.id

Langkah Pertama, Anda harus menggunakan website aplikasi yang sudah diberitahukan sebelumnya dari kementerian pendidikan. Caranya adalah dengan mengakses alamat berikut ini info.gtk.kemdikbud.go.id/.

Langkah Kedua, Anda harus melakukan login terlebih dahulu dengan menggunakan akun PTK dan password PTK pada dapodik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *