Cara Membuka Info GTK Terbaru 2021

Posted on



Langkah Ketiga, Anda harus memilih semester sekarang ini kemudian masukkan Captca seperti pada gambar berikut ini lalu pilih login.

Langkah Keempat, apabila info.gtk.kemdikbud tidak bisa diakses, masih eror atau kemungkinan masih ada pengambilan data yang sama maka Anda bisa cek info gtk dengan melalui manajemen sekolah.

  1. Cara Cek Info GTK di Individual GTK Dapodikdasmen

Langkah Pertama, cek terlebih dahulu melalui individual GTK dapodikdasmen atau data pokok pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang bisa diakses di https://dapo.kemdikbud.go.id/. Kemudian klik menu yang terletak pada bagian pojok kanan atas, yang bertuliskan “LOGIN INDIVIDUAL GTK”.

Langkah Kedua, Anda akan diarahkan menuju situs portal login GTK SSO yang beralamatkan di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/. Dalam hal ini Anda harus menggunakan email aktif yang pastinya sudah terdata di dapodik dan jangan sampai menggunakan email orang lain. Sedangkan untuk pengaturan ulang bisa dilakukan melalui manajemen dapodik.



Langkah Ketiga, silahkan login dengan menggunakan username dan password yang sesuai dengan sinkronisasi dapodik Anda. Silahkan minta secara langsung kepada operator dapodik Anda untuk atentifikasi pengguna PTK dapodik.

Langkah Keempat, jika Anda sudah berhasil masuk di dashboard, Anda bisa cari menu data PTK kemudian klik menu “biodata”.

Langkah Kelima, Anda bisa lihat pada menu identitas, pada menu tersebut di tulisan yang paling bawah adalah “INFO GTK”, silahkan Anda buka langsung info gtknya.



Langkah Keenam, pada tahapan ini Anda bisa melihat secara langsung tunjangan SKTP apakah sudah valid atau masih belum. Selain itu,  Anda juga bisa langsung cetak sesuai dengan perintah penunjuk warna merah yang terletak di bagian pojok kanan atas.

  1. Cara Cek Info GTK di Login Manajemen Dikdasmen (Sekolah)

Langkah Pertama, silahkan masuk terlebih dahulu di manajemen dikdasmen. Caranya adalah dengan mengakses website berikut ini dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

Langkah Kedua, bisa Anda lihat pada beranda bagian atas akan nampak adanya tulisan login  menu di sebelah kanan atas pojok, disana nanti akan ada dua menu lagi yakni manajemen dinas dan manajemen sekolah. Silahkan Anda pilih manajemen sekolah.

Langkah Ketiga, kemudian Anda akan diarahkan menuju pengelolaan data dengan memasukkan username beserta passwordnya. Dalam tahap ini Bapak dan Ibu guru seringkali mengalami kebingungan nama username dan passwornya. Anda tidak perlu khawatir karena bisa langsung ditanyakan ke operator dapodik, atau saat berada di sekolah bisa minta bantuan kepada operator sekolah untuk membuka manajemen sekolah karena untuk username dan passwornya sama dengan dengan user dan password dapodik.

Langkah Keempat, jika sudah berhasil login ke manajemen sekolah maka Anda bisa langsung klik menu kelola data pokok seperti gambar berikut ini:

Langkah Kelima, pada menu tersebut akan ada beberapa hal seperti sekolah, prasarana, guru, dan tendik, rombel dan peserta didik. Anda bisa langsung klik guru dan tendik seperti pada gamber berikut ini:

Langkah Keenam, selanjutnya akan tampil semua biodata guru yang ada di sekolah, kemudian Anda bisa arahkan pointer ke arah bawah lalu geser tanda panah ke kanan. Temukan logo dengan warna hijau seperti pada gambar berikut ini:

Langkah Ketujuh, Anda bisa geser pointer mousenya ke bawah hingga nampak adanya logo berwarna hijau dengan tulisan INFO GTK.

Setelah itu, bisa dilihat apakah info gtk anda sudah valid atau masih belum. Jika sudah valid maka silahkan langsung cetak info GTK.

  1. Cara Cek Info GTK Simpkb

Diatas adalah beberapa cara cek info gtk di manajemen sekolah. Lalu bagaimanana cara cek info gtk di manjemen sekolah? Untuk melengkapi pembahasan kali ini kami juga akan menjelaskan bagaimana cara cek info gtk di simpkb. Simpkb sendiri merupakan salah satu aplikasi khusus yang juga menyediakan menu info gtk.

Langkah Pertama, silahkan Anda kunjungi terlebih dahulu website simpkb yang bisa Anda akses melalui link berikut ini http://simpkb.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *