×

Contoh Isim Mufrad, Mutsana dan Jamak Lengkap Dengan Artinya

Posted on

Pembagian Isim Mufrad, Mutsana, Jamak – Pada artikel kali ini kami akan memberikan rangkaian informasi yang akan membahas tentang macam macam isim, yakni isim ditinjau dari segi bilangannya atau jumlahnya terbagi menjadi 3, yaitu isim mufrod, isim mutsanna, dan isim jamak.

Aturan kosa kata dalam bahasa Arab tidak jauh berbeda dengan aturan kosa kata dalam bahasa Inggris. Apabila di dalam bahasa Inggris bentuk jamak harus ditambahi dengan huruf “s” di belakangnya maka untuk bahasa Arab pun juga ada aturannya sendiri.

Materi pelajaran tentang kata jamak dan mufrod ini biasany di ajarkan di materi bahasa Arab anak Madrasah Ibtidaiyah. Oleh sebab itu materi ini harus dipahami dengan baik sehingga kalian tidak kesulitan dalam merangkai kalimat.



Baca juga: Zat Aditif Pada Makanan

Baca juga: Bentuk Mufrod, Mutsanna dan Jamak Untuk Anggota Keluarga

Isim Mufrod

Mufrod artinya satu atau tunggal, jadi Isim Mufrod adalah Isim yang artinya menunjukkan suatu makna yang berjumlah satu. Dalam tata bahasa Indonesia, mufrod biasa disebut tunggal.

Contoh Isim Mufrod

Contoh isim mufrod sangat banyak, karena setiap isim pasti memiliki bentuk mufrod, mutsanna dan juga jamak. Berikut adalah beberapa contoh isim Mufrod. Kamu dapat mencari sisanya sendiri.

Semua kata dalam contoh di atas memiliki jumlah yang sama. Jadi yaitu satu, rumah berarti satu rumah, buku berarti satu buku, dst.

Contoh Isim Mufrod
 Laki laki رَجُلٌ
Anak وَلَدٌ
Buku tulis دَفْتَرٌ
Rumah بَيْتٌ
Meja مَكْتَبٌ
Kebut بُسْتَانٌ
Ranjang سَرِيْرٌ
Bola كُرَةٌ

Ishim Mutsanna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *