Jenis Jenis Naskah Dinas Korespondensi

Posted on

Jenis Jenis Naskah Dinas Korespondensi – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Jenis – jenis Naskah Dinas Korespondensi, yang akan memuat mulai dari penjelasan dan disertai dengan contohnya yang bias didownload dalam bentuk doc atau PDF.



Naskah Dinas adalah informasi dalam bentuk tertulis yang digunakan sebagai alat komunikasi kedinasan yang dibuat dan/ atau diterima oleh pejabat yang berwenang di lingkungan lembaga negara dan lembaga daerah dalam rangka penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan.

Baca juga: Cara Mengatasi NISN Ganda Peserta Didik

Pengertian Naskah Dinas Korespondensi

Naskah Dinas terdiri dari Naskah Dinas Arahan, Naskah Dinas Khusus, dan Naskah Dinas Korespondensi. Pada artikel kali ini kami akan berfokus pada pembahasan Naskah Dinas Korespondensi.

Naskah Dinas adalah sebuah informasi tertulis sebagai alat komunikasi kedinasan yang dibuat atau dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang.

Sedangkan Korespondensi adalah penyampaian maksud melalui surat dari satu pihak kepada pihak lain dapat atas nama jabatan dalam suatu perusahaan/ organisasi dan dapat atas nama perseorangan (individu).

Baca juga: Contoh Daftar Urut Kepangkatan Guru Dan PNS

Jenis – Jenis Naskah Dinas Korespondensi

Naskah dinas korespondensi terdiri dari 2 (dua) jenis, yaitu naskah dinas korespondensi internal dan naskah dinas korespondensi eksternal.



(1) Naskah Dinas Korespondensi Internal

Naskah dinas korespondensi internal adalah naskah dinas pelaksanaan tugas seorang pejabat dalam menyampaikan informasi kedinasan kepada pihak lain di dalam lembaga yang bersangkutan.

Naskah dinas korespondensi internal meliputi:

  • Nota Dinas

Nota Dinas merupakan salah satu bentuk sarana komunikasi resmi internal antar pejabat dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam suatu lembaga yang bersangkutan.

Susunan dan bentuk dari Nota Dinas terdiri atas: kepala yang meliputi (kop nota dinas, kop nomor, kata Yth., kata Dari, kata Hal, kata Tanggal), batang tubuh yang meliputi (alinea pembuka, isi, dan penutup singkat), dan kaki yang meliputi (tanda tangan, nama pejabat, dan tembusan).

Dalam penyusunan Nota Dinas yaitu, nota dinas tidak dibubuhi cap dinas dan paling sedikit harus mencantumkan nomor, kode klasifikasi, dan tahun.

Contoh Nota Dinas:



  • Memorandum

Memorandum adalah naskah dinas internal yang dibuat oleh pejabat yang berwenang kepada pejabat yang ada di bawahnya untuk menyampaikan informasi kedinasan yang bersifat mengingatkan suatu masalah, menyampaikan arahan, saran, peringatan, serta pendapat kedinasan. Susunan dari Memorandum adalah kepala, batang tubuh, dan kaki.

Baca juga: Cara Melihat Jumlah Pelamar Di SSCN 2022

  • Disposisi

Disposisi adalah petunjuk tertulis singkat mengenai tindak lanjut atau tanggapam terhadap naskah dinas yang masuk. Disposisi hanya diberikan oleh pejabat pemerintah kepada pejabat pemerintah dengan jabatan di bawahnya.

Contoh Surat Disposisi:

Baca juga: Formulir Peserta Didik Dapodik 2021/2022 Excel

  • Surat Undangan Internal

Surat Undangan Internal merupakan surat dinas yang memuat undangan pada para pejabat di dalam lembaga pemerintahan daerah untuk menghadiri acara kedinasan seperti rapat, acara, atau forum grup diskusi.

Susunan undangan internal terdiri dari kepala yang meliputi (kop surat, nomor, sifat, lampiran, tempat dan tanggal pembuatan surat, kata Yth.), batang tubuh yang meliputi (alinea pembuka, isi surat undangan intern, alinea penutup, dan kaki yang meliputi (nama jabatan dan tanda tangan).

Contoh Undangan Internal:

  • Sambutan

Sambutan adalah naskah dinas yang berisikan penyampaian pikiran atau wacana kebijakan Lemhannnas RI kepada seluruh anggota.

Susunan dari sambutan adalah: kepala yang meliputi (lambang garuda, judul sambutan, tanggal dan tempat), batang tubuh yang meliputi (daftar pejabat yang diundang dan isi sambutan), kaki yang meliputi (nama jabatan dan tanda tangan)

Contoh Sambutan:

Baca juga: Cara Membuka Info GTK Terbaru 2022

Baca juga: Contoh Surat Pelimpahan Tugas Kepala Sekolah

(2) Naskah Dinas Korespondensi Eksternal

Naskah dinas korespondensi eksternal adalah naskah dinas pelaksanaan tugas seorang pejabat dalam menyampaikan informasi kedinasan kepada pihak lain di luar lembaga yang bersangkutan. Jenis naskah dinas korespondensi ekstern hanya ada satu jenis yaitu Surat Dinas.

Susunan dari naskah dinas korespondensi eksternal terdiri dari kepala yang meliputi (kop surat yang ditanda tangani gubernur, kop surat yang di tanda tangani pejabat, nomor, sifat, lampiran dan hal, tempat dan tanggal pembuatan surat, kata Yth., alamat surat), batang tubuh yang meliputi (dasar surat, isi, dan penutup), dan kaki yang meliputi (nama jabatan, tanda tangan pejabat, nama lengkap pejabat, stempel/ cap dinas, tembusan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *