Jurnal Kelas Harian Guru K13 SD, SMP, SMA

Posted on

Jurnal Kelas Harian Guru SD, SMP, SMA –  Salah satu pelengkap administrasi yang harus dimiliki oleh guru adalah jurnal harian. Setiap guru diharuskan untuk memiliki jurnal harian karena digunakan sebagai tanda bukti sudah melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Jurnal kelas juga menjadi sebuah bukti yang dapat menggambarkan kinerja dari seorang guru.



Maka dari itu, melalui artikel ini kami akan memberikan contoh jurnal kelas harian guru Kurikulum 2013 supaya Bapak dan Ibu guru semakin mudah untuk mempersiapkannya. Namun sebelum itu kita akan membahas terlebih dahulu mengenai jurnal harian kelas secara lengkap beserta fungsi dan juga komponen di dalamnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Contoh Agenda Harian Guru SD Dan SMP

Fungsi Jurnal Kelas Harian Guru

Jurnal kelas guru merupakan bagian dari buku kerja guru yang harus dipersiapkan sebelum melaksanakan pembelajaran pada semester baru. Jurnal ini nantinya akan dicek oleh tim penilai ketika pelaksanaan akreditasi sekolah. Pada umumnya jurnal guru digunakan untuk mencatat berbagai hal yang terjadi selama proses pembelajaran.  Bahkan jurnal ini juga berfungsi sebagai rekaman kegiatan pembelajaran, sehingga biasa disebut juga dengan jurnal reflektif guru.

Melalui jurnal ini, guru bisa melakukan analisis mengenai hambatan dan kemajuan yang terjadi selama proses pembelajaran. Jurnal kelas ini dapat dijadikan sebagai acuan atau tolak ukur kualitas dalam penyelenggaraan pembelajaran. Berikut ini kami akan menjelaskan secara lebih detail lagi mengenai fungsi dari jurnal harian guru:

  • Fungsi Historis : Kegiatan untuk mencatat seluruh kegiatan yang dilaksanakan secara kronologis atau secara urut berdasarkan tanggal terjadinya.
  • Fungsi Mencatat : Melakukan pencatatan secara lengkap dan terperinci, hal ini berarti bahwa semua kegiatan dengan sumbernya harus dicatat tanpa ada yang terlewatkan.
  • Fungsi Analisis : Menganalisis kegiatan untuk memilih dan dijadikan sebagai batas kegiatan yang sudah dan ingin dilaksanakan.
  • Fungsi Instruktif : Merupakan suatu perintah yang telah tercantum dalam sebuah buku besar sesuai dengan hasil yang dikerjakan.
  • Fungsi Informatif : Menjelaskan keterangan dalam proses pembelajaran secara jelas.

Baca juga: Prota Dan Promes Kelas 4 SD Semester 1 Dan 2

Komponen-Komponen Jurnal Kelas Harian Guru Kurikulum 2013



Melihat beberapa fungsi dari jurnal harian di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa jurnal harian memang menjadi administrasi yang wajib dimiliki oleh seorang guru. Perlu diketahui bahwa ada beberapa komponen yang ada pada jurnal harian guru. Adapun beberapa komponen tersebut adalah sebagai berikut ini:

  1. Kelas atau Mata Pelajaran

Pada bagian kelas atau mata pelajaran  berisi mengenai kelas dan mata pelajaran yang ingin di laksanakan.

  1. Tahun Pelajaran

Pada bagian tahun pelajaran berisi tahun pelajaran yang sedang berlangsung.

  1. Hari atau Tanggal

Pada bagian ini berisi hari dan tanggal pelaksanaan dalam kegiatan pembelajaran.

  1. Mata Pelajaran

Pada bagian ini berisi jenis mata pelajaran yang akan di ajarkan.

  1. Tema/Sub Tema

Pada bagian ini berisi tema, subtema dan bab pembelajaran yang sudah diajarkan.



  1. Pembelajaran PB Ke

Pada bagian ini berisi pembelajaran yang ingin dilaksanakan sesuai dengan yang tertulis dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

  1. Kompetensi Dasar (KD)

Pada bagian ini berisi  kode kompetensi dasar (KD) yang sesuai dengan pemetaan kompetensi yang sudah di buat.

  1. Materi Pokok

Pada bagian ini berisi mengenai materi pokok pembelajaran yang sesuai dengan buku paket tematik Kurikulum 2013.

  1. Kegiatan Pembelajaran

Pada bagian ini berisi mengenai kegiatan pembelajaran yang ingin dilaksanakan tetapi hanya di tulis secara singkat dan padat.

  1. Penilaian Pembelajaran

Pada bagian ini berisi mengenai jenis penilaian yang ingin dilaksanakan pada hari tersebut.

Supaya lebih jelasnya, berikut ini kami akan memberikan contoh sebuah tampilan bentuk dan format jurnal harian guru versi terbaru tahun ajaran 2020-2021.

Baca juga: Contoh RKS SD, SMP, SMA, SMK Terbaru

Download Contoh Jurnal Harian Guru Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA

Masuk ke pembahasan inti, selanjutnya kami akan memberikan contoh jurnal harian guru Kurikulum 2013 untuk SD, SMP, dan SMA. Semua jurnal harian guru tersebut bisa Anda unduh dalam bentuk format word atau Doc secara gratis dengan melalui halaman artikel kami kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *