×

Jurnal Penilaian Sikap Spiritual Dan Sosial

Posted on

Jurnal Penilaian Sikap Spiritual Dan Sosial –  Pada artikel kali ini kami akan membahas serta memberikan contoh jurnal penilaian sikap spiritual dan sosial Kurikulum 2013 untuk membantu Bapak dan Ibu guru yang sekarang ini mungkin sedang membutuhkan contoh formatnya untuk dijadikan bahan referensi.

Seperti yang kita ketahui bahwa Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berbasis kompetensi. Penilaian hasil belajar peserta didik pada Kurikulum 2013 mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Menurut Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 mengenai Standar Penilaian Pendidikan, Lingkup penilaian pendidikan pada sekolah dasar dan sekolah menengah terdiri dari penilaian hasil belajar oleh peserta didik, penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh satuan pendidikan, dan penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pemerintah.



Pelaksanaan penilaian sikap memiliki tujuan utama untuk mengetahui kecenderungan perilaku spiritual dan sosial peserta didik di kehidupan sehari-hari, baik itu di dalam kelas ataupun di luar kelas yang merupakan hasil pendidikan. Selain itu, penilaian sikap juga memiliki tujuan untuk mengetahui capaian atau perkembangan sikap peserta didik serta memfasilitasi tumbuhnya perilaku peserta didik sesuai dengan butir-butiran nilai sikap dari KI-1 dan KI2.

Baca juga: Jurnal Kelas Harian Guru SD SMP SMA Kurikulum 2013

Penilaian Sikap

Penilaian sikap merupakan penilaian yang dilakukan terhadap perilaku peserta didik saat melaksanakan proses pembelajaran yang mencakup sikap spiritual dan sosial. Karakteristik yang dimiliki oleh penilaian sikap berbeda dengan penilaian pengetahuan dan keterampilan. Dengan begitu maka teknik penilaian yang digunakan pun sudah pasti berbeda. Penilaian sikap dalam hal ini lebih fokus untuk membina perilaku dalam rangka membentuk karakter peserta didik :

1. Sikap Spiritual

Kompetensi sikap spiritual atau KI-I yang akan dilakukan pengamatan adalah menerima, melaksanakan, dan menghargai ajaran agama yang sedang dianut.

2. Sikap Sosial

Kompetensi sikap sosial atau KI-2 yang akan dilakukan pengamatan meliputi berberapa perilaku seperti jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri saat melakukan interaksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga, dan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *