Karakteristik Siswa SD Menurut Ahli

Posted on

Karakteristik Siswa SD Kelas Tinggi – Pendidikan merupakan sebuah usaha untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan potensinya untuk menyongsong masa depan. Lewat pembelajaran, diharapkan ada perubahan kualitas pada tiga aspek pendidikan, antara lain kognitif, afektif dan psikomotor.

Seperti yang diketahui, tujuan dari pembelajaran sendiri tidak lain adalah untuk meningkatkan wawasan, perilaku dan keterampilan. Sehingga tujuan akhirnya adalah terwujudnya insan yang berkarakter dan berilmu. Agar tujuan tersebut tercapai, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pendidikan karakter di sekolah. Yakni dengan mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam setiap pelajaran.

Dengan begitu siswa akan bisa menguasai kompetensi atau materi yang ditargetkan. Di samping itu proses pembelajaran juga dirancang untuk menjadikan siswa mengenal, menyadari dan menginternalisasi nilai-nilai karakter dan menjadikannya perilaku dalam kehidupan sehari-hari.



karakter anak sd

Pendidikan karakter menjadi salah satu hal yang penting untuk diajarkan di sekolah, termasuk di tingkat sekolah dasar. Pendidikan karakter adalah upaya yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli dan menginternalisasi nilai-nilai sehingga peserta didik berperilaku sebagai insan kamil. Demikian menurut pendapat Hudiyono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *