Karakteristik Siswa SD Menurut Ahli

Posted on

Karakteristik Siswa SD Kelas Tinggi – Pendidikan merupakan sebuah usaha untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan potensinya untuk menyongsong masa depan. Lewat pembelajaran, diharapkan ada perubahan kualitas pada tiga aspek pendidikan, antara lain kognitif, afektif dan psikomotor.



Seperti yang diketahui, tujuan dari pembelajaran sendiri tidak lain adalah untuk meningkatkan wawasan, perilaku dan keterampilan. Sehingga tujuan akhirnya adalah terwujudnya insan yang berkarakter dan berilmu. Agar tujuan tersebut tercapai, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pendidikan karakter di sekolah. Yakni dengan mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam setiap pelajaran.

Dengan begitu siswa akan bisa menguasai kompetensi atau materi yang ditargetkan. Di samping itu proses pembelajaran juga dirancang untuk menjadikan siswa mengenal, menyadari dan menginternalisasi nilai-nilai karakter dan menjadikannya perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

karakter anak sd

Pendidikan karakter menjadi salah satu hal yang penting untuk diajarkan di sekolah, termasuk di tingkat sekolah dasar. Pendidikan karakter adalah upaya yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli dan menginternalisasi nilai-nilai sehingga peserta didik berperilaku sebagai insan kamil. Demikian menurut pendapat Hudiyono.

Pendidikan karakter mempunyai tiga tujuan utama. Antara lain menguatkan dan mengembangkan nilai-nilai kehidupan yang dianggap penting dan perlu. Sehingga peserta didik mempunyai kepribadian yang khas sebagaimana nilai-nilai yang dikembangkan.

Selain itu tujuan pendidikan karakter adalah untuk mengoreksi perilaku peserta didik yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang dikembangkan oleh sekolah. Selanjutnya pendidikan karakter juga bertujuan untuk membangun koneksi yang harmoni dengan keluarga dan masyarakat dalam memerankan tanggung jawab pendidikan karakter secara bersama.



Baca juga: Kode Etik Sekolah Dasar Lengkap

Menurut Julaiha pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran bisa dilakukan dengan pengenalan nilai-nilai, pengintegrasian nilai-nilai ke dalam tingkah laku peserta didik sehari-hari melalui proses pembelajaran baik yang berlangsung di dalam ataupun luar kelas pada semua mata pelajaran.

Karakteristik Siswa SD

Pendidikan karakter perlu diajarkan di semua jenjang pendidikan, terutama sekolah dasar. Pertama-tama kita bahas terlebih dahulu pengertian anak sekolah dasar.

Anak sekolah dasar atau anak SD adalah mereka yang berumur antara 6-12 tahun atau biasa disebut dengan proses intelektual. Pengetahuan anak akan berkembang pesat seiring dengan bertambahnya usia. Di samping itu keterampilan yang dikuasai juga akan semakin beragam.

karakteristik siswa

Pada periode ini minat anak terfokus pada semua hal yang bersifat dinamis bergerak. Implikasinya anak cenderung untuk melakukan berbagai aktivitas yang berguna pada proses perkembangannya nanti.

Ada beberapa karakteristik yang dapat diidentifikasi pada siswa sekolah dasar berdasarkan kelas-kelas yang ada pada sekolah dasar. Yakni karakteristik siswa sekolah dasar kelas rendah dan karakteristik siswa sekolah dasar kelas tinggi. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut seputar kedua golongan tersebut.



Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah

Usia sekolah dasar juga disebut sebagai periode intelektualitas atau periode keserasian bersekolah. Anak dengan usia 6-7 tahun dianggap sudah matang untuk masuk sekolah. Menurut Notoatmodjo, siswa kelas rendah sekolah dasar mempunyai beberapa karakteristik khusus, antara lain:

  1. Adanya korelasi positif yang tinggi antara keadaan kesehatan pertumbuhan jasmani dengan prestasi sekolah
  2. Siswa memiliki kecenderungan memuji diri sendiri
  3. Suka membanding-bandingkan diri dengan anak lain
  4. Anak pada masa ini, terutama umur 6-8 tahun, menghendaki nilai yang baik tanpa mengingat apakah prestasinya memang pantas diberi nilai baik atau tidak
  5. Tunduk pada peraturan-peraturan permainan yang ada di dalam dunianya
  6. Jika tidak bisa menyelesaikan suatu sola, maka soal itu tidak dianggap penting.

Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi

Siswa sekolah dasar kelas tinggi juga mempunyai beberapa karakteristik yang berbeda dengan kelas rendah. Berikut adalah beberapa karakteristik tersebut:

  1. Adanya minat terhadap kehidupan praktis sehari-hari yang konkrit
  2. Realistik serta memiliki rasa ingin tahu dan ingin belajar
  3. Menjelang akhir masa ini, siswa memiliki minat terhadap hal-hal atau mata pelajaran khusus.
  4. Pada umur 11 tahun anak memerlukan bantuan guru atau orang-orang dewasa lainnya untuk menyelesaikan tugasnya dan memenuhi keinginannya. Di umur ini umumnya anak mendapatkan tugas-tugas dengan beban dan menghadapi tugas-tugasnya dengan bebas dan berusaha menyelesaikannya sendiri.
  5. Anak memandang nilai sebagai ukuran yang tepat mengenai prestasi sekolah
  6. Anak-anak gemar membentuk kelompok sebaya. Biasanya untuk bisa bermain bersama-sama. Dalam permainan biasanya anak tidak lagi terikat pada aturan permainan tradisional, melainkan mereka membuat peraturan sendiri.

Karakteristik Anak Sekolah Dasar

karakteristik anak sd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *