Kata Pengantar Laporan Praktikum

Posted on

Kata Pengantar Laporan Praktikum – Saat menempuh pendidikan di sekolah tentunya kita pernah mendapatkan tugas dari guru kita untuk membuat laporan praktikum, makalah atau jika anda sudah menjadi mahasiswa anda pastinya seringkali mengerjakan penelitian seperti untuk skripsi. Dalam mengerjakan tugas-tugas tersebut, ada salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan yakni membuat kata pengantar. Menyusun kata pengantar sendiri bisa dibilang sulit-sulit mudah.



Kita akan mengalami kesulitan jika kita tidak tahu maksud dari kata pengantar itu, kita tidak tahu unsur-unsur yang terdapat pada kata pengantar dan kita tidak pernah belajar untuk menyusun kata pengantar. Namun sebaliknya, akan sangat mudah jika kita tahu kata pengantar, fungsi kata pengantar, unsur kata pengantar dan yang paling penting adalah sering belajar untuk menyusun kata mengantar.

Supaya anda bisa membuat kata pengantar maka pembahasan kali ini akan mengulas tentang :

  1. Apa itu kata pengantar?
  2. Apa fungsi dari kata pengantar?
  3. Unsur-unsur apa saja yang harus ada dalam kata pengantar?
  4. dan contoh-contoh dari latar belakang

Baca juga : Contoh Populasi Dan Sampel

Apa Pengertian Kata Pengantar?

Di KBBI kata pengantar memiliki arti sebagai kata pendahuluan. Sedangkan dikutip dari dosenpendidikan.com dijelaskan bahwa kata pengantar adalah ucapan-ucapan yang dibuat oleh penulis atas selesainya karya tulis tersebut baik itu tentang ucapan rasa syukur, rasa terimakasih, tujuan dan manfaat penulisan, serta kritik dan saran yang membangun.

Jadi kata pengantar merupakan suatu pra kata (kata awal) dalam sebuah karya tulis baik itu laporan praktikum, makalah, skripsi dan lainnya yang dibuat oleh pengarang karya tulis itu sendiri dan berisi tentang ucapan terimakasih, permohonan maaf, dan gambaran umum karya tulis.

Kata pengantar umumnya ditulis pada halaman tersendiri, tidak menjadi satu dengan bagian lainnya. Diakhir kata pengantar sebelah kiri akan ditulis nama tempat, tanggal dan nama penulisnya.



Apa Fungsi Kata Pengantar?

Mengapa kita harus menyusun kata pengantar laporan praktikum atau makalah kita?

“Kita memang diharuskan untuk menyusun kata pengantar pada karya tulis kita”

Selain memiliki fungsi sebagai ucapan rasa terimakasih kata pengantar juga bisa menjelaskan gambaran umum dari karya tulis yang sudah kita buat. Cukup dengan membaca kata pengantar, maka pembaca akan memahami siapa yang sudah membantu penulisan karya tulis ini dan apa gambaran umum dari isi karya tulis ini. Itulah mengapa kata pengantar letaknya berada di depan, supaya pembaca bisa membaca kata pengantarnya terlebih dahulu.

Perlu diketahui bahwa kata pengantar yan baik adalah kata pengantar yang bisa membangkitkan minat pembaca untuk membaca lebih lanjut mengenai karya tulis tersebut. Maka dari itu, penulisan kata pengantar harus benar-benar diperhatikan dengan baik.

Dimana Kata Pengantar di Letakkan?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kata pengantar di tulis pada halaman tersendiri yang tidak menjadi satu dengan bagian-bagian lainnya. Pada umumnya kata pengantar di letakkan sebelum daftar isi. Perhatikan sistematika penulisan karya tulis dibawah ini :



Dengan melihat contoh diatas, maka letak kata pengantar umumnya sebelum daftar isi.

Kapan Kata Pengantar Di Buat?

Meskipun kata pengantar terdapat di bagian awal, tetapi kata pengantar tidak dibuat pertama kali. Kata pengantar akan disusun setelah penulisan karya tulis seperti laporan praktikum dan makalah selesai dibuat.

Hal tersebut dikarenakan kata pengantar akan menggambarkan secara umum isi dari karya tulis. Jadi secara logika, tidak mungkin kita menulis (menyimpulkan) isi dari karya tulis kita jika karya kita masih belum kita selesaikan untuk di tulis.

Apa Unsur-Unsur Pada Kata Pengantar?

Dalam membuat kata pengantar, kita harus selalu memperhatikan bagian-bagiannya. Bagian pada kata pengantar dapat dibedakan menjadi 3 bagian pokok yakni bagian pembuka, bagian isi dan bagian penutup.

Bagian pembuka umumnya di isi dengan salam, ucapan puji syukur kepada Tuhan. Bagian isi umumnya di isi dengan gambaran umum isi dari karya tulis. Bagian penutup umumnya berisi mengenai ucapan rasa terimakasih dan permohonan maaf jika terdapat kekurangan dalam penulisan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam kata pengantar :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *