Kata Pengantar Laporan Praktikum

Kata Pengantar Laporan Praktikum – Saat menempuh pendidikan di sekolah tentunya kita pernah mendapatkan tugas dari guru kita untuk membuat laporan praktikum, makalah atau jika anda sudah menjadi mahasiswa anda pastinya seringkali mengerjakan penelitian seperti untuk skripsi. Dalam mengerjakan tugas-tugas tersebut, ada salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan yakni membuat kata pengantar. Menyusun kata pengantar sendiri bisa dibilang sulit-sulit mudah.

Kita akan mengalami kesulitan jika kita tidak tahu maksud dari kata pengantar itu, kita tidak tahu unsur-unsur yang terdapat pada kata pengantar dan kita tidak pernah belajar untuk menyusun kata pengantar. Namun sebaliknya, akan sangat mudah jika kita tahu kata pengantar, fungsi kata pengantar, unsur kata pengantar dan yang paling penting adalah sering belajar untuk menyusun kata mengantar.

Supaya anda bisa membuat kata pengantar maka pembahasan kali ini akan mengulas tentang :

  1. Apa itu kata pengantar?
  2. Apa fungsi dari kata pengantar?
  3. Unsur-unsur apa saja yang harus ada dalam kata pengantar?
  4. dan contoh-contoh dari latar belakang

Baca juga : Contoh Populasi Dan Sampel

Apa Pengertian Kata Pengantar?

Di KBBI kata pengantar memiliki arti sebagai kata pendahuluan. Sedangkan dikutip dari dosenpendidikan.com dijelaskan bahwa kata pengantar adalah ucapan-ucapan yang dibuat oleh penulis atas selesainya karya tulis tersebut baik itu tentang ucapan rasa syukur, rasa terimakasih, tujuan dan manfaat penulisan, serta kritik dan saran yang membangun.

Jadi kata pengantar merupakan suatu pra kata (kata awal) dalam sebuah karya tulis baik itu laporan praktikum, makalah, skripsi dan lainnya yang dibuat oleh pengarang karya tulis itu sendiri dan berisi tentang ucapan terimakasih, permohonan maaf, dan gambaran umum karya tulis.

Kata pengantar umumnya ditulis pada halaman tersendiri, tidak menjadi satu dengan bagian lainnya. Diakhir kata pengantar sebelah kiri akan ditulis nama tempat, tanggal dan nama penulisnya.

Apa Fungsi Kata Pengantar?

Mengapa kita harus menyusun kata pengantar laporan praktikum atau makalah kita?

“Kita memang diharuskan untuk menyusun kata pengantar pada karya tulis kita”

Selain memiliki fungsi sebagai ucapan rasa terimakasih kata pengantar juga bisa menjelaskan gambaran umum dari karya tulis yang sudah kita buat. Cukup dengan membaca kata pengantar, maka pembaca akan memahami siapa yang sudah membantu penulisan karya tulis ini dan apa gambaran umum dari isi karya tulis ini. Itulah mengapa kata pengantar letaknya berada di depan, supaya pembaca bisa membaca kata pengantarnya terlebih dahulu.

Perlu diketahui bahwa kata pengantar yan baik adalah kata pengantar yang bisa membangkitkan minat pembaca untuk membaca lebih lanjut mengenai karya tulis tersebut. Maka dari itu, penulisan kata pengantar harus benar-benar diperhatikan dengan baik.

Dimana Kata Pengantar di Letakkan?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kata pengantar di tulis pada halaman tersendiri yang tidak menjadi satu dengan bagian-bagian lainnya. Pada umumnya kata pengantar di letakkan sebelum daftar isi. Perhatikan sistematika penulisan karya tulis dibawah ini :

Dengan melihat contoh diatas, maka letak kata pengantar umumnya sebelum daftar isi.

Kapan Kata Pengantar Di Buat?

Meskipun kata pengantar terdapat di bagian awal, tetapi kata pengantar tidak dibuat pertama kali. Kata pengantar akan disusun setelah penulisan karya tulis seperti laporan praktikum dan makalah selesai dibuat.

Hal tersebut dikarenakan kata pengantar akan menggambarkan secara umum isi dari karya tulis. Jadi secara logika, tidak mungkin kita menulis (menyimpulkan) isi dari karya tulis kita jika karya kita masih belum kita selesaikan untuk di tulis.

Apa Unsur-Unsur Pada Kata Pengantar?

Dalam membuat kata pengantar, kita harus selalu memperhatikan bagian-bagiannya. Bagian pada kata pengantar dapat dibedakan menjadi 3 bagian pokok yakni bagian pembuka, bagian isi dan bagian penutup.

Bagian pembuka umumnya di isi dengan salam, ucapan puji syukur kepada Tuhan. Bagian isi umumnya di isi dengan gambaran umum isi dari karya tulis. Bagian penutup umumnya berisi mengenai ucapan rasa terimakasih dan permohonan maaf jika terdapat kekurangan dalam penulisan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam kata pengantar :

  1. Salam
  2. Ucapan Puji Syukur Kepada Tuhan YME
  3. Judul Karya Tulis
  4. Tujuan Pembuatan Karya Tulis
  5. Gambaran Umum Isi dari Karya Tulis
  6. Ucapan rasa terimakasih
  7. Harapan dari karya tulis itu sendiri
  8. Permohonan Maaf
  9. Nama Tempat, Tanggal dan Penulis

kata pengantar

Bagaimana Cara Membuat Kata Pengantar?

Setelah kita mengetahui pengertian kata pengantar, fungsi, dan unsur-unsur kata pengantar. Tentu akan percuma sekali jika kita tidak belajar untuk membuat kata pengantar itu sendiri. Bagaimana caranya?

Pertama, ikutilah alur penulisan yang disesuaikan dengan unsur-unsur kata pengantar yang sudah ada pada penjelasan di atas.

Contoh :

Salam – “Assalamualaikum.Wr.Wb”

Puji Syukur – “Puji syukur kami ucapkan kepada Allah Swt karena atas segala limpahan rahmat, inayah, taufik dan hinyahnya kami dapat menyelesaikan tugas kelompok pembuatan laporan praktikum ini…”

Judul – “…..yang berjudul Adaptasi Khusus pada Hewan dan Tumbuhan”

Tujuan – “Tujuan dari penulisan laporan praktikum ini adalah untuk mempelajari ciri-ciri khusus pada tumbuhan sebagai bagian tugas dalam mata pelajaran IPA DASAR”

Gambaran Umum – “Laporan ini berisi mengenai adaptasi khusus hewan dan tumbuhan, meliputi perubahan bentuk tubuh dan perubahan perilaku, sebagai hasil dari adaptasi tumbuhan dan hewan terhadap lingkungannya”

Ucapan rasa Terimakasih – “Penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang berkenan membantu baik itu secara langsung atau tidak langsung sehingga laporan praktikum ini bisa terselesaikan, ucapan lebih khusus penulis sampaikan kepada : 1…..yang sudah …..2……..yang sudah………..dan seterusnya”.

Harapan – “Harapan kami semoga laporan ini dapat membantu pembaca untuk membantu pembaca untuk memahami ciri-ciri khusus tumbuhan dan hewan sebagai bentuk adaptasi…”

Permohonan maaf – “Kami sadar bahwa laporan yang telah kami buat ini masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu kami memohon maaf dan meminta masukan-masukan yang bersifat membangun untuk hasil yang lebih baik pada laporan ini dan selanjutnya”.

Nama tempat, tanggal, dan nama penulis-

“Bandung, 17 September 2017

Silvia Widya

Contoh Kata Pengantar

Nah untuk lebih meningkatkan pemahaman anda mengenai kata pengantar anda bisa melihatnya pada contoh-contoh berikut ini!

Contoh

Kata Pengantar

Dengan mengucap rasa syukur atas segala rahmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa dalam mengawali penulisan laporan PKP (Pemantapan Kemampuan Profesional) tanpa ada halangan sama sekali.

Laporan ini berisi mengenai masalah pembelajaran di Sekolah Dasar beserta pemecahannya yang disusun secara urut. Laporan ini disusun untuk dapat menyelesaikan tugas mata kuliah PKP (PGSD 4412) dan bekal agar bisa melaksanakan perbaikan pembelajaran di SD sebagai tugas professional.

Tersusunya laporan ini, tentu tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh sebab itu, dengan segala kerendahan hati ijinkan kami untuk mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Departemen Pendidikan Nasional yang sudah mengijinkan melanjutkan studi S1 PGSD Universitas Terbuka.
  2. Kepala Universitas Terbuka UPBJJ Semarang sudah memberikan ijin untuk melakukan penelitian.
  3. Sunaryo, S.Pd, M.Pd yang merupakan Koordinator Pelaksanaan PKP yang sudah banyak memberikan bimbingan dengan penuh kesabaran, sehingga ide-idenya membantu kelancaran dalam membuat laporan ini.
  4. Joko Tri Supriyanto, S.Pd selaku Kepala Sekolah dan rekan-rekan guru SD Negeri 4 Suru Kec.Geyer Kabupaten Grobogan yang sudah banyak membantu penulis untuk merumuskan masalah dan pemecahannya.
  5. Marfuah, S.Pd selaku Supervisor 2 yang selalu memberikan masukan dan dorongan.
  6. Rekan-rekan satu kelompok atas sumbangan pemikiran yang sangat membantu dalam menyusun laporan ini.
  7. Ibu, Suami dan Anak tercita atas doronan semangat dan perhatiannya yang selalu tercurah sehingga bisa terselesaikannya laporan ini.

Baca juga : Metode Pengumpulan Data Wawancara

Kami sangat menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna. Hal ini dikarenakan adanya keterbatasan waktu dan tenaga yang kami miliki. Oleh sebab itu, kami sangat mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun untuk mencapai kesempurnaan dalam penulisan laporan ini.

Purwodadi, November 2012

Peneliti

Semoga laporan yang telah kami buat ini dapat memberikan manfaat untuk semua. Akhirnya semoga tuhan selalu memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua. Amiin.

Leave a Comment