Kata Pengantar Laporan Praktikum

Posted on

Dimana Kata Pengantar di Letakkan?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kata pengantar di tulis pada halaman tersendiri yang tidak menjadi satu dengan bagian-bagian lainnya. Pada umumnya kata pengantar di letakkan sebelum daftar isi. Perhatikan sistematika penulisan karya tulis dibawah ini :



Dengan melihat contoh diatas, maka letak kata pengantar umumnya sebelum daftar isi.

Kapan Kata Pengantar Di Buat?

Meskipun kata pengantar terdapat di bagian awal, tetapi kata pengantar tidak dibuat pertama kali. Kata pengantar akan disusun setelah penulisan karya tulis seperti laporan praktikum dan makalah selesai dibuat.

Hal tersebut dikarenakan kata pengantar akan menggambarkan secara umum isi dari karya tulis. Jadi secara logika, tidak mungkin kita menulis (menyimpulkan) isi dari karya tulis kita jika karya kita masih belum kita selesaikan untuk di tulis.

Apa Unsur-Unsur Pada Kata Pengantar?

Dalam membuat kata pengantar, kita harus selalu memperhatikan bagian-bagiannya. Bagian pada kata pengantar dapat dibedakan menjadi 3 bagian pokok yakni bagian pembuka, bagian isi dan bagian penutup.

Bagian pembuka umumnya di isi dengan salam, ucapan puji syukur kepada Tuhan. Bagian isi umumnya di isi dengan gambaran umum isi dari karya tulis. Bagian penutup umumnya berisi mengenai ucapan rasa terimakasih dan permohonan maaf jika terdapat kekurangan dalam penulisan.



Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam kata pengantar :

  1. Salam
  2. Ucapan Puji Syukur Kepada Tuhan YME
  3. Judul Karya Tulis
  4. Tujuan Pembuatan Karya Tulis
  5. Gambaran Umum Isi dari Karya Tulis
  6. Ucapan rasa terimakasih
  7. Harapan dari karya tulis itu sendiri
  8. Permohonan Maaf
  9. Nama Tempat, Tanggal dan Penulis

kata pengantar

Bagaimana Cara Membuat Kata Pengantar?

Setelah kita mengetahui pengertian kata pengantar, fungsi, dan unsur-unsur kata pengantar. Tentu akan percuma sekali jika kita tidak belajar untuk membuat kata pengantar itu sendiri. Bagaimana caranya?

Pertama, ikutilah alur penulisan yang disesuaikan dengan unsur-unsur kata pengantar yang sudah ada pada penjelasan di atas.

Contoh :

Salam – “Assalamualaikum.Wr.Wb”



Puji Syukur – “Puji syukur kami ucapkan kepada Allah Swt karena atas segala limpahan rahmat, inayah, taufik dan hinyahnya kami dapat menyelesaikan tugas kelompok pembuatan laporan praktikum ini…”

Judul – “…..yang berjudul Adaptasi Khusus pada Hewan dan Tumbuhan”

Tujuan – “Tujuan dari penulisan laporan praktikum ini adalah untuk mempelajari ciri-ciri khusus pada tumbuhan sebagai bagian tugas dalam mata pelajaran IPA DASAR”

Gambaran Umum – “Laporan ini berisi mengenai adaptasi khusus hewan dan tumbuhan, meliputi perubahan bentuk tubuh dan perubahan perilaku, sebagai hasil dari adaptasi tumbuhan dan hewan terhadap lingkungannya”

Ucapan rasa Terimakasih – “Penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang berkenan membantu baik itu secara langsung atau tidak langsung sehingga laporan praktikum ini bisa terselesaikan, ucapan lebih khusus penulis sampaikan kepada : 1…..yang sudah …..2……..yang sudah………..dan seterusnya”.

Harapan – “Harapan kami semoga laporan ini dapat membantu pembaca untuk membantu pembaca untuk memahami ciri-ciri khusus tumbuhan dan hewan sebagai bentuk adaptasi…”

Permohonan maaf – “Kami sadar bahwa laporan yang telah kami buat ini masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu kami memohon maaf dan meminta masukan-masukan yang bersifat membangun untuk hasil yang lebih baik pada laporan ini dan selanjutnya”.

Nama tempat, tanggal, dan nama penulis-

“Bandung, 17 September 2017

Silvia Widya

Leave a Reply

Your email address will not be published.