Jenis Jenis Kegiatan Pramuka Berbagai Tingkatan

Posted on

Jenis Jenis Kegiatan Pramuka Berbagai Tingkatan – Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang jenis – jenis kegiatan pramuka di berbagai tingkatan.



Macam – macam tingkatan pramuka adalah tingkatan yang mengklasifikasikan anggota kepramukaan berdasarkan pada usia. Terdapat 4 (empat) kelompok pembagian tingkatan pada gerakan pramuka, yaitu tingkatan pramuka siaga, tingkatan pramuka penggalang, tingkatan pramuka penegak, dan tingkatan pramuka pendega.

Semakin tinggi tingkatan dalam gerakan pramuka maka semakin besar pula tanggung jawab yang diemban dalam melaksanakannya.

Baca juga: Program Kerja Pramuka

Macam – Macam Gerakan Pramuka

Uraian macam – macam tingkatan dalam gerakan pramuka adalah sebagai berikut:

  1. Tingkat Pramuka Siaga

Tingkatan dalam gerakan pramuka yang pertama adalah siaga. Tingkat pramuka siaga merupakan tingkatan pada gerakan pramuka yang anggotanya berusia mulai dari 7 hingga 10 tahun.



Disebut dengan tingkatan siaga karena namanya diambil dari istilah yang merujuk pada perjuangan negara Indonesia, ketika seluruh rakyatnya mengsiagakan diri untuk mencapai kemerdekaan.

Dalam tingkatan pramuka siaga juga terdiri dari 3 tingkatan yaitu mula,bantu, dan tata.

Satuan terkecil dari tingkatan pramuka siaga disebut dengan nama barung. Dimana setiap anggota barung memiliki anggota sebanyak 5 (lima) sampai 10 (sepuluh) anggota tingkatan siaga, yang terdiri dari pemimpin barung dan anggota.

Sedangkan kumpulan dari beberapa nama barung disebut dengan nama perindukan. Pemimpin  barung utama disebut dengan Sulung, yang mana juga menjadi pemimpin di perindukan.

  1. Tingkat Pramuka Penggalang

Dalam tingkatan pramuka penggalang anggotanya berusia mulai dari usia 11 hingga 15 tahun.



Disebut dengan pramuka penggalang karena merujuk pada istilah penggalangan perjuangan rakyat Indonesia untuk mempersatukan diri dalam memperjuangkan kemerdekan Republik Indonesia.

Dalam tingkatan pramuka penggalang juga dibagi menjadi 3 tigkatan yaitu ramu, rakit, dan terap.

Satuan terkecil dari tingkat gerakan pramuka penggalang disebut dengan nama regu. Dalam satu regu terdiri dari 5 (lima) hingga 10 (sepuluh) anggota penggalang, yang mana terdiri dari anggota regu dan pemimpin regu atau pinru. Sedangkan satuan dari beberapa regu disebut dengan pasukan. Pemimpin regu juga memiliki pemimpi regu utama yang disebut pratama.

Baca juga: Program Tahunan Dan Program Semester Guru SD

  1. Tingkat Pramuka Penegak

Tingkatan pramuka penegak adalah tingkatan pramuka yang anggotanya terdiri dari rentan usia 16 hingga 19 tahun. Disebut dengan pramuka penegak karena merujuk pada istilah penegakkan kemerdekaan Indonesia.

Dalam tingkatan pramuka penegak juga dibagi mejadi dua tingkatan yaitu penegak bintara dan penegak laksana.

Satuan terkecil dari gerakan pramuka penegak disebut nama sangga. Dalam satu sangga terdiri dari 7 (tujuh) atau 10 (sepuluh) anggota pramuka penegak. Setiap sangga dipimipin oleh seorang pemimpi yang disebut pemimpi sangga. Pemimpin sangga juga disebut pemimpin sangga utama atau pradana. Pradana ini juga bertugas untuk memimpin sebuah ambalan.

  1. Tingkat Pramuka Pandega

Tingkatan pramuka yang terakhir adalah tingkat pramuka pandega.

Anggota dari tingkat pramuka pandega ini terdiri dari anggota dengan rentan usia mulai 21 samapi 25 tahun yang disebut juga sebagai Senior Rover.

Tingkatan pandega ini bias ditemui pada tingkat Universitas atau perguruan tinggi.

Disebut dengan pandega karena dirujuk dari istilah yang memiliki arti pemuka atau ahl. Selain itu kata pandega juga memiliki makna yang romantis mengenai perjuangan bangsa Indonesia, yang mana setelah kemerdekaan bangsa Indonesia munculah masa yang disebut memandegani.

Baca juga: Materi MOS SD, SMP, SMA Terbaru

Jenis – jenis kegiatan Pramuka

Jenis – jenis kegiatan pramuka adalah merupakan pertemuan atau kegiatan – kegiatan yang melibatkan anggota dari gerakan pramuka.

Macam – macam kegiatan pramuka bias dikasifikasikan berdasarkan jenis pertemuannya.

  1. Kegiatan untuk Pramuka Siaga

Kegiatan atau peretemuan yang diikuti oleh anggota gerakan Pramuka Siaga.

  • Pesta Siaga adalah pertemuan anggota siaga dengan mengadakan perkemahan besar selama satu hari (tanpa menginap) yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti: Permainan bersama, pameran siaga, pasar siaga, dharmawisata, pentas seni budaya, karnaval, dan lain sebagainya.

Pelaksanaa Pesta Siaga dapat dilaksanakan pada tingkat koordinator desa, kwartir ranting, kwartir cabang, korwil (beberapa kwartir cabang yang berdekatan), dan kwartir daerah.

  1. Kegiatan untuk Pramuka Penggalang

Kegiatan atau pertemuan yang diikuti oleh anggota gerakan Pramuka Penggalang.

  • Jambore

Jambore merupakan pertemuan untuk gerakan pramuka tingkat penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir gerakan pramuka. Kegiatan Jambore ini seperti Jambore Ranting, Jambore Daerah, Jambore Nasional, Jambore Nasional, dan Jambore se-Dunia.

  • Lomba Tingkat (LT)

Lomba Tingkat (T) merupakan pertemuan untuk gerakan pramuka tingkat penggalang yang diselenggarakan dalam bentuk perkemahan yang mana agenda utamanya adalah melakukan  lomba beregu atau pribadi yang mewakili regu untuk mengikuti perlombaan dalam sejumlah keterampilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *